Akhir-akhir ini banyak sekali produsen tablet dan smartphone yang merilis beberapa perangkat buatan mereka yang memungkinkan dapat melakukan dual booting operating system yang berbeda sekaligus. Salah satunya seperti Axioo Windroid yang sudah merilis beberapa generasi tablet pintar yang memiliki dual booting Windows dan Android.

Bahkan Axioo sendiri sampai tahun 2018 ini, masih terus mengembang dan merilis varian perangkat flagship windroid mereka. Namun perlu Anda ketahui bahwa Axioo bukanlah satu-satunya produsen tablet dan smartphone yang menerapkan dual boot windows dan android. Melainkan ada banyak produsen lainnya yang menggunakan penerapan dual boot yang sama, misalnya seperti Chuwi Hi8 Pro, HP Stream 8, Advan Vanbook W100, dan lainnya.

Semua perangkat yang disebutkan itu memiliki pengguna yang cukup banyak di berbagai negara, terkhusus di Indonesia. Fitur ini menjadi sangat menarik untuk sebagian pengguna, mengingat ini bisa sangat menunjang aktivitas penggunanya ketika hendak bepergian. Sebab tablet akan sangat dapat bersifat portable untuk dibawa kemanapun dengan ukuran yang tidak sebesar laptop tentunya.

Bagi Anda yang memiliki uang lebih, Anda bisa membeli perangkat ini melalui toko elektronik komputer dan gadget di kota Anda, atau juga melalui situs ecommerce yang menjual salah satu perangkat dual boot ini. Namun jika Anda sudah memiliki perangkat tablet, dan berkeinginan untuk merubah versi Android dari perangkat Anda menjadi operating system windows. Itu bisa Anda lakukan dengan merubah system operasi dari perangkat Anda sepenuhnya menggunakan change my software.

Perangkat lunak ini memungkinkan perangkat Android apapun dengan spesifikasi minimum dapat menimpa atau merubah basis sistem operasi dari perangkat yang awalnya Android menjadi Windows. OS Windows yang ditawarkan juga sangat lengkap yaitu mulai dari windows XP, 7, 8, hingga Windows 10. Perangkat lunak ini dapat benar-benar mengganti basis Android dari perangkat kita menjadi windows selayaknya komputer atau laptop bahkan fungsionalnya sama.

Jika Anda mengira ini seperti launcher atau aplikasi booting. ini lain halnya, sebab ini benar-benar menginstall software windows yang sama digunakan di komputer dan laptop, sehingga semua fungsional dapat dijalankan. Termasuk untuk menjalakan file berekstensi EXE sekalipun. Untuk langkah instalasinya di perangkat Android, bisa Anda lihat pada uraian dibawah ini.

Penting: Anda perlu menghubungkan komputer Anda ke jaringan internet yang cukup memadai, sebab proses instalasi akan melakukan proses download atau unduh file windows secara langsung yang kapasitasnya lebih dari 2400MB atau 2 GB. Kesalahan atau kegagalan karena faktor eksternal seperti koneksi yang terputus, kabel data yang tidak cukup baik digunakan, dan kesalahan human error lainnya. Sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda sendiri.

Syarat Install  Windows di Android

  • Perangkat Minimal RAM 1GB
  • Telah mengaktifkan USB Debugging (https://woiden.com/usb-debugging-android)
  • Memiliki jaringan dan paket data internet yang memadai
  • Minimal Tersisa 8 GB kapasitas di memori internal.
  • Perangkat komputer PC
  • Kabel Data USB
  • USB Driver yang sesuai dengan jenis perangkat Anda.

Langkah Install Windows XP/7/8/10 di Android

Download Change My Software

Perangkat lunak yang Anda butuhkan untuk dapat menginstall operating system windows di Android Anda, disebut dengan change my software. Software ini bisa Anda unduh melalui tautan resmi dibawah dan pilih versi windows yang Anda inginkan.

Tersedia perangkat lunak yang untuk versi windows XP, 7, 8, dan 10. Jadi pilihlah varian yang tepat sesuai yang Anda inginkan dalam folder yang anda unduh. Perangkat lunak ini diklaim work tested oleh beberapa pengguna.

Hubungkan Perangkat Android ke Komputer

Hubungkan tablet atau smartphone Android Anda ke komputer atau laptop menggunakan kabel data USB. Pastikan bahwa Anda telah mengaktifkan USB Debugging, Jika belum silahkan baca artikel ini.

Jalankan Change My Software dari PC

Setelah Anda mengunduh Change My Software, Silahkkan Anda jalankan di komputer Anda. Setelah software terbuka, pilih “Android > Windows” seperti gambar dibawah.

Kemudian Anda akan melihat layar yang menampilkan perangkat Android Anda seperti gambar dibawah, ini menandakan bahwa perangkat Android Anda terhubung dengan benar ke komputer. setelah ikuti langkah dibawah:

Pada jendela seperti diatas, Klik tombol “Continue”.

Anda mungkin akan disarankan untuk melakukan backup, jadi lakukanlah jika Anda mau.

Pilih bahasa yang Anda ingikan dari pilihan “Language to install:”, setelah itu software akan otomatis mengunduh file windows seperti gambar dibawah.

Setelah proses downloading selesai, klik tombol “Install”. Ingat JANGAN mencentang “Remove Android 4.2”, sebab ini bisa menghapus firmware Android di perangkat Anda. Firmware ini perlu jika suatu saat Anda ingin memulihkan kembali perangkat dari windows ke Android.

Biarkan software melakukan instalasi, ini membutuhkan beberapa waktu hingga akhirnya perangkat Anda akan reboot dengan sendirinya.

Setelah perangkat Anda aktif kembali, Anda sudah bisa memilih booting yang Anda inginkan, Apakah Windows atau Android dari menu pilihan yang muncul seperti gambar dibawah

Setelahnya Anda sudah bisa menggunakan os windows di perangkat Android Anda sebelumnya. Jika suatu saat Anda ingin beralih ke boot android, Anda cukup merestart kembali perangkat dan memilih versi android Anda kembali.