iOS 12 akhirnya secara resmi diperkenalkan pada ajang WWDC 2018 kemarin, tepatnya pada 4 Juni 2018. Ada banyak hal yang diperkenalkan oleh Apple saat itu, beberapa diantaranya peluncuran Mac OS Mojave, beberpaa fitur perangkat, dan tentunya iOS 12.

iOS 12 pada dasarnya telah banyak dirumorkan dan nanti-nantikan oleh beberapa Apple Fanboy khususnya pada perangkat mobile iPhone dan iPad. Operating system terbaru ini diklaim merupakan os terbaru yang memiliki fungsional dan fitur tambahan.

Namun sayangnya saat artikel ini diterbitkan iOS 12 masih dirilis dalam versi Developer Beta. Hingga pertengah Juni nanti versi Public Beta akan dirilis menyusul. Sehingga untuk versi umum resmi akan di penjelasan di artikel woiden lainnya.

Terkhusus pada iOS 12 versi Developer Beta. Anda bisa mencicipi lebih dulu iOS 12 ini. Namun perlu diketahui bahwa mungkin terdapat banyak bug yang masih dalam tahap pengembangan. Jadi jangan heran jika ada beberapa fitur atau kendala kecil yang mungkin Anda hadapi. Diluar itu, iOS Developer beta ini hanya dapat diinstall untuk perangkat yang telah membuat akun sertifikat developer. Kedua langkah ini juga akan dijelaskan dibawah. Sehingga selebihnya, Anda cukup mengarahkan ke langkah dibawah ini:

Cara Membuat Akun Developer/Pengembang Beta Apple iOS

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa versi iOS 12 ini diluncurkan pertama kali untuk perangkat dengan sertifikat pengembang. Jadi jika Anda belum mendapatkannya, silahkan melakukan registrasi seperti pada langkah berikut ini:

  1. Dari jendela Safari Web Browser Anda, arahkan ke situs: https://developer.apple.com/programs/ios/
  2. Setelah berada di laman tersebut, masuk menggunakan ID Apple Anda yang sama Anda gunakan di iPhone/iPad Anda.

Selanjutnya Daftarkan UDID perangkat Anda, cara termudah untuk mengetahui UDID Anda adalah dengan menghubungkan iPhone/iPad Anda ke iTunes, kemudian mengetuk ikon/tab Ringkasan lalu ketuk Serial Number perangkat Anda dari jendela iTunes tersebut.

  1. Selanjutnya, Anda sudah bisa mengunduh versi beta iOS sesuai dengan perangkat Apple Anda. Kemudian Unzip/extract file yang diunduh di komputer Anda.
  2. Kemudian hubungkan perangkat Anda ke komputer yang telah terinstall iTunes tersebut (apabila belum).

Selanjutnya klik tombol “Restore iPhone” pada tab “Ringkasan/Summary”. Lalu pilih file format .IPSW dari yang telah Anda download sebelumnya. Langkah ini akan menginstall iOS Beta di perangkat iPhone/iPad Anda.

Cara Membuat Akun Publik/Umum Beta Apple iOS

Akun beta publik adalah salah satu jenis akun Apple yang akan mendapatkan pembaharuan untuk iOS 12 pada pertengahan juni 2018 nantinya. Jadi jika Anda merasa sulit untuk mendapatkan akun Developer/Pengembang. Maka langkah ini adalah alternatif yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mendapatkan akun ini seperti pada langkah singkat dibawah ini:

  1. Dari Safari Web Browser iPhone/iPad Anda, arahkan ke laman berikut ini: https://beta.apple.com/sp/betaprogram/
  2. Setelah itu, klik tombol “Sing Up” ditengah layar halaman tersebut. Kemudian daftarkan menggunakan ID Apple yang Anda gunakan di iPhone/iPad Anda.
  3. Selanjutnya, masuk ke laman Apple Program Software Beta tersebut.
  4. Selanjutnya daftarkan perangkat iOS (iPhone/iPad) Anda.
  5. Kemudian alihkan ke laman profil Anda (beta.apple.com/profile).
  6. Selanjutnya download/unduh dan install Configuration Profile Anda langsung dari iPhone/iPad Anda.

Cara Install iOS 12 Beta Version di iPhone dan iPad

Setelah file diunduh, Anda sudah bisa melalukan update ke iOS 12 versi Beta. Seperti yang dijelaskan diatas, versi Developer/pengembang sudah dirilis lebih dulu. Sedangkan untuk versi Publik/Umum nantinya akan dirilis pada pertengahan Juni 2018 ini. Jika Anda membaca artikel ini diakhir Juni, maka kemungkinan semua penerapan diatas bisa Anda lakukan.

Seperti biasanya, setelah Anda mendapatkan sertifikat akun Apple Beta. Anda bisa melakukan update otomatis sesuai dengan informasi yang akan muncul di pembaharuan perangkat. Caranya, alihkan ke menu “Settings/Setelan” -> “General/Umum” -> “Software Update/Pembaharuan Perangkat Lunak”.

Cara Install iOS 12 Tanpa Akun Pengembang/Developer (Alternatif)

Ada alternatif langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan versi beta ios 12 terbaru tanpa harus menjadi akun apple pengembang. Ada dua pembagian yaitu cara gratis namun beresiko, atau dengan cara mudah namun berbayar dengan biaya tambahan yaitu sekitar $99 atau 130 Ribuan untuk Satu tahun masa akses layanan. Layanan ini biasanya terlihat dalam portal pengembang apple.

Cara Alternatif Install iOS 12 Tanpa Pengembang Gratis

Cara gratis ini cukup simpel, dimana yang Anda butuhkan hanyalah sebuah instalasi configurasi iOS 12 profil secara gratis seperti yang dijelaskan dibawah ini:

  1. Melalui Web Safari Browser iPhone/iPad Anda, download langsung file berikut: https://woiden.com/go/nfBvrN
  2. Kemudian install file konfigurasi tersebut.
  3. Ikuti langkah yang diterangkan di smartphone Anda hingga perangkat Anda diminta untuk reboot/restart
  4. Setelah perangkat Anda hidup kembali, silahkan arahkan ke “Settings” -> “General” -> “Software Update”.
  5. Dari jendela tersebut, Anda akan melihat ketersedian untuk update pembaharuan ke ios 12 beta.

Cara Alternatif Install iOS 12 Tanpa Pengembang Berbayar

Cara lainnya dengan tarif registrasi yang berbayar namun lebih murah adalah dari layanan https://www.udid.co. Layanan ini menawarna regitsrasi UDID dengan mudah dan lebih ringkas dibanding menggunakan langkah manual akun pengembang diatas. Layanan ini menawarga tarif $7 atau sekitar 98 ribu rupiah dengan pembayaran melalui Paypal.

Namun semua itu tergantung dari Anda, metode mana yang ingin Anda gunakan untuk mendapakatkan pembaharuan ios 12 lebih dulu. Kembali lagi woiden ingatkan bahwa jangan melakukan update ke versi non-publik apabila Anda tidak begitu mengerti dengan penggunaan sistem operasi dan fungsional dari versi beta. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin menyulitkan Anda karena sesuatu yang tidak diinginkan.