Cara Install File Java .JAR di Android

Diposting pada

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki orientasi objek dan program java. Java umumnya digunakan pada beberapa ponsel lawas seperti perangkat Nokia, Motorola, Sony Ericson (perangkat sebelum Android). Namun beberapa perangkat ponsel saat ini juga masih menggunakan operating system Java, namun mungkin jumlahnya tidak sebanyak dan tidak sepopuler dahulu.

Aplikasi java menggunakan format atau tipe file berkestensi JAR. Ekstensi file ini hanya dikhususkan pada perangkat java. Hebatnya terdahulu banyak aplikasi-aplikasi keren yang digunakan di perangkat java. Salah satunya seperti Super Bluetooth Hack. Aplikasi ini sangat populer kala itu dimana Anda bisa mengoperasikan perangkat lainnya hanya dengan menghubungkan melalui bluetooth. Bahkan aplikasi ini dahulu bisa mencuri file, melakukan panggilan, sms, dan banyak fungsi lainnya dari jarak jauh dengan konektivitas bluetooth. Tidak heran aplikasi ini memiliki kesan yang sangat baik, bahkan hingga saat ini dimana hampir sebagian besar pengguna smartphone yang digunakan tidak lagi didukung untuk penggunaan aplikasi keren tersebut.

Untungnya ada beberapa metode yang memungkinkan Anda sebagai pengguna perangkat smartphone Android untuk dapat menginstall dasar aplikasi java berformat JAR di perangkat Android hanya dengan beberapa langkah saja seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Cara Install File Jar di Smartphone Android

Salah satu metode yang bisa Anda lakukan untuk menginstall apliksi berekstensi jar di perangkat Android adalah dengan menggunakan emulator java. Namun sebelum Anda melangkah pada penerapan metode pertama ini, Anda harus wajib telah melakukan rooting pada perangkat Android Anda. Jika belum, silahkan menerapkan tutorial rooting seperti yang dijelaskan pada artikel woiden dibawah ini:

Setelah perangkat Anda di rooting, maka selanjutnya cukup menginstall emulator java di Android Anda. Ada beberapa emulator java yang bisa Anda unduh secara gratis, seperti yang pada daftar dibawah ini:

BACA JUGA  Cara Mengubah Limit dan Upload File Lebih Dari 2MB di Wordpress

PhoneME: http://davy.preuveneers.be/phoneme/?q=node/28
JBED: http://www.malavida.com/en/soft/jbed/android/#gref
JBlend: http://id.phoneky.com/android/?id=d1d8862
Netmite: http://www.netmite.com/android/

Anda cukup menginstall aplikasi emulator java itu di perangkat Android Anda secara langsung karena file emulator berkekstensi apk yang notabene support untuk perangkat Android.

Setelah itu Anda bisa menginstall aplikasi format JAR di perangkat android Anda dengan mudah, hanya dengan langkah berikut:

  1. Pindahkan file JAR ke memori smartphone Android
  2. Buka aplikasi java emulator di smartphone Android
  3. Cari file .jar yang ingin Anda install
  4. Tunggu hingga proses scanning, kemudian ketuk pilihan “Jazyk” dari menu dropdown yang tersedia.
  5. Nah dari cukup memilih “Run Jar File”.
  6. Ikuti instruksi instalasi di layar hingga aplikasi jar Anda terinstall di smartphone Android Anda.

Nah itulah mungkin bisa disampaikan secara singkat mengenai cara menginstall aplikasi file jar di perangkat smartphone Android dengan mudah secara gratis.

Terkait:

  • apk java jar bisa supot di android
  • jar di android