Selama ini cara yang paling umum digunakan ketika ingin menginstall file IPA ke perangkat ios iphone atau ipad yakni dengan menggunakan program Cydia Impactor. Merepotkanya langkah denga cydia impactor juga mengharuskan Anda menggunakan kabel data lightning untuk konektivitas.

Sayangnya Cydia Impactor seringkali tidak berjalan mulus ketika kita hendak menginstall salah satu aplikasi yang benar-benar kita inginkan. Nah ada satu alternative yang bisa Anda gunakan untuk dapat menginstall file IPA melalui web browser di komputer pc Anda.

Layanan situs yang bisa Anda manfaatkan sebagai alternative adalah AppSigner. Situs ini merupakan salah satu tool online berupa website yang dapat membantu Anda mengirimkan serta menginstall file ipa melalui jaringan internet secara online.

PERINGATAN: Perlu Anda ketahui bahwa Woiden Sangat Tidak Menganjurkan Anda menggunakan layanan sideload dari AppSigner ini. Sebab ada banyak hal yang cukup meragukan dari situs ini, menurut kebijakan dari AppSigner, kredensial akun Anda dapat dengan mudah diakses oleh pengembang.

Tidak adanya setifikat SSL dari AppSigner ini membuat situs ini terlihat beresiko tinggi yang bisa saja dialami. Sebab untuk mengakses instalasi/sideload file ipa tersebut mengharuskan Anda untuk memasukan username dan password Apple ID Anda yang tentu ini adalah rahasia yang harus benar-benar dijaga.

Meskipun memang layanan ini berjalan sesuai dengan apa yang ditawarkan. Tetap saja ini bukan alasan untuk kedepannya Anda menggunakan layanan ini sebagai utama. Tidak ada yang tau bagaimana dan apa kedepannya. Namun jika Anda ingin benar-benar ingin menginstall file ipa tanpa Cydia Impactor. Maka layanan ini adalah salah satu alternatifnya.

Sama seperti Cydia Impactor, yang Anda butuhkan berupa file IPA yang hendak diinstall di perangkat iphone atau ipad Anda, ID Apple (Username dan Password), Web Browser Chrome atau Firefox, dan tentunya koneksi internet yang mumpuni.

Cara Menginstall File Aplikasi .IPA Ke iPhone Melalui Web Browse

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka web browser Chrome atau Firefox di laptop atau komputer Anda. Kemudian arahkan ke tautan appsigner berikut ini:

  • https://woiden.com/go/Hf5xeR

Untuk saat ini, situs ini hanya dapat berjalan normal dengan kedua web browser chrome atau firefox. Jadi cobalah untuk menggunakan salah satu dari kedua web browser yang didukung tersebut.

Setelah berdada dilaman utama situs tersebut, Anda cukup mengunggah file .IPA yang Anda tuju melalui kolom bertuliskan “Select IPA File”. Tunggu hingga proses upload selesai dan Anda akan diarahkan ke tab selanjutnya, yakni tab “Apple Credentials”.

Nah ditahap inilah Anda harus melengkapi beberapa informasi yang dibutuhkan untuk instalasi. Termasuk Apple ID dan Password Anda. Serta UDID dan Captcha untuk verifikasi. Untuk melihat UDID dari perangkat Anda. Cukup akses situs dibawah ini melalui jendela Safari Web Browser di iPhone Anda. Kemdian Anda akan melihat UDID dari perangkat Anda dari laman yang tertera.

  • http://showmyudid.com

Setelah melengkapi semua kolom yang dibutuhkan. Tekan tombol “Sideload”, lalu tunggu hingga AppSigner membuat kredensial aplikasi menggunakan ID Apple Anda. Tunggu waktu mundur berakhir, kemudian simpan aplikasi ked alma folder yang Anda inginkan.

Kesimpulan

AppSigner bisa menjadi alternatif yang sangat baik ketika Cydia impactor tidak bekerja. Namun tetap saja tool ini tidak patut Anda gunakan. Apakah Anda mau mempertaruhkan kredensial akun Apple Anda ke pengembang yang tidak dikenal.

Kecuali memang benar-benar tidak ada yang penting di smartphone Anda atau mungkin Anda hanya ingin coba-coba saja dengan menggunakan apple id cloningan yang telah Anda persiapkan terlebih dahulu. Woiden sama sekali tidak bertanggung jawab untuk apa yang terjadi dengan Apple ID Anda kedepannya setelah menggunakan situs tersebut.