DuckDuckGo adalah salah satu mesin penelusuran seperti Google Search, Yahoo, Bing, dan beberapa lainnya. Hanya saja pada DuckDuckGo menekankan pada privasi pengguna internet. Dimana layanan mereka benar-benar menjamin informasi pribadi dari sang pengakses internet. Misalnya saja seperti IP Address, SSL Browser, dan system pelacakan apapun tidak akan terdeteksi melalui browser ini. Sehingga ini benar-benar memungkinkan pengakses nyaman dan aman dalam berselancar internet.

Hal ini yang membuat duckduckgo menjadi salah satu web browser populer selain beberapa yang disebutkan sebelumnya. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak pengguna yang menginstall layanan penelusuran ini kedalam web browser mereka.

Situs penelusuran ini memang bukan bawaan dari suatu merek desktop tertentu. Sehingga mungkin tidak akan didapatkan sejak bawaan ketika Anda membeli perangkat pc atau desktop Anda. Hanya saja browser ini bisa Anda sematkan dalam web browser yang sudah terinstall di pc Anda. Misalnya saja seperti Google Chrome, Firefox, Edge, Internet Explorer dan beberapa lainnya yang kemungkinan sudah ada sejak bawaan perangkat Anda. Maka Anda tidak perlu kebingungan dan repot untuk menginstall lagi software ini. Anda bahkan tidak perlu mengunduh file yang ukurannya sangat besar selayaknya file web browser pada umumnya. Lebih detailnya mengenai cara instalasi DuckDuckGo Di PC Sebagai berikut:

Cara Install DuckDuckGo Di Google Chrome

Amat sangatlah mudah untuk mulai menginstall layanan penelusuran ini web browser chrome, Anda hanya perlu mengakses halaman dibawah ini lalu, menambahkan ke halaman bawaan web browser Anda.

  • https://woiden.com/go/Xx2Jh4

Setelah berada dihalaman utama duckduckgo ini, ketuk “Add DuckDuckGo to Chrome” pada menu popup yang muncul di kanan atas jendela browser Anda. Sesuaikan Nama penelusuran yang sesuai, kemudian ketuk “OK”.

Cara lainnya, Anda bisa mengetuk pilihan “Customize and control” -> “Settings”. Pilih “Open a specific page” yang berada tepat dibawah bagian “On Startup”. Kemudian klik “Use Current pages”.

Nah untuk menautkan penelusuran ini sebagai default atau bawaan web browser Anda. Arahkan ke menu “Settings” -> “Search section” -> “Manage search engines” -> pilih “DuckDuckGo” sebagai Default”.

Cara Install DuckDuckGo Di Mozilla FireFox

Tidak serumit pada penerapan di google chrome, pada mozilla firefox. Anda hanya memerlukan instalasi ekstensi duckduckgo kedalam web browser. Caranyapun sangat sederhana, arahkan ke halaman berikut ini:

  • https://woiden.com/go/puo6c4

Kemudian ketuk “Download Now”. Setelah selesai, lakukan instalasi. Web browser Anda mungkin akan dimuat ulang untuk aktivasi layanan. Setelah browser terbuka kembali. Anda akan melihat situs penelusuran baru yang disematkan dalam web browser Anda.

Cara Install DuckDuckGo Di Apple Safari MacOS dan iOS

Tidak hanya pada perangkat dengan sistem operasi Windows, pada perangkat dengan sistem operasi Apple MacOS dan iOS sekalipun bisa pula menggunakan layana dari situs penelusuran ini.

Caranyapun tidak kalah mudah, pertama, jalankan safari browser Anda. Kemudian ketuk pilihan menu -> preferences -> general. Selanjutnya ketuk “DuckDuckGo” sebagai Default.

Penutup

Meskipun mungkin duckduckgo memeberikan berbagai penawaran menarik untuk akses internet yang lebih aman. Namun kembali lagi, ada berbagai fitur terbatas yang tidak layak digunakan, apabila Anda sudah sering menggunakan web browser lengkap seperti Chrome, Safari, atau Firefox.

Namun semua itu tergantung prefensi masing-masing. Jika dirasa layanan ini tidak cukup baik untuk digunakan setelah Anda menginstallnya. Anda bisa menghapus kembali melalui langkah yang sama diatas atau melalui menu “Settings” masing-masing web browser. Jika Anda kebingungan akan hal tersebut, silahkan tanyakan ke kami melalui kolom komentar dibawah.