Salah satu fitur yang paling dominan digunakan pada perangkat smartphone adalah kamera yang tertanam dalam fitur smartphone tersebut. Melalui camera ponsel ini setiap moment yang dilalui setiap hari bisa dibidik tanpa kehilangan moment-moment langkah yang tidak bisa ditemui setiap harinya.

Pada dasarnya hampir semua smartphone saat ini sudah memiliki fitur camera dengan spesifikasi detail yang beragam. Meskipun camera termasuk sebagai perangkat keras dari perangkat yang tidak memungkinkan untuk diperbaharui dalam bentuk apapun itu. Tapi melalui fungsi digital dalam aplikasi, setidaknya pengambilan gambar bisa jauh lebih baik.

Seperti fungsi camera yang ada pada smartphone tersebut, aplikasi camera yang mendukung untuk pengambilan gambar sudah pastinya tersedia sejak bawaan perangkat itu didistribusikan. Namun beberapa smartphone mungkin memiliki fungsi aplikasi camera bawaan yang tidak cukup lengkap untuk melakukan pengambilan gambar yang diiinginkan. Sehingga tidak heran jika, di Google Play Store tersedia banyak pilihan aplikasi camera yang siap untuk diunduh secara gratis.

Bahkan beberapa dari daftar aplikasi yang tersedia merupakan aplikasi populer yang telah diunduh oleh hingga jutaan pengguna android. Salah satu aplikasi camera yang cukup populer adalah Google Camera. Aplikasi Camera ini pada dasarnya merupakan aplikasi kamera dari perangkat Google Pixel. Aplikasi kamera diklaim mampu memberikan detail pengambilan gambar yang lebih jernih melalui pemprosesan aplikasi atau software.

Cara Install Google Camera Pixel Di HP Android Tanpa Rooting

Dengan kecanggihannya itulah membuat banyak orang menginginkan aplikasi kamera ini terinstall di smartphone mereka. Meskipun mereka menyadari bahwa smartphone mereka bukanlah besutan dari Google. Untuk menginstall aplikasi kamera dari Google ini memangĀ  bukanlah perkara mudah. Terbilang cukup sulit untuk beberapa perangkat tertentu, bahkan pada beberapa smartphone tertentu, seseorang harus melakukan rooting terlebih dahulu agar dapat menginstall aplikasi ini di smartphone mereka.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa setiap orang lakukan untuk mengunduh dan menginstall aplikasi Google Camera langsung ke smartphone mereka. Bahkan penerapan ini dapat berlaku pada semua jenis smartphone dengan merek apapun tanpa harus merupakan perangkat besutan google. Lebih jelasnya seperti uraian dibawah ini:

Langkah pertama harus Anda lakukan adalah mengunduh file apk dari aplikasi Google Camera Port ini. Caranya cukup mudah, dari web browser smartphone Anda, arahkan ke halaman unduh berikut ini:

  • https://woiden.com/go/Mgo2ZX

Setelah berada di halaman unduhan tersebut. Unduh salah satu file yang paling terbaru dan tersedia dari daftar yang ditampilkan.

Tunggu hingga proses unduhan selesai. Kemudian install file apk seperti biasa atau ketuk file apk yang telah diunduh tersebut, maka popup instalasi aplikasi akan muncul. Anda cukup mengikuti layar instalasi hingga aplikasi selesai diunduh.

Anda mungkin perlu memberikan izin aplikasi agar dapat mengakses perangkat keras kamera smartphone Anda. Maka untuk itu, ketuk pilihan “Allow” ketika Anda diminta untuk akses penggunaan kamera saat pertama kali menjalankan aplikasi google camera tersebut.

Setelah memberikan izin, maka aplikasi sudah siap untuk digunakan. Anda bisa mengatur beberapa pengaturan yang tersedia dalam aplikasi. Misalnya lokasi atau folder penyimpanan hasil pengambilan gambar, Kualitas pengambilan gambar kamera depan dan belakang, ukuran frame gambar, dan banyak lagi. Semua pilihan ini bisa Anda lihat dari menu “Settings” yang berada di menu popup dalam aplikasi.

Ada banyak fitur yang tersedia dalam aplikasi kemera besutan google ini, diantaranya fitur Timelapse, Slow Motion, Photo Sphere, Night Sight, Photbooth, dan banyak lagi. Sehingga terlihat memang aplikasi ini begitu professional untuk ukuran kamera ponsel pada umumnya. Namun Anda tidak boleh berharap lebih, sebab setiap hasil atau kualitas gambar yang diambil. Bagimanapun kembali lagi pada spesifikasi, lensa, dan perangkat keras yang mendukung kamera ponsel Anda.