TikTok adalah salah satu aplikasi luar biasa yang memiliki segudang konten menarik didalamnya. Berbagai estetika dari sebuah video clip singkat yang dibuat oleh penggunanya melalui platform tersebut. Video tiktok lebih cenderung menampilkan konten video sederhana yang dikombinasikan oleh sebuah lagu beserta teknik pengambilan gambar yang membuatnya terlihat lebih keren.

Aplikasi TikTok sendiri mulai marak akhir-akhir di Indonesia setelah diclaim oleh banyak netizen Indonesia bahwa aplikasi tersebut hanya untuk pengguna bocah atau anak usia bawah. Bahkan beberapa waktu lalu seseorang anak laki-laki yang akhirnya terkenal dari hasil video tiktok yang rutin ia terbitkan di akunnya.

Hampir serupa dengan youtube, seseorang juga bisa saja menghabiskan waktu hingga berapa jam-jam jika terus menerus menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat beberapa akun yang mereka idolakan. Hingga akhirnya mungkin beberapa dari mereka berpikir untuk membagikannya melalui platform lainnya, misalnya membagikannya melalui Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, dan sebagainya.

Nah sayangnya Aplikasi tiktok masih belum dapat membagikan video secara langsung ke platform aplikasi lainnya. Dimana Anda hanya dapat membagikan video tiktok melalui url video yang dapat diakses teman Anda melalui web browser ataupun melalui aplikasi tiktok secara langsung.

Nah untungya, Anda bisa menyimpan video tiktok apapun yang Anda lihat di dalam aplikasi tersebut. Terlebih video yang ditampilkan dalam aplikasi cenderung berdurasi singkat, maka kemungkinan ukuran dari file mungkin bisa saja juga terbilang kecil. Sehingga Anda bisa dengan leluasa dan cepat untuk dapat membagikan video.

Cara Download Video TikTok Dari HP Android

Pada dasarnya aplikasi tiktok tidak memungkinkan penggunanya untuk dapat mengunduh langsung video dari dalam aplikasinya. Hal ini tentu dengan alasan yang sama seperti platform berbagai video lainnya, yakni untuk alasan legalitas dan hak cipta.

Namun terlepas dari itu, kenyataanya Anda bisa memanipulasi atau menemukan sejuta alternatif yang memungkinkan Anda tetap dapat melakukaknya. Meskipun Anda mungkin perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang perlu Anda install di smartphone Android Anda.

Di Google Play Store sendiri ada banyak sekali aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengunduh video klip di aplikasi tiktok. Dari sekian banyaknya, salah satu yang woiden sarankan adalah aplikasi bernama Video Downloader for TikTok.

Bagusnya dari aplikasi ini adalah tersedia secara gratis dan dapat digunakan dengan mudah tanpa rooting sama sekali. Anda juga terbebas dari iklan apapun yang ditampilkan oleh aplikasi. Sehingga Anda dapat sangat-sangat bebas untuk menggunakannya. Aplikasi ini bisa Anda download dan install langsung melalui tautan google play store dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/7LYAf2

Setelah Anda mendapatkan aplikasinya di smartphone Anda. Anda cukup menjalankan apliaksi Tiktok seperti biasa, kemudian ketuk tombol Bagikan atau Share. Kemudian pilih ikon atau menu “TikTok Downloader” seperti gambar dibawah.

Setelah itu Anda akan diarahkan ke aplikasi Tiktok downloader yang Anda install sebelumnya. Pada laman aplikasi ini, Anda diarahkan ke laman dimana sebuah kolom telah terisi dengan url/link dari video yang ingin Anda unduh. Dari sini, Anda cukup mengetuk “Download” untuk mulai mengunduh aplikasinya.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu hingga proses unduhan selesai. Anda dapat melihat hasil unduhan video Anda dari notifikasi bar atau dari gallery smartphone Anda. Selebihnya Anda bisa menggunakan video itu sesuai dengan harapan Anda, entah itu untuk dibagikan, ditonton di waktu yang akan datang, atau untuk alasan apapun lainnya.