Instagram adalah salah satu aplikasi mobile yang memungkinkan setiap pengguna dapat saling berbagi foto dan video. Di Instagram, Anda tidak hanya dapat berbagi video atau foto ke teman-teman atau kerabat Anda yang sedang mengikuti atau Anda ikuti. Namun, melalui beberapa fitur filter, Anda bisa mengemas konten video Anda sebagai cerita keseharian Anda kepengikut atau teman Anda.

Aplikasi instagram sendiri tersedia secara gratis untuk perangkat sistem operasi Android maupun iOS yang notabene kedua perangkat terbanyak digunakan diseluruh dunia. Tidak heran jika aplikasi yang diluncurkan tahun 2010 ini secara resmi setelah akusisi Facebook ini sudah mencapai hingga ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Dikalang remaja hingga dewasa nyaris kemungkinan besar memiliki akun dari aplikasi smartphone ini.

Tidak hanya kalangan masyarakat umum, mulai dari publik figure seperti politikus, selebritis, maupun orang-orang hebat lainnya sudah menggunakan instagram sebagai media sosialisasi kehidupan kepengikut mereka. Terlebih melalui fitur filter dan editing bawaan, seseorang dapat menambahkan berupa text, emoji, maupun gambar pendukung lainnya yang dapat menjadi pemanis konten video atau foto yang kita bagikan.

Sayangnya setiap foto ataupun video yang hendak kita bagikan, itu tidak dapat disimpan langsung oleh pengguna instagram lainnya. Secara resmi memang instagram tidak memperbolehkan untuk penggunaanya mendistribusikan kembali konten-konten hak cipta. Namun bukan berarti tidak bisa. Sebab diluar dari aplikasi instagram itu sendiri, ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan ketika seseorang ingin mengunduh sebuah video atau foto dalam instagram.

Beberapa metode pengunduhan bahkant tidak memerlukan Anda untuk menginstall aplikasi tambahan atau kedua untuk dapat menyimpan foto atau video di perangkat smartphone Anda. Salah satu langkah hanya memerlukan link atau tautan yang Anda kutip untuk diunduh secara otomatis. Lebih jelasnya seperti yang dijelaskan dibawah:

Cara Mengunduh Video dan Foto Instagram Secara Online

Seperti yang dijelaskan pada penjelasan diatas sebelumnya, bahwa ada satu cara yang bsia Anda gunakan untuk mengunduh video atau foto di instagram secara online tanpa menginstall aplikasi kedua di smartphone Anda. Cara inilah yang paling umum digunakan oleh beberapa pengguna instagram lainnya ketika hendak mengunduh konten dari instagram.

Caranya, Anda hanya perlu mengkases layanan atau situs download untuk instagram. Kemudian menautkan url dari media tersebut untuk dapat diunduh langsung secara online. Salah satu situs atau website yang bisa Anda manfaatkan adalah Sosmed Save.

Situs downloader ini salah satu yang paling baik digunakan ketika hendak mengunduh sebuah konten dari media sosial. Sebab melalui situs ini, Anda tidak hanya dapat download foto instagram saja, melainkan juga Anda dapat menyimpan konten foto atau video dari beberapa sumber. Misalnya seperti Youtube, Facebook, Vimeo, Soundcloud dan masih banyak lainnya.

Penggunaanya cukup mudah, langkah pertama Anda harus mengakses aplikasi atau halaman video/foto instagram yang ingin Anda simpan. Kemudian salin url/tautan dari halaman konten tersebut.

Setelah Anda menyalin tautan dari foto atau video instagram tersebut, selanjutnya Anda hanya perlu mengakses tautan dibawah ini:

Kemudian, Paste atau masuk tautan dari foto atau video yang sebelumnya Anda salin kedalam kolom yang tersedia ditengah layar.

Lalu ketuk tombol “Download” tepat disamping kolom. Kemudian tunggu beberapa saat sampai jendela popup baru halaman unduhan tampil.

Dari halaman popup yang muncul di tengah layar, Anda cukup mengetuk tombol tombol “Download” untuk mulai menyimpan file media tersebut ke perangkat Anda. Jika Anda hendak mengunduh video, Anda juga bisa mengunduh berdasarkan kualitas video yang ingin Anda unduh. Proses unduhan akan berjalan otomatis setelah Anda mengetuk tombol download. Sehingga tidak ada langkah tambahan yang perlu Anda lakukan selebihnya.