Jika Anda seorang mahasiswa-i, siswa-i, peneliti, ataupun seorang dosen sekalipun, Anda mungkin pernah mencoba untuk mencari sebuah jurnal atau artikel di internet. Nah dari sekian jurnal atau artikel yang telah Anda telusuri mungkin beberapa diantaranya adalah satu dari sekian kriteria jurnal yang ingin Anda baca atau jadikan sebagai referensi.

Namun sayangnya, beberapa jurnal yang benar-benar berkualitas cenderung tidak dibebasdistribusikan oleh sang peneliti. Hal itu mereka lakukan untuk mereka setidaknya memiliki penghargaan dari usaha penelitian yang telah mereka lakukan dengan susah payah. Tentunya itu adalah hal yang sangat wajar dan tentunya perlu diapresiasi hasil tersebut.

Terlepas dari itu semua, ada beberapa orang yang mungkin sangat membutuhkan acuan bacaan tersebut. Bagi mereka yang tidak memiliki masalah finansial saat itu, mereka mungkin akan membayarnya untuk mereka dapatkan. Sayangnya sebagian dari mereka lainnya mungkin tidak mampu untuk membayar, walaupun mungkin mereka memiliki niat untuk menghargai dari hasil penelitian tersebut.

Seperti yang kita ketahui beberapa artikel atau jurnal ilmiah biasanya dibanderol dengan harga yang tidak murah, terlebih untuk kalangan mahasiswa-i dengan biaya jajan yang pas-pasan. Nah untungnya ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa mendapatkan artikel atau jurnal berbayar tersebut secara gratis, tentunya dengan alasan yang bisa diterima.

Woiden kembali lagi tidak menyarankan Anda untuk melakukan hal ini, jika Anda memang benar-benar mampu untuk menebus karya tulis seseorang yang Anda inginkan. Namun sebaliknya, jika Anda merasa tidak cukup mampu untuk melakukannya dan sangat menginginkan bacaan tersebut, dengan alasan tertentu. Maka Anda bisa mencoba beberapa metode yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Download Jurnal Berbayar Melalui Situs Daring

Situs dari biasanya menampung beberapa jurnal berbayar yang dapat diunduh secara bebas tanpa adanya pemblokiran dari sang penerbit atau peneliti. Ini tentu sangat bermanfaat untuk digunakan. Terlebih biasanya situs-situs ini tidak memberikan syarat-syarat khusus yang diharuskan untuk dilakukan. Dengan kata lain, Anda bisa mengunduh artikel atau jurnal berbayar apapun langsung tanpa embel-embel apapun.

Salah satu situs daring terkenal yang kita ketahui seperti Sci-Hub, E-Resource Perpustakaan RI, Science Direct, dan banyak lagi. Namun dalam hal ini Anda mungkin mencari situs daring yang menyediakan konten berbayar, nah beberapa diantaranya seperti berikut ini:

  • Sci-Hub (https://woiden.com/go/wGYfsT)
  • Bookfi Net (https://woiden.com/go/3Wp1gM)
  • The Pirate Bay (https://woiden.com/go/61TJuv)
  • Library Genesis (https://woiden.com/go/3xjvad)

Beberapa nama situs situs diatas termasuk situs yang cukup sering melakukan pergantian nama domain secara berkala. Sehingga akan sangat merepotkan untuk woiden melakukan pembaharuan artikel secara berkala. Maka dari itu, apabila Anda mengalami masalah akses, silahkan diinformasikan untuk woiden perbaharui.

Sangat mudah untuk menggunakan situs daring seperti diatas, Anda hanya perlu mengetikkan judul, DOI, atau url resmi dari jurnal yang Anda inginkan. Kemudian lakukan penelusuran, dan apabila jurnal yang Anda tuju tersedia, maka Anda langsung dapat mengunduhnya saat itu juga.

Cara Download Jurnal Berbayar Melalui Group Sosial Media

Ada banyak group atau komunitas di social media yang biasanya sesame pengguna membagikan artikel-artikel atau jurnal yang dibutuhkan, termasuk jurnal berbayar sekalipun. Beberapa group seperti ini bisa banyak Anda jumpai di group facebook. Seperti beberapa tautan group facebook berikut ini:

  • facebook.com/groups/paperreqest/
  • facebook.com/groups/ScientificPapers/
  • facebook.com/groups/jawadcemb/

Beberapa group mungkin dihuni oleh berbagai pengguna mancanegara, maka bahasa utama yang umumnya digunakan adalah bahasa inggris. Maka tentunya woiden harap Anda paham untuk mengatakan apa yang ingin Anda butuhkan.

Cara Download Jurnal Berbayar Melalui Situs Konten Akademik

Selain dari beberapa metode yang diterangkan diatas. Salah satu situs yang bisa Anda akses untuk mendapatkan artikel berbayar yang Anda inginkan adalah situs-situs akademik. Misalnya seperti Google Schoolar, Academia, Scribd, ResearchGate dan lainnya.

Namun kembali lagi, situs-situs gratis dan resmi seperti ini biasanya tidak menyajikan secara lengkap konten yang dibenar-benar dituju. Namun situs ini bisa menjadi alterntif, ketika Anda ingin mencari jurnal yang hampir serupa dengan yang Anda ingin temukan.

Cara Download Jurnal Berbayar Dengan Menghubungi Penerbit

Sebagian dari penerbit umumnya memperbolehkan beberapa orang mendapatkan paper/jurnal mereka secara gratis. Namun tentunya, Anda harus memiliki alasan yang tepat dan masuk akal untuk bisa mendapatkan tulisan dari mereka. Misalnya, Anda tidak cukup uang untuk menebus atau alasan lainnya.

Salah satu caranya adalah dengan menghubungi sang penerbit atau peneliti melalui email yang tertera disitus publisher resmi jurnal tersebut. Beberapa cara ini juga sudah banyak dilakukan dan berhasil oleh sebagian pengakses diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun perlu tentunya untuk mempermudah Anda dalam berkomunikasi, Anda seharunsya menggunakan bahasa inggris sebagai percakapan tersebut.