Pada kesempatan sebelumnya woiden telah menjelaskan mengenai bagaimana cara upgrade versi iOS dari iPhone atau iPad menjadi iOS 12 versi Beta. Penerapan itu menarik banyak perhatian pemirsa. Namun sayangnya versi iOS 12 Beta belum sepenuhnya sempurna. Sehingga beberapa pengguna mengaku mengalami masalah kinerja, fitur dan fungsi di perangkat mereka. Bahkan beberapa pengguna juga mengakui beberapa kali mengalami bug.

Ini adalah hal yang wajar, mengingat bahwa saat artikel ini diterbitkan iOS 12 belum rilis secara umum. Dengan kata lain bahwa versi iOS 12 saat ini masih merupakan versi Beta yang masih dalam tahap pengembangan. Versi stabil iOS 12 dikabarkan akan dirilis resmi pada September tahun 2018 ini.

Dengan banyaknya hal yang masih perluh dibenahi membuat berbagai pengguna yang telah melakukan pembaharuan merasa tidak nyaman dengan versi ios 12 beta mereka. Tidak sedikit pula dari mereka yang ingin menurunkan kembali versi ios mereka atau downgrade ke versi ios yang lebih rendah.

Nah untungnya pada artikel ini woiden akan menjelaskan kembali mengenai bagaimana cara downgrade atau menurunkan versi ios 12 menjadi 11.4 dengan mudah. Lebih jelasnya bisa Anda simak pada penerapan berikut ini:

Langkah 1: Nonaktifkan “Find My iPhone”

Fitur yang penting Anda nonaktifkan sebelumnya menerapkan langkah downgrade ios adalah dengan menonaktifkan fitur find my iphone di perangkat Anda. Caranya arahkan ke “Settings” -> Ketuk profil Anda -> ketuk “iCloud” -> “Find My iPhone” -> Hapus centang saklar menjadi off.

Langkah 2: Hubungkan iPhone ke iTunes

Langkah kedua ini Anda membutuhkan perangkat komputer yang telah terinstall iTunes. Jika komputer Anda belum memiliki iTunes yang terinstall, silahkan download dan install melalui tautan resmi dibawah ini:

  • https://www.apple.com/id/itunes/download/

Kemudian hubungkan iPhone Anda ke Komputer, lalu jalankan iTunes. Selanjutnay, ketuk icon Ringkasan Perangkat dari jendela iTunes seperti pada gambar dibawah ini:

Langkah 3: Masuk Ke Mode Recovery iPhone

Sebelum Anda me-restore/memulihkan iPhone Anda menjadi iOS 11.4. Anda harus membuat iPhone Anda masuk kedalam mode recovery atau pemulihan. Ada beberapa langkah yang berbeda untuk setiap tipe iPhoone. Cara masuk ke mode recovery bisa Anda lihat lebih jelas pada artikel woiden berikut ini:

Langkah 4: Mulai Memulihkan Versi iOS

Setelah iPhone Anda berada di mode recovery, Anda akan otomatis dialihkan ke menu popup bertuliskan “There is a problem with the iPhone that requires it to be updated or restored.” Seperti pada gambar dibawah ini:

Terdapat tiga tombol pilihan yang dapat Anda gunakan. Tombol “Cancel” untuk membatalkan pemulihan, “Restore” untuk pemulihan, dan “Update” untuk pembaharuan. Namun dalam kasus ini Anda hanya perlu mengetuk tombol “Restore”.

Selanjutnya pada menu popup berikut, ketuk tombol “Restore and Update” untuk mulai menghapus dan melakukan instalasi kembali ke Setelan dan versi iOS 11.4 sebelumnya di perangkat iPhone Anda.

Anda mungkin diminta untuk memasukan Apple ID dan Password Anda. Namun jika tidak, Anda akan dialihkan langsun pada proses hingga penghapusan.

Langkah 5: Pulihan File Backup iOS

Setelah iPhone Anda bersih dari iOS 12, Anda dapat menjalankan pemulihan untuk iOS 11.4 atau seblumnya dari file cadangan yang telah tersimpan di iTunes Anda. Caranya ketuk tombol “Restore from iTunes Backup” atau “Restore from iCloud Backup”.

Selama langkah pemulihan, iPhone Anda harus tetap dalam keadaan terhubung ke iTunes. Anda juga dapat memulihkan dari file dari file yang mungkina telah Anda simpan sebelumnya di perangkat komputer Anda. Caranya hanya dengan melalui jendela “Summary” di iTunes. Kemudian, ketuk tombol “Restore Backup” atau “Restore iPhone…”