Cara Downgrade iOS 11 ke iOS 10.3.2 iPhone

Diposting pada

Ada banyak hal baru di iOS 11 , tapi hanya karena semuanya telah berubah tidak berarti mereka lebih baik. Jadi jika Anda telah memperbarui OS terbaru Apple dan memutuskan itu bukan untuk Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda masih dapat kembali ke iOS 10.3.2.

Tapi jendela kesempatan untuk merendahkan os Anda ini tidak akan bertahan selamanya. Beberapa saat setelah iOS 11 resmi diluncurkan pada bulan September 2017, Apple akan berhenti menandatanganinya dengan versi firmware lama mereka. Berarti Anda tidak dapat memutar balik kecuali Anda telah menyelamatkan gumpalan SHSHS2 Anda.

Sampai hari itu datang, bagaimanapun, sebenarnya cukup mudah untuk kembali ke iOS 10.3.2. Yang Anda butuhkan hanyalah Mac atau PC Windows, dan prosesnya hanya membutuhkan beberapa menit saja. Bahkan lebih baik lagi, Anda harusnya tetap bisa melestarikan semua aplikasi dan data Anda, jadi mari kita lanjutkan dan memulai, bukan?

Metode 1 ‘Update’ ke iOS 10.3.2

Panduan ini akan menjelaskan dua metode yang keduanya berpusat pada seputar pemulihan file firmware IPSW menggunakan iTunes, dan bagi kebanyakan orang, langkah-langkah yang diuraikan di bagian Metode 1 adalah semua yang Anda butuhkan.

Namun, ada sedikit kemungkinan bahwa data dari iOS 11 dapat menyebabkan bug atau gangguan setelah Anda menurunkan versi ke iOS 10.3.2. Sekali lagi, ini jarang terjadi, tapi jika itu akhirnya menjadi masalah, Anda dapat menggunakan langkah-langkah yang diuraikan dalam Metode 2 untuk menghapus data yang rusak, lalu mengembalikan cadangan data iCloud yang lama dari data Anda.

Langkah 1: Download File IPSW untuk Perangkat Anda

Pertama, Anda harus mendownload file IOS 10.3.2 IPSW untuk perangkat khusus Anda. Ini adalah file firmware yang akan Anda instal dengan iTunes untuk memutar kembali sistem operasi Anda, dan untungnya, kami memiliki sumber yang sangat terpercaya di mana Anda bisa mendapatkan file ini. Jadi arahkan ke link berikut dari komputer Anda, lalu pilih perangkat dan model Anda.

  • https://ipsw.me/

Selanjutnya, pilih iOS 10.3.2 saat diminta, lalu klik tombol “Download”. File ini agak besar, jadi mungkin perlu beberapa saat untuk mendownloadnya, tapi pastikan untuk mencatat lokasi file setelah selesai.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Gambar Animasi GIF Sebagai Live Wallpaper di iPhone

Langkah 2: Instal Firmware Lama dengan iTunes

Selanjutnya, hubungkan perangkat Anda ke komputer dengan kabel Lightning, kemudian buka iTunes jika tidak diluncurkan secara otomatis. Dari sana, klik ikon iphone di dekat sudut kiri atas jendela untuk menuju ke menu perangkat.

Dari sini, pastikan tab Summary dipilih di sisi kiri jendela. Setelah itu, jika Anda menggunakan Mac, tahan tombol Option pada keyboard Anda. Jika tidak, jika Anda menjalankan Windows, tahan tombol Shift. Sambil tetap memegang tombol keyboard, klik “Check for Update.”

Selanjutnya, menu browser akan muncul. gunakan menu ini untuk mencari dan memilih file IPSW yang Anda download di Langkah 1. Setelah selesai melakukannya, klik “Open.”

Setelah beberapa detik, Anda akan melihat munculan yang memberitahukan bahwa iTunes sekarang akan menginstal iOS 10.3.2 di perangkat Anda. Klik “Update” disini, lalu duduk santai dan tunggu, karena proses install firmware yang lama akan memakan waktu hingga 30 menit. Sepanjang jalan, Anda mungkin diminta untuk memasukkan PIN ke perangkat Anda, jadi pastikan untuk melakukannya jika ditanya.

Setelah iTunes selesai menginstal firmware lama, perangkat Anda akan otomatis reboot. Bila itu terjadi, lepaskan iphone dari komputer Anda, kemudian ikuti petunjuk pada iphone Anda untuk memasukkan kembali kata sandi Anda dan menyelesaikan penyiapan.

Langkah 3: Uninstall Profil Beta Anda (Hanya untuk Pengguna versi Beta)

Sekarang Anda akan kembali ke iOS 10.3.2, namun jika Anda menggunakan profil beta untuk memasang iOS 11 di pertama kali, Anda akan segera diminta menginstal ulang iOS 11.

Jadi untuk menghindarinya, masuk ke menu General di Settings, lalu gulir ke bawah dan sentuh “Profile.” Dari sana, pilih profil beta Anda, lalu tekan “Delete Profile” di bagian bawah layar. Dengan begitu, Anda tidak akan diminta untuk menginstal iOS 11 lagi sampai peluncuran resmi pada bulan September.

Pada tahap ini, Anda sudah siap dan siap untuk pergi. Sebagian besar pengguna tidak perlu khawatir tentang metode kedua yang diuraikan di bawah ini, namun jika Anda akhirnya menemukan bug atau gangguan, kembalilah dan jalankan bagian dibawah ini.

BACA JUGA  Cara Menyembunyikan Foto dan Video di iPhone

Metode 2: Kembalikan dari Backup iCloud (Hanya jika Anda Memiliki Bugs)

Metode selanjutnya hanya untuk orang yang mengalami bug setelah menurunkan ke iOS 10.3.2. Ini jarang terjadi, tapi bisa terjadi bila ada sisa data dari iOS 11 yang tidak sepenuhnya kompatibel dengan iOS 10.3.2.

Jika itu masalahnya, solusi yang paling mudah adalah mengembalikan dari file IPSW lagi, namun kali ini, jangan menyimpan data yang ada, dan sebaliknya, pulihkan dari cadangan iCloud lama. Sebagai alternatif, Anda bisa melakukan reset pabrik untuk menghapus data yang rusak, namun metode yang diuraikan pada langkah-langkah berikut sedikit lebih cepat.

Langkah 1: Cari Backup iOS 10.3.2 Anda

Pertama, perhatikan bahwa menurunkan firmware dengan metode ini akan menghapus aplikasi dan data Anda yang ada, yang berarti Anda harus mencadangkan file-file penting Anda. Namun, Backup yang ada pada iOS 11 tidak dapat dipulihkan pada iOS 10.3.2.

Anda hanya bisa mengembalikan semua data Anda jika Anda memiliki cadangan iOS 10.3.2 yang telah diarsipkan yang telah dibuat sebelum melakukan downgrade dengan Metode 1. Maka dari itu, Anda seharusnya sudah membuat backup iTunes ini saat menginstal iOS 11. Anda Bisa mencoba membuat cadangan/backup file setelah menggunakan Metode 1, namun beberapa masalah masih bisa muncul.

iCloud harus secara otomatis membuat cadangan saat Anda terakhir menjalankan 10.3.2, jadi kebanyakan orang akan baik-baik saja. Tapi untuk memverifikasi, hubungkan perangkat Anda ke komputer Anda, lalu klik ikon iphone di iTunes untuk melihat backup Anda.

Informasi yang tercantum di sini tidak berisi nomor versi iOS, jadi Anda harus memeriksa tanggal backup untuk memastikannya dibuat saat Anda menjalankan IOS 10.3.2 terakhir (atau versi yang lebih lama). Jika ya, Anda bisa mengembalikan data Anda. Jika tidak, Anda harus mulai dari kosong tanpa mendapatkan backup Anda sama sekali.

Langkah 2: Nonaktifkan Find My iPhone

Selanjutnya, Anda harus menonaktifkan Find My iPhone. Untuk melakukannya, masuk ke Settings, lalu ketuk nama Anda di bagian atas daftar dan pilih “iCloud.” Dari sini, pilih “Find My iPhone”, lalu pastikan untuk mematikan tombol toggle/saklar pada layar berikut.

BACA JUGA  Cara Mengaktifkan Kecerahan Otomatis iPhone iOS 11

Langkah 3: Menurunkan Firmware Anda Lagi

Selanjutnya, unduh kembali file IPSW untuk perangkat Anda jika Anda kehilangannya sejak menggunakan Metode 1, maka sisa prosesnya akan menjadi lebih mudah. Ini sebagian besar sama dengan yang pertama. Untuk memulai, sambungkan perangkat iOS Anda ke komputer Anda, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka iTunes.
  2. Pergi ke menu “Device”.
  3. Pilih tab “Summary”.
  4. Ketuk tombol Option (Mac) atau tombol Shift kiri (Windows).
  5. Klik “Restore iPhone” (atau “iPad” atau “iPod”).
  6. Buka file IPSW.
  7. Konfirmasikan dengan mengklik tombol “Restore”.

Sama seperti dengan Metode 1, iTunes akan mengurus sisanya, dan perangkat Anda akan di-reboot setelah selesai.

Langkah 4: Kembalikan Data Menggunakan iCloud

Setelah proses selesai, jalankan penyiapan awal pada iPhone Anda, lalu pilih “Set Up as New” jika Anda menginginkan awal yang baru, atau “Restore form iCloud Backup” jika Anda ingin mendapatkan semua aplikasi dan data Anda kembali.

Kemudian cukup masuk dengan ID Apple Anda, lalu pilih cadangan iOS 10.3.2 yang paling baru, dan aplikasi dan data Anda akan dipulihkan. Anda juga bisa memilih “Restore from iTunes Backup”.

Tanpa data iOS 11 yang bermasalah, Anda seharusnya tidak lagi memiliki masalah pada iOS 10.3.2. Tetapi jika Anda mengalami masalah dengan salah satu metode di atas atau ada yang ingin ditanyakan. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah ini.