Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa perangkat laptop yang memungkinkan penggunannya untuk menambah jumlah RAM yang digunakan. Hal ini untuk memungkinkan perangkat memiliki kinerja yang jauh lebih optimal dari sebelumnya.

Namun sayangnya tidak semua perangkat komputer atau laptop memiliki slot untuk menambah ram, Maka dari itu, sebelum Anda melakukan penambahan RAM. Anda perlu meninjau terlebih dahulu perangkat Anda, apakah masih ada slot yang tersedia yang memungkinkan untuk Anda menambahkan RAM pada perangkat Anda.

Terkhusus pada perangkat windows, pada artikel ini akan dijelaskan dengan tentang bagaimana cara mengetahui atau cek pc atau laptop Anda. Apakah masih tersedia slot penambahan RAM atau tidak. Cara ini sangat mudah, karena Anda hanya perlu melihatnya langsung dari jendela task manager. Lebih jelasnya seperti berikut ini:

Cara Melihat Ketersediaan Slot RAM Windows PC

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pada langkah ini, Anda hanya perlu mengakses jendela task manager untuk melihat semua informasi slot ram tersebut. Maka, langkah pertama, silahkan Anda buka jendela task manager dengan cara melakukan penelusuran dengan kata kunci “Task Manager” di jendela penelusuran windows atau dengan klik kanan taskbar dibagian bawah jendela, kemudian mengetuk pilihan Task Manager dari pilihan yang tersedia.

Setelah jendela Task Manager terbuka, silahkan Anda arahkan ke jendela “Perfomance”. Kemudian ketuk “Memory”. Nah dari sini Anda hanya perlu melihat bagian “Slots used”, berapa slot yang terpakai dari slot yang tersedia.

Anda juga dapat melihat informasi pabrikan ram yang digunakan, dengan kata lain. Ketika nantinya Anda ingin menambahkan RAM di slot yang kosong. Anda harus menyesuaikan dengan pabrikan yang digunakan diperangkat Anda.

Dari jendela ini juga Anda dapat melihat semua informasi lainnya, seperti jumlah caching, dan penggunaan RAM saat itu. Mungkin itu saja yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini, apabila ada yang kurang dalam penulisan artikel diatas, mohon dimaafkan. Anda juga boleh menambahkan poin lainnya apabila ada yang perlu disesuaikan.