iPhone Unlocked Cellular Sim Card

Cara Cek iPhone Sudah Unlocked SIM atau Belum

Diposting pada

iPhone merupakan salah satu smartphone yang sangat banyak diminati oleh pengguna gadget hampir diseluruh dunia, termasuk Indonesia yang sebagai pengguna terbesar dari perangkat Apple ini. Harga dari iPhone yang terbilang cukup mahal untuk distribusi resmi tidak membuat pengguna gadget di Indonesia mengurungkan niat untuk menggunakan satu perangkat ini. Hal ini terbukti dari setiap rilisan terbaru dari iPhone, seringkali laris dipasaran. Bahkan saat ini ada banyak gerai smartphone khusus iphone yang tersebar di seluruh indonesia dengan harga relatif murah.

Sayangnya harga yang relatif murah seringkali ada konsekuensi yang harus didapatkan oleh pembeli. Mulai dari part handphone yang sudah tidak original lagi atau smartphone bekas bundling dari operator seluler. Untuk kendala part mungkin besar kemungkinan bisa diakali dengan banyak cara. Hanya saja ketika Anda mungkin membeli perangkat besar dari luar negeri dengan harga sangat murah. Biasanya perangkat merupakan hasil bekas bundling dari operator seluler negara tertentu.

Bundling sendiri merupakan produk pemasaran yang ditawarkan sepaket dengan layanan dari operator seluler tertentu. Misalnya saja seperti operator smartfren yang menawarkan iphone murah, namun dengan ketentuan pembelian sepaket dengan penggunaan kartu sim dari Smartfren yang tidak dapat menggunakan operator lain selain penyedia layanan smartfren itu sendiri. Alhasil ketika hendak menggunakan operator lainnya, seperti telkomsel tidak memungkinkan untuk digunakan.

Nah begitu juga untuk produk bundling diluar Indonesia, terbilang cukup banyak. Dengan harga yang sudah relatif murah, tentu ketika dijual kembali akan lebih murah lagi. Biasanya untuk mengatasi ini, distributor mengatasinya dengan melakukan unlock perangkat agar dapat menggunakan semua sim card di seluruh dunia. Namun bukan perkara mudah ketika Anda membeli perangkat dari luar negeri secara online. Tentu tidak mudah untuk mengetahui perangkat yang telah di unlocked dan belum di unlocked untuk menggunakan sim card umum. Untuk itu, ketika Anda hendak membeli iphone bekas dimanapun itu. Anda harus mengantisipasi dengan meninjau lebih dulu apakah perangkat tersebut apakah telah di unlocked atau tidak. Nah berikut dibawah ini akan dijelaskan beberapa metode berbeda yang bisa Anda simak sebagai acuan untuk memeriksa perbedaan perangkat iphone telah unlocked dan belum di unlock.

BACA JUGA  7 Cara Melihat Nomor IMEI iPhone / iPad

Mencoba Kartu SIM Langsung Ke iPhone

Tentu cara paling ampuh yang paling dasar bisa Anda lakukan untuk mengetahui iphone unlocked adalah mencoba kartu sim Anda langsung kedalam perangkat iphone yang dituju.

Apabila iphone Anda berhasil mendeteksi kartu sim yang Anda gunakan ditandai dengan adanya indikator nama operator dan kekuatan sinyal dalam layar iphone Anda. Namun jika tetap tidak tampil, pastikan pula bahwa ic baseband dari iphone tidak sedang dalam keadaan rusak.

Mengecek Dari Setting iPhone

Tidak perlu repot untuk menggonta ganti kartu sim untuk melihat iphone unlocked. Ada salah satu cara yang bisa lakukan yakni melalui pengaturan/setelan iphone itu sendiri.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses menu “Settings” dari smartphone, kemudian alihkan ke menu “Cellular”. Lalu pilih “Network Selection”. Dari jendela ini akan menampilkan beberapa nama layanan operator seluler yang terdeteksi oleh iphone Anda.

Ketika iphone mendeteksi lebih dari satu operator atau beberapa operator yang berbeda seperti gambar diatas, maka dapat dipastikan bahwa iphone Anda sudah berada dalam mode unlocked dan siap untuk menggunakan semua kartu sim yang ada.

Cek Melalui IMEI iPhone

Cara ketiga lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan meninjau status perangkat melalui IMEI yang terdaftar untuk perangkat. Setiap iphone pastinya memiliki imei unik masing-masing. Dari IMEI inilah yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah iphone unlocked atau belum. Untuk mengetahui imei dari iphone Anda, bisa dengan mencoba langkah artikel berikut ini:

7 Cara Melihat Nomor IMEI dan Serial Number iPhone dan iPad

Setelah Anda mengetahui imei dari iphone Anda, maka selanjutnya, cukup mengecek status iphone melalui imei tersebut. Ada banyak situs online yang memungkinkan Anda mengecek iphone unlocked dengan mudah hanya dari web browser, salah satunya seperti iunlocker yang bisa Anda akses melalui tautan berikut ini:

BACA JUGA  Cara Menggunakan Fitur Animoji Di iPhone 6, 7, dan 8

https://woiden.com/go/HLK8dX

Saat Anda berada dihalaman situs tersebut, yang Anda perlukan hanyalah memasukan beberapa digit IMEI perangkat ke kolom yang telah disedia ditengah halaman situs. Kemudian mengetuk tombol “Check” untuk mulai melihat status iphone tersebut dengan ringkas. Beberapa situs juga dapat mendeteksi status iphone dengan kode unik lainnya, misalnya seperti Serial number. Sehingga Anda bisa memilih salah satu kode unik tersebut

Situs checker diatas bukanlah satu-satunya yang ada, ada banyak situs check iphone unlock. Anda bisa menelusuri beberapa diantaranya melalui situs penelusuran seperti google.

Bagaimana Jika iPhone Status Lock/Terkunci?

Apabila alhasil ternyata iphone Anda belum status unlocked dan masih hanya dapat menggunakan kartu sim dari operator bawaan perangkat. Maka mau tidak mau, Anda hanya mengganti perangkat apabila ada garansi yang berlaku dari toko, namun jika tidak. Tentu hanya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, sayangnya sebagian besar merupakan memerlukan keahlian khusus. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba sendiri melalui penjelasan artikel woiden berikut ini:

3 Cara Unlock GSM Semua Operator Seluler Android dan iPhone

Anda bisa mencoba menerapkan ketiga cara yang tertera dalam artikel diatas. Termasuk berlaku untuk beberapa perangkat tipe lainnya diluar apple ios.