Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KTP merupakan sebuah kartu tanpa penduduk secara fisik yang secara fisik dibuat dalam format elektronik, dengan kata lain bahkan kartu ini memiliki berbagai fungsi yang terintegrasi langsung secara elektronik atau komputerasisasi.

KTP Elektronik atau E-KTP pertama kali diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sejak tahun 2009 dengan ditunjuknya 4 kota awal sebagai proyek percontohan, yakni Padang, Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar. Namun baru resmi diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri secara nasional pada bulan Februari 2011.

Pelaksanaannya bahkan tidak serta merta hingga merangkup semuanya sekaligus, melainkan pelaksanaanya dibagia menjadi dua tahap. Tahap pertama E-KTP dimulai pada tahun 2011 hingga berakhir pada April 2012. Kemudian secara keseluruhan tahap kedua dilaksanakan pada akhir 2012 hingga 2013 dan berlanjut hingga sampai saat ini.

Ada beberapa fungsi yang terdapat dalam penerapan KTP elektronik, dimana data ktp elektronik ini terintegrasi langsung dengan database kependudukan miliki kementerian dalam negeri pusat. Dengan integrasi ini, memudahkan penduduk indonesia untuk mengurus berbagai keperluan yang memerlukan data kependudukan. Terlebih data ini juga berlaku diseluruh indonesia secara nasional.

Data ini pada umumnya tertera langsung di sisi fisik KTP elektronik itu sendiri. Namun jika Anda ingin mengecek lebih detail tentang ktp Anda, maka Anda bisa mengecek data identitas ktp Anda secara online dengan dua metode berbeda dibawah ini:

Cara Cek Data Identitas KTP Elektronik Dari Web Browser

Metode paling ringkas yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek melalui web browser desktop komputer Anda. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengakses laman resmi Direktorat Jenderal Kependudukan dan catatan sipil kementerian dalam negeri atau situs Dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten/kota Anda.

Sayangya beberapa situs disdukcapil wilayah tertentu masih terbilang sulit diakses. Sehingga ini cukup memberatkan beberapa penduduk di wilayah tertentu. Mungkin untuk laman pengecekan online melalui website, bisa Anda telusuri melalui web browser google. Sebab, tiap-tiap kota atau wilayah memiliki situs disdukcapil yang berbeda-beda. Apabila Anda kebingungan untk situs wilayah ktp Anda, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.

Tegal: https://woiden.com/go/gH1iKR
Bogor: https://woiden.com/go/kKWJ4N
Kemendagri: http://dukcapil.kemendagri.go.id./

Cara Cek Data Identitas KTP Elektronik Dari HP Android dan iPhone

Cara kedua ini yang mudah untuk diterapkan pada perangkat mobile. Namun untuk langkah ini mengharuskan Anda menginstall aplikasi yang dibutuhkan. Namun untuk ukuran aplikasi ini tidaklah berat dan mungkin hampir semua perangkat didukung untuk instalasi. Lebih jelasnya silahkan unduh melalui tautan berikut ini sesuai tipe operating system smartphone Anda:

Android: https://woiden.com/go/5xv9aT
iOS/iPhone: https://woiden.com/go/f35CkX

Penggunannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengisi kolom yang tertera dilama utama aplikasi berupa 16 digit NIK kependudukan Anda yang tertera di KTP Elektronik Anda. Kemudian lakukan penelusuran untuk melihat detail data identitas dari ktp Anda.