Salah satu fungsi terpenting dari semua smartphone adalah fungsi utamanya sebagai pengirim pesan teks atau biasanya disebut dengan SMS. Meskipun kini smartphone telah dilengkapi dengan kecanggihan penggunaan aplikasi pesan berbasi internet, Layanan pesan singkat ini masih tetap dipertahankan pada semua jenis smartphone.

Hal ini karena penggunaannya yang masih tergolong diandalkan oleh banyak pengguna diluar sana. Mengingat pula bahwa belum semua handphone mendukung kecanggihan aplikasi internet. Dengan intensitas inilah tidak jarang sms juga diandalkan sebagai sarana untuk memudahkan seseorang dalam berbisnis.

Pesan singkat sms cenderung masih digunakan untuk seseorang mudah melakukan komunikasi untuk kepentingan bisnis atau tertentu lainnya. Tentunya untuk kepentingan tertentu, seseorang perlu untuk mengamankan setiap pesan singkat yang dilakukan. Ini agar tetap menjaga setiap informasi atau data yang mungkin tercantum dalam salah satu isi pesan teks yang diterima.

Untuk menyimpan pesan teks ini, biasanya seseorang dapat menyimpan setiap sms mereka secara internal dalam penyimpanan perangkat handphone mereka. Nah terkhusus untuk smartphone Adroid, Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan, mengamankan atau membackup semua pesan teks sms yang terkirim maupun yang masuk. Beberapa diantara dijelaskan pada langkah dibawah:

Cara Menyimpan Semua Pesan Teks SMS Sekaligus Di HP Android

Anda tidak perlu melakukan menyimpan cadangan sms Anda seara manual, karena ada berbagai aplikasi gratis yang bisa Anda manfaat untuk menyimpan SMS dengan mudah sekaligus. Bahkan beberapa fungsinya mendukung untuk Anda dapat menyimpan file cadangan SMS tersebut ke penyimpanan Cloud seperti Dropbox, Google Drive, One Drive dan sebagai.

Salah satu aplikasi yang memberikan manfaat seperti yang diterangkan diatas adalah aplikasi yang disebut dengan SMS Backup & Restore. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa langsung Anda unduh melalui tautan Google Play Store berikut:

  • https://woiden.com/go/xZJON0

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah, Anda hanya perlu menginstall dan mulai menjalankan aplikasinya. Setelah aplikasi terbuka, Anda akan diarahkan ke layar pembuka, jadi cukup ketuk tombol “Get Started” kemudian berikan izin aplikasi dengan mengetuk tombol “Allow” pada menu popup yang muncul.

Kemudian dilayar utama aplikasi ketuk tombol “Set Up a Backup”. Nah dari sinilah Anda bisa menyesuaikan apa saja yang ingin Anda cadangkan. Anda bisa mencandangkan panggilan telepon dan Pesan singkat dan ketuk “Advanced Options” untuk mengantur pilihan yang lebih detail.

Kemudian Ikuti langkah selanjutnya dengan mengetuk tombol “Next”. Pada langkah berikutnya Anda akan dialihkan ke daftar sms di smartphone Anda. Disini cukup memilih beberap daftar yang ingin Anda simpan atau ketuk semua daftar pilihan yang tersedia untuk menyimpan semuanya sekaligus.

Langkah berikutnya Anda akan dialihkan ke pilihan dimana Anda ingin menyimpan cadangan file sms tersebut. Tersedia 4 pilihan penyimpanan, yakni Dropbox, Google Drive, One Drive, dan Penyimpanan internal smartphone. Anda cukup memilih salah satu atau lebih tempat dimana Anda ingin mengamankan Cadangan file pesan teks Anda.

Ketuk tombol “Test” untuk menguji apakah file tersimpan dengan benar atau terjadi kesalahan. Kemudian ketuk tombol “Save” untuk mulai menyimpan cadangan file Anda. Hebatnya aplikasi ini dapat melakukan backup otomatia sesuai jadwal yang Anda tentukan. Anda juga dapat menentukan berapa lama backup boleh tersimpan dan akan terhapus otomatis.