Cara Backup Data Aplikasi Tanpa Root di Android Menggunakan Aplikasi Helium

Diposting pada

Ada banyak kemungkinan yang mengharuskan Anda untuk mencandangkan data-data penting di smartphone Android Anda. Entah itu karena ingin melakukan reset pabrik, mengalami kesalahan sistem operasi atau lainnya.

Metode backup di Android amat sangatlah banyak, bahkan tak terhitung ada berapa aplikasi yang diciptakan oleh pengembang untuk memudahkan langkah pengguna melakukan backup di smartphone mereka.

Mulai dari perangkat yang telah di root, menggunakan komputer, dan macam lainnya. Umumnya pengguna Android menggunakan komputer secara manual atau layanan Cloud untuk menyimpan data-data mereka secara aman.

Beberapa metode mungkin hanya akan mencandangkan file-file yang dianggap cukup penting yang mencakup fungsional smartphone itu sendiri, seperti kontak, riwayat pesan singkat, dokumen, dan sebagainya.

Namun beberapa kasus untuk metode tertentu, data dari aplikasi atau game itu tidak didukung untuk dicadangkan. Sehingga itu bisa sangat  mengecewakan disaat Anda harus beralih ke smartphone baru tanpa dapat melanjutkan riwayat permainan atau akun Anda di aplikasi game tersebut.

Untungnya ada satu aplikasi yang disebut dengan Helium. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencadangkan data, cache beserta file apk dari aplikasi apapun di smartphone Android Anda.

Helium dikembangkan oleh ClockWorkMod yang namanya sudah cukup terkenal sebagai pengembang aplikasi-aplikasi ternama di Google Play Store dan Unofficial. Aplikasi Helium yang mereka buat bahkan tidak memerlukan root sama sekali.

Awalnya aplikasi yang mereka buat disebut dengan Carbon Backup. Hanya karena alasan hak cipta penggunaan nama, mereka merubah nama aplikasi mereka menjadi Helium dan aplikasi ini tentu masih tersedia sampai sekarang.

Bagaimana Aplikasi Helium Berfungsi?

Google memperkenalkan sebuah jembatan Backup versi Android 4.0 ICS. Helium menggunakan jembatan ini untuk mengakses data aplikasi dan cache sebuah aplikasi untuk menyimpannya ke PC atau SD Card.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Aplikasi Game Guardian di Android

Lebih lanjut, silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Cara Backup Data Aplikasi di Android

Persyaratan: Jika Anda telah melakukan rooting, Anda dapat menggunakan Helium, bahkan tanpa menghubungkannya ke Komputer PC. Namun, Jika Anda belum melakukan rooting, maka Anda perlu menginstal aplikasi Helium di komptuer Anda dan menghubungkan smartphone Android Anda ke komputer PC menggunakan kabel usb.

Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memiliki smartphone dengan OS Android 4.0 atau versi yang lebih tinggi.

Selanjutnya, Anda perlu mendownload Helium for PC [tersedia untuk Mac, Windows, dan Linux] jika smartphone Anda belum di root melalui tautan berikut ini:

  • http://www.clockworkmod.com/carbon

Kemudian, install aplikasi Helium di perangkat android Anda [Versi premium Helium memberi Anda keuntungan seperti menjadwalkan cadangan dan cadangan via Cloud] melalui tautan berikut ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.koushikdutta.backup&hl=en

Selain itu, Pastikan bahwa di smartphone Android Anda telah mengaktifkan “USB Debugging” sebelum menghubungkan perangkat Anda ke komputer menggunakan USB.

Langkah Menggunakan Aplikasi Helium

Langkah 1: Buka aplikasi yang terinstall di Komputer PC atau Mac Anda. Kemudian sambungkan Smartphone Anda melalui kabel data USB.

Langkah 2: Jalankan aplikasi Helium di smartphone Android Anda. Anda akan diminta untuk konfirmasi tindakan, cukup tekan “OK” untuk melanjutkan. Ini akan memakan waktu beberapa detik bagi Helium untuk memverifikasi koneksi dengan aplikasi desktop komputer Anda. Setelah selesai Anda bebas untuk mulai mencadangan aplikasi, cache beserta datanya.

Langkah 3: Buka Helium, Pilih aplikasi yang ingin Anda backup, Akan ada pilihan untuk memilih apakah Anda ingin membackup data App saja. Anda sekarang dapat memilih tempat untuk menyimpan cadangan.

Langkah 4: Setelah itu, aplikasi akan memuat proses tersebut dan setelah proses backup selesai. Untuk memulihkan atau mengembalikan data aplikasi yang Anda cadangkan. Cukup buka aplikasi Helium dan Anda akan melihat tab “Backup” dan “Restore and Sync”. Pilih “Backup and Sync” dan centang mark aplikasi yang ingin Anda backup.

BACA JUGA  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Tanpa Root

Aplikasi ini mudah digunakan. Pada versi Premium Anda akan mendapatkan fitur seperti Automatic Backup Schedule, satu perangkat Android ke sinkronisasi smartphone lain, cadangan dan pemulihan Cloud menggunakan Dropbox, box.net, dan drive Google.

Menurut Woiden, Aplikasi ini memiliki fungsi lebih baik daripada aplikasi Titanium sehingga itu mungkin menjadi alasan mengapa sebagian besar pengguna memilih Helium.

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan pada artikel kali ini. Jika ada yang ingin Anda tanyakan seputar topic yang diuraikan artikel ini. Silahkan, tinggalkan melalui kolom komentar dibawah ini.

Beri tahu kami jika Anda menghadapi masalah, kami pasti akan berusaha membantu Anda. Juga, berlangganan saluran sosial dan newsletter kami untuk mendapatkan update terbaru.