Sebagian dari Anda mungkin masih awam dengan penyakit Rhinitis, sebuah penyakit yang menyerang rongga pernafasan. Penyakit Rhinitis akan membuat pernafasan dan beberapa organ tubuh disekitar wajah Anda terganggu. Penyakit ini juga dapat mengakibatkan penurunan fungsi indera pendengar, penciuman dan perasa.

Pada umumnya, Rhinitis disebabkan oleh reaksi tubuh atas beberapa hal yang memicu alergi. Namun, beberapa penyebab lain juga mangikabtkan Anda berpotensi terkena penyakit tersebut. Untuk detail gejala dan penangannnya, Anda dapat mengunjungi laman https://www.guesehat.com/gejala-rhinitis-dan-cara-penanganannya.

Faktor Pemicu Penyakit Rhinitis

Pada garis besarnya, Rhinitis disebabkan oleh sindrom alergi terhadap beberapa hal, seperti serbuk sari bunga dan spora dari jamur. Daya tahan yang melemah akibat Rhinitis membuat tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap kedua hal tersebut. Reaksi yang biasa disebut reaksi alergi ini menyebabkan gangguan pada fungsi kerja rongga pernafasan.

Secara lebih detail, Rhinitis dapat disebabkan oleh alergi pada periode musim tertentu. Pada saat berlangsungnya musim gugur, ragweed dan jamur di daun kering menjadi sumber penyebabnya. Sedangkan, pada musim panas dan musim semi, serbuk sari rumput dan pohon jadi pemicu utamanya. Diluar pengaruh musim, makanan juga dapat jadi pemicu Rhinitis.

Namun, bukan berarti penyebab Rhinitis tidak muncul dalam aktifitas sehari-hari. Rhinitis dapat disebabkan oleh hewan peliharaan atau hama yang ada di lingkungan rumah. Contohnya adalah, bulu hewan peliharaan, kutu, kecoa dan jamur yang tanaman, karpet dan dinding di dalam rumah.

Penyebaran Rhinitis yang penyebabnya derasal dari lingkungan rumah memliki tingkat penyebaran yang cukup cepat. Alergi akan lebih cepat menyebar dan memicu gangguan kesehatan lain. Gangguan yang dimaksud adalah munculnya alergi makanan, meningkatnya sensitifitas terhadap asap rokok dan debu serta menurunnya kejantanan.

Itulah penjelasan singkat mengenai penyebab penyakit Rhinitis. Anda dapat memperkaya informasi dengan mengakses laman web guesehat.com. Dalam laman web tersebut tersedia banyak info kesehatan. Mulai dari cara memilih perban yang tepat samapi dengan cara mengobati luka pada pasien diabetes.

Akhir kata, kenali tubuhmu dan jagalah kesehatannya untuk hidup yang lebih berkuatis. Salam sehat!