Banyak orang yang penasaran dengan harga bitcoin yang terus tinggi. Sementara kalangan orang awam pasti akan bertanya, sebenarnya apa itu Bitcoin dan mengapa banyak orang yang memburunya? Simak uraian lengkap mengenai Bitcoin berikut ini! (diambil dari referensi ini)

Pengertian Bitcoin secara Umum

Nama Bitcoin sudah lama didengar oleh orang-orang yang antusias bertransaksi atau pun berinvestasi pada bidang cryptocurrency. Keuntungan yang didapatkan begitu menggiurkan karena peningkatan valuasi darinya begitu luar biasa dari waktu ke waktu.

Di Indonesia, sudah banyak orang yang menggunakannya, bahkan beberapa perusahaan berdiri secara khusus untuk menjadi platform pembelian, penjualan atau bertransaksi.

Sederhananya, Bitcoin ialah sistem kas transaksi global yang terdesentrialisasi. Ia kerap dianggap sebagai sebuah instrumen investasi yang menciptakan potensi dalam memaksimalkan keuntungan. Bitcoin merupakan sebuah mata uang atau uang elektronik yang tercipta pada tahun 2009 oleh seorang bernama Satoshi Nakamoto (nama samarannya) dari negara Jepang.

Pada umumnya bitcoin digunakan dalam bertransaksi di internet tanpa menggunakan perantara dan tidak menggunakan jasa dari bank. Sama halnya dengan koin works, dengan sistem peer to peer. Hanya saja, sistemnya bekerja tanpa ada penyimpanan atau administrator tunggal.

Tidak sama dengan mata uang lainnya, Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Ia menggunakan sebuah database kemudian didistribusikan dan menyebar ke node dari jaringan ke jurnal transkaksi.

Bitcoin juga menggunakan kriptografi dalam menyediakan berbagai macam keamanan dasar. Seperti halnya memastikan bahwa Bitcoin tersebut hanya dapat digunakan oleh seorang yang memilikinya dan tidak boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Bagaimanasih Cara Mendapatkan Bitcoin?

Uang elektronik seperti ini bisa disimpan dalam dompet digital yang terdapat di server cloud atau komputer pribadi. Dompet ini sesungguhnya lebih mirip dengan rekening bank virtual yang memudahkan pengguna dalam mengirim dan menerima Bitcoin untuk berinvestasi.

Selain dalam bertransaksi, hal yang populer dilakukan oleh orang-orang adalah dengan menambang Bitcoin. Tentunya dengan metode dan cara khusus yang harus dipelajari oleh investor pemula. Namun, jika sudah mahir akan sangat mudah.

Para investor pun saling bersaing demi mendapatkan uang elektronik dengan menggunakan komputer mereka, seperti halnya menyelesaikan puzzle matematika yang amat kompleks dan akhirnya terciptalah Bitcoin.

Banyak website di luar sana, seperti website penyedia aplikasi atau film gratis yang menyelipkan virus dalam bentuk java script. Kemudian nantinya secara otomatis terinstall di komputer pengunjung.

Setelah itu, virus akan menambang Bitcoin dalam komputer yang menyebabkan panas dan sistem melambat. Selain mendapatkannya melalui menambang dan bertransaksi, cara lainnya adalah melalui perdagangan atau trading.

Kini, banyak perusahaan yang menjadi platform marketplace, khususnya bergerak dalam bidang perdagangan Bitcoin. Diperjualbelikan mengikuti kurs yang ada. 1 bitcoin valuasinya bisa sampai dengan Rp. 110 juta lebih.

Karakteristik Dari Bitcoin

Bitcoin memiliki semua karakteristik yang dimiliki oleh emas, seperti :

  1. Jumlah Bitcoin didunia ini terbatas, yaitu hanya ada 21juta yang tersebar di luar sana.
  2. Bitcoin juga dapat dipecah menjadi unit lebih kecil tanpa kehilangan nominalnya. Unit terkecil dari Bitcoin sama halnya dengan gram di emas. Anda bisa membelinya kurang dari satu unit Bitcoin.
  3. Teknologi dalam Bitcoin tidak mengalami degradasi dan sistemnya stabil.
  4. Pembuatan Bitcoin palsu sangat tidak memungkinkan karena ada sistem Blockchain.
  5. Seseorang dapat dengan mudah memindahkan Bitcoin kemanapun dalam hitungan menit.

Bagi Anda yang penasaran dengan apa itu Bitcoin, penjelasan di atas tentu akan cukup membantu. Pada dasarnya, Bitcoin sangat sederhana. Mirip seperti emas namun berbentuk mata uang elektronik dengan kurs dan nilai tertentu.