Cara Download dan Install Android P 9.0 Developer

Diposting pada

Pada 8 Maret 2018, Google telah merilis secara resmi Android P 9.0 versi Developer untuk pertama kalinya. Bahkan Android P ini bisa langsung Anda unduh dan install secara resmi di perangkat Android Anda. Walaupun saat artikel ini diterbitkan, Google belum merilis nama resmi untuk versi Android 9.0 ini.

Dibalik itu semua, Google menawarkan banyak fitur yang jauh lebih baik dibanding yang telah dirilis sebelumnya seperti di Android Oreo, Nougat, ataupun Marshmallow. Beberapa fitur ini bahkan belum pernah dirilis sebelumnya. Beberapa fitur dan tampilan yang ditanamkan di Android P adalah sebagai berikut:

  • Tampilan menu baru
  • Informasi Jam berpindah ke bagian sebelah kiri layar notifikasi.
  • Dock atau menu di homescreen menjadi semi transparan selayaknya di iOS
  • Mode hemat baterai tidak lagi menampilkan ikon indikator berwarna orange.
  • Tombol screenshot ditambahkan ke menu opsi notifikasi.
  • Penambahan fitur editing screenshot bawaan Android
  • Slider volume mengecil dan berpindah ke sisi kanan layar.
  • Animasi baru saat transisi perpindahaan menu
  • Fitur keamanan yang lebih canggih (Google Play Protect)
  • Dan banyak lagi.

Semua daftar fitur ini merupakan fitur sementara yang dimana masih dalam tahap pengembangan. Sehingga ada kemungkinan beberapa fitur lainnya akan ditambahkan atau diminimalkan. Jadi kita tunggu saja versi stabil Android P yang direncakan akan dirilis umum resmi antara Agusutus 2018 – Februari 2019.

Cara Upgrade Smartphone Ke Android 9.0 P

Anda tidak akan mendapatkan Android P 1 Preview melalui program beta Android P. Saat ini, Anda hanya akan bisa mendapatkan file Android P pada Smartphone Anda dalam bentuk file zip yang dapat di flash sendiri secara manual.

Alasan di balik ini adalah bahwa versi pertama ini masih dirilis hanya untuk pengguna pengembang. Itulah sebabnya Google menamakan file Android P ini sebagai Developer Preview Version 1 dan bukan versi Build 1 atau beta 1. Seperti yang umumnya Android rilis pada Android Oreo atau sebelumnya.

BACA JUGA  Cara Mengubah Tampilan WhatsApp Android Menjadi Seperti iPhone

Daftar HP Android Yang Kompatibel Android P 9.0

Amat sangat disayangkan bahwa Android P 9.0 hanya dirilis pertama kali pada smartphone yang benar-benar sebagian besar produksi Google. Sehingga sebagian besar smartphone lainnya, masih belum bisa menginstall Android P ini. Berikut adalah daftar HP Android yang mendukung Android P

  • Google Pixel
  • Google Pixel XL
  • Google Pixel 2
  • Google Pixel 2 XL
  • Dan beberapa smartphone lainnya.

Langkah Download dan Install Android P di Smartphone

Menginstall Android P tidaklah sulit untuk di flashing ke smartphone Anda. Bahkan jika Anda sudah pernah melakukan flashing, dirasa Anda akan sangat mudah melakukannya. Hal terpenting disini adalah File Android P yang dibutuhkan.

  1. Download File Android P Melalui tautan berikut: https://developer.android.com/preview/download.html
  2. Klik “Download Link” untuk mulai mengunduh file Android P sesuai smartphone Anda.
  3. Jendela popup akan muncul untuk konfirmasi syarat dan ketentuan.
  4. Baca syarat dan ketentuan yang tampil dan centang kotak bertuliskan ”I have read and agree with the above terms and conditions”.
  5. Klik menu “Download ….. Zip” yang ada di bawah kolom centang tersebut.
  6. Ini akan mulai mendownload format ZIP dengan ukuran sekitar 1.3 GB. Maka pastikan Anda memiliki jaringan internet yang memadai.
  7. Setelah Anda memiliki File Android P, Anda sudah bisa flashing file Android itu ke Smartphone Anda menggunakan ADB Fastboot (https://woiden.com/adb-fastboot/)
  8. Nikmati Android P di Smartphone Anda.

Catatan: Anda wajib melakukan backup atau mencadangkan semua file di smartphone Anda. Sebab langkah ini akan menghapus seluruhnya data yang tersimpan di Android Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah singkat untuk mengunduh dan menginstall Android P yang baru saja dirilis untuk versi Developernya. Woiden harap Anda bisa melakukan flash di perangkat Anda dengan mudah. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia.