Cara Download dan Install Android 8.0 Oreo di Semua Smartphone

Diposting pada

Google akhirnya meluncurkan Android 8.0 Oreo dan merilis build untuk smartphone Pixel dan Nexus. Itu berarti smartphone Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C, Pixel dan Pixel XL adalah perangkat pertama yang mendapatkan versi final Android 8.0 Oreo.

Namun, sayangnya kita berada di Indonesia. Smartphone Google Pixel dan Nexus mungkin sangatlah jarang kita temui di Indonesia. Kalaupun ada, itu harganya fantastis yang dimana orang mungkin lebih prefer membeli Samsung atau iPhone dengan harga serupa.

Android 8.0 Oreo bisa Anda unduh secara bebas di internet, namun beberapa dari daftar jelas itu bukan versi upgrade legal. Ada beberapa syarat yang diperlukan seperti Rooting atau jenis smartphone tertentu.

Tapi, untuk beberapa smartphone yang kompatibel kemungkinan besar akan dapat melakukan upgrade otomatis ke Android Oreo melalui update OTA. Jika Smartphone Anda mungkin salah satu yang mendukung atau tidak mendukung, ikuti saja beberapa metode dibawah untuk mudah menginstall Android 8.0 di semua jenis smartphone Android Apapun.

Catatan: Sangat dianjurkan untuk mengamankan atau mem-backup semua data penting yang ada dalam smartphone Anda. Semua ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Instal Android 8.0 Secara Resmi Melalui Update OTA.

Android 8.0 Oreo lebih powerful, kaya akan fitur, lebih cepat, lebih bertenaga dan lebih keren dari yang pernah ada. Jika Anda tidak memiliki smartphone resmi Google yang mendukung Android One. Anda mungkin harus menunggu rilis Android 8.0 untuk smartphone Anda secara resmi.

Anda mungkin ingin mengetahui apakah smartphone Anda akan menerima pembaruan dalam arti kompatibel untuk mulai upgrade sekarang juga atau tidaknya. Berikut 4 langkah umum untuk upgrade versi Android 8.0 melalui OTA Update:

  1. Buka Setelan/Settings
  2. Tentang Telepon/About Phone -> Update System
  3. Periksa pembaruan/Check for update. Jika mendukung, perangkat akan secara otomatis berkedip untuk mengeinstall dan melakukan reboot ke Android 8.0 Oreo.
  4. Nikmati Android 8.0 Oreo untuk fitur baru dan fungsi yang kuat.
BACA JUGA  Cara Ubah Paket Combo Sakti Unlimited Apps dan UnlimitedMAX Telkomsel Menjadi Kuota Reguler Menggunakan Wireguard

Instal Android 8.0 Dengan Fungsi Rooting

Bagi smartphone yang belum atau tidak menerima pembaruan OTA seperti Samsung Galaxy S6, Anda mungkin perlu beralih ke ROM khusus seperti Lineage OS untuk menginstal Android 8.0 Oreo secara manual.

Langkah 1: Download ROM Untuk Model Perangkat Anda.

Pastikan ROM khusus sesuai dengan perangkat Anda. Berikut adalah tautan daftar LineageOS 15 ROM berbasis Android Oreo yang tersedia untuk semua perangkat.

  • http://www.cyanogenmods.org/lineage-os-15-rom-devices-list

Setelah Anda unduh, salin file ROM itu ke dalam folder utama atau folder yang paling mudah Anda temukan di kartu memory (SD Card) smartphone Anda.

Langkah 2: Root Android Anda

Untuk flash ROM Oreo, pertama Anda perlu atau telah melakukan root perangkat Android Anda. Pada kasus ini, woiden menggunakan KingoRoot untuk melakukan rooting. Namun, Ada banyak cara yang menawarkan kemudahaan untuk melakukan rooting bahkan tanpa komputer sama sekali.

Kelima metode rooting tanpa komputer secara lengkap bisa Anda baca artikel woiden berikut ini:

Mengingat artikel ini di dukung oleh FingerPower Digital Technology Ltd. Maka Woiden menyarankan Anda menggunakan Metode 3 dari artikel rooting, yaitu dengan menggunakan KingoRoot sebagai aplikasi rooting termudah.

Langkah 3: Instal / Flash ROM Android 8.0

Setelah Smartphone Anda berhasil di Root. Sekarang Anda perlu flash file room Android oreo Anda melalui mode recovery. Jika Anda perlu mengembalikan pengaturan pabrik saat menginstal ROM kustom, sebaiknya Anda juga menginstal tool custom recovery khusus.

Salah satu tool yang terbaik adalah Custom Recovery TWRP. Langkah instalasi custom recovery TWRP maupun CWM telah woiden bahas pada artikel berikut ini:

Nah, setelah semua dirasa cukup memenuhi syarat dimana perangkat Anda telah di root dan telah menginstall mode custom recovery. Berikut adalah langkah untuk menginstall atau flashing file ROM Android Oreo terbaru.

  1. Boot ke Mode Recovery dengan menahan tombol fisik Volume Down + Power selama 5 detik.
  2. Silakan pilih “Install”
  3. Pilih ROM Oreo yang telah Anda download dari SD Card (Kartu Memory) dan lanjutkan ke flash zip
  4. Setelah install selesai, kembali dan bersihkan cache anda.
BACA JUGA  Cara Masuk Ke Recovery Mode iPhone

Setelah Anda selesai menginstal ROM kustom, Anda dapat menikmati fitur dan fungsi baru Android 8.0 Oreo tanpa membeli Google Pixel atau Nexus.

Kesimpulan

Itulah dua metode mudah yang dapat Anda gunakan untuk menginstall Android 8.0 Oreo di smartphone Android apapun. Selebihnya jika Anda mengalami kesalahan atau kesulitan saat melakukan instalasi atau upgrade Android Oreo ini. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah untuk woiden arahkan.

Terkait:

  • cara instal androidoreo di laptop

3 komentar.

    1. Wah, masalah dan solusi beragam pak, tergantung kondisinya. Beberapa pengguna Xiaomi juga pernah mengeluh TWRP yang hilang setelah upgrade. coba update TWRP kembali via Updater gan. Sebelumnya, Bootloadernya ke lock atau unlock gan?

  1. Kalo cara unlock bootloader Huawei gimana caranya?soalnya Huawei sudah tidak membolehkan unlock bootloader di halaman emui juga sudah tidak ada…

Comments are closed.