Cara Menggunakan Android Device Manager Untuk Melacak HP Yang Hilang

Diposting pada

Pada iPhone Anda bisa memanfaatkan Apple ID, Find My iPhone atau akun iCloud Anda untuk melacak, mengunci, menderingkan dan melakukan beberapa hal lain terhadap smartphone Anda ketika smartphone Anda sedang beralih ke tangan orang yang tidak berwenang atau hilang entah dimana.

Di Android Anda juga dapat melakukan hal yang sama, bahkan fungsinya hampir serupa dengan di iCloud untuk aksebilitas jarak jauh. Hal yang memungkinan Anda melakukan hal serupa di Android adalah Android Device Manager.

Android Device Manager memiliki banyak fungsi yang memungkinkan Anda mengelola perangkat smartphone Anda dari jarak jauh melalui web browser. Tentu ini sangat berguna dan berfungsi untuk Anda mudah menemukan smartphone Anda.

Pada smartphone Android baru, fitur ini secara bawaan sudah aktif dari setelan default. Namun untuk perangkat yang lebih lama, Anda mungkin harus mengaktifkannya secara manual. Berikut adalah cara mengaktifkan dan cara menggunakan fitur Android Device Manager.

Cara Menggunakan Android Device Manager

Pada dasarnya hampir serupa perangkat Android memiliki fungsi ADM, bahkan smartphone dengan OS Android 2.2 Froyo sekalipun yang sangat amat lawas dan tidak layak pakai lagi, ini juga memiliki fungsi ADM sejak bawaan.

Syaratnya hanya sederhana, pastikan smartphone Anda telah terinstall Google Play Service dan Play Store sebelumnya. Namun dirasa, ini sudah pasti ada. Kecuali Anda sudah melakukan tweaks di smartphone Android Anda.

Catatan: Untuk sebagian besar perangkat Android yang lebih baru, fitur ADM ini diaktifkan secara default dari bawaan, sehingga Anda tidak perlu lagi mengaktifkannya. Namun untuk memastikan fitur ini aktif, itu tidak salah.

Cara Mengaktifkan Android Device Manager

Masuk dengan akun Google Anda di perangkat Android Anda. Sebagian besar pengguna Android sudah masuk, namun jika tidak, tambahkan akun Google Anda dari menu Setelan/Settings.

  1. Buka aplikasi Setelan /Settings dan gulir ke bawah ke bagian “Akun/Account”.
  2. Ketuk “Tambahkan akun/Add Account” dan pilih “Google”.
  3. Masukkan rincian akun Google Anda untuk login.
BACA JUGA  Cara Menggunakan RAM Manager di Android 7.0 Nougat

Aktifkan layanan lokasi/GPS Anda. Agar perangkat Anda dapat muncul di peta di Android Device Manager, Anda harus mengaktifkan layanan lokasi sebelumnya, namun nantinya bisa Anda nonaktifkan kembali.

  1. Buka aplikasi Setelan dan ketuk “Location/GPS”.
  2. Pastikan slider atau saklarnya dalam keadaan diaktifkan.
  3. Atur mode ke “High Accurary” untuk mendapatkan hasil lokasi yang paling akurat.

Buka aplikasi Setelan Google (Google Settings) di perangkat Anda. Setelan Google bisa dibuka dari pengaturan smartphone atau buka aplikasi Google Apps dari daftar aplikasi yang terinstall di smartphone Anda, kemudian alihkan ke setelannya.

Alihkan ke tab “Security” di bagian “Service”.

  • Pastikan telah mencentang pilihan ” Remotely locate this device”. Ini akan memungkinkan Android Device Managaer menemukan perangkat dan menampilkannya di peta.
  • Pastikan “Allow remote lock and erase” aktif. Ini adalah fitur keamanan yang penting, dan akan memungkinkan Anda melindungi data Anda jika perangkat hilang atau dicuri.

Selanjutnya, keluar dari setelan Google dan Buka kembali aplikasi Setelan/pengaturan Smartphone di Anda. Hal terakhir yang perlu Anda periksa untuk mengaktifkan ADM adalah mengizinkan administrator untuk kunci jarak jauh dan hapus.

  1. Pilih “Security” dari menu Settings.
  2. Gulir ke bawah dan sentuh “Device administrator”.
  3. Pastikan “Android Device Manager” dicentang.

Cara Melacak Android Yang Hilang Dengan Android Device Manager

Buka Android Device Manager untuk melacak dan mengelola perangkat Anda. Anda dapat mengakses ADM dengan dua cara berbeda:

Pertama adalah melalui situs web ADM. Cara ini paling mudah menurut woiden. Anda sebaiknya mengakses situs ini melalui browser komputer/laptop untuk melihat tampilan jelasnya. Kunjungi tautan berikut ini:

  • https://www.google.co.id/android/devicemanager

Kemudian masuk dengan akun Google yang sama dengan perangkat Android Anda yang hilang. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke jendela Google Find My Device seperti gambar dibawah ini:

BACA JUGA  Cara Merekam Layar Android 4.0 Jelly Bean Atau Lebih Tinggi

Selain mengakses melalui situs web, Anda juga bisa menginstall aplikasi resmi google yaitu Find My Phone atau Temukan Perangkat Saya dari Google Play Store di Smartphone Android kerabat atau keluarga Anda melalui tautan berikut:

  • https://woiden.com/go/QcH9Wa

Jika Anda menggunakan aplikasi ini di perangkat Android orang lain, Anda dapat masuk sebagai Tamu/Guest. Masuk dengan akun Google yang tidak dilengkapi perangkat Android Anda.

Pilih perangkat Anda dari daftar yang tersedia. Jika Anda memiliki beberapa perangkat Android yang dikaitkan dengan akun Anda, Anda dapat memilih mana yang ingin Anda lacak dan kelola dengan mengeklik nama perangkat aktif dan memilih yang Anda inginkan dari menu.

Ada beberapa Fungsi yang dapat Anda lakukan dalam jendela Find My Phone Google ini, beberapa diantaranya seperti berikut:

Melacak Keberadaan Android Anda Dari Peta

Jika Anda telah mengaktifkan layanan lokasi pada perangkat, Anda biasanya dapat melacaknya di peta. Jika perangkat Anda memiliki sinyal GPS, lokasi perangkat Anda ditampilkan di peta pada laman yang sama seperti gambar diatas sebelumnya. Jika perangkat Anda mengaktifkan lokasi nirkabel saja, mungkin perangkat Anda lebih akurat atau mungkin tidak muncul sama sekali.

Membunyikan atau Deringkan Android Anda

Jika Anda mencoba menemukan perangkat di dekat Anda, Anda dapat mengaturnya untuk berdering dengan mengklik tombol “Ring”. Perangkat Anda akan berdering dengan volume penuh selama lima menit atau sampai perangkat tidak terkunci.

Mengunci Android Anda Dengan Password Baru

Jika Anda khawatir perangkat Anda jatuh ke tangan yang salah, Anda dapat menguncinya dengan kata sandi baru dengan mengklik tombol “Lock”. Kata sandi ini perlu dimasukkan untuk membuka kunci perangkat.

BACA JUGA  Cara Membuat QR Code Untuk Wifi

Anda juga dapat mengatur pesan yang akan muncul di layar perangkat. Misalnya kalimat cacian, makian atau ancaman kepada pencuri ketika mereka melihat layar smartphone Anda.

Menghapus atau Reset Pabrik Android Anda

Hapus perangkat Anda Jika Anda khawatir perangkat Anda telah dicuri, atau Anda pikir itu hilang untuk selamanya. Anda dapat menghapus semua data dan pengaturan dengan mengklik tombol “Erase”. Ini akan melakukan reset pabrik pada perangkat. Jika perangkat sedang tidak online, perangkat akan mulai di-reset saat terhubung nanti.

Penutup

Mungkin itulah beberapa fitur atau fungsi dari Android Device Manager yang dapat Anda gunakan untuk melacak dan melakukan fungsi jarak jauh ketika smartphone Android dalam keadaan hilang atau dicuri oleh orang tidak berwenang.

Jika ada yang kurang dipahami, atau mungkin ada masukan. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah ini.