Alamat IP atau IP Address merupakan singkatan dari Alamat Internet Protocol atau sering disebut dengan IP. IP ini berupa deretan angka 32 bit hingga 128 bit yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat komputer atau gadget host dalam menggunakan jaringan internet. Panjang dari angka ini biasanya 32 bit untuk IPv4 atau IP versi 4, sedangkan 128 bit biasanya digunakan untuk IPv6 atau IP versi 6. Namun keduanya sama sama memiliki fungsi untuk mengidentifikasi sebuah perangkat pada jaringan internet berbasis TCP/IP.

Namun woiden ini tidak akan membahas perbedaan jenis ip tersebut. Melainkan hanya menjelaskan tentang bagaimana cara mengetahui atau melihat alamat ip itu pada perangkat Android.

Lalu bagaimana cara melihat alamat IP smartphone atau tablet Android kita?

Secara umum Anda bisa melihat alamat ip tanpa harus mahir menggunakan Android, sebab untuk melihat IP Address saja. Anda hanya membutuhkan beberapa langkah mudah seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Melihat Alamat IP Address HP Android Melalui Setelan

Metode pertama ini adalah metode yang paling umum dan paling mudah untuk digunakan ketika hendak melihat ip address di perangkat Android. Sebab Anda hanya perlu mengarahkan ke setelan smartphone Anda. Lebih detilnya sebagai berikut:

Arahkan Ke “Setelan” atau “Settings” -> “Tentang” atau “About” -> “Status”.

Nah di tab ini Anda bisa melihat IP Address Android Anda. Biasanya IP Adress memiliki 4 bagian angka, misalnya seperti “192.168.2.125”.

Cara Melihat Alamat IP Address HP Android Melalui Aplikasi

Metode alternatif yang dapat Anda gunakan ketika perangkat Anda benar-benar tidak memiliki fungsi status yang dapat menampilkan alamat ip perangkat Android Anda. Alasanya ini mungkin sangat jarang ditemui, namun memang ada beberapa perangkat yang telah melakukan tweaks khusus di perangkatnya, akan mengalami bug/crash ketika membuka bagian ini. Namun itu jarang terjadi.

Sehingga jika Anda adalah salah satu orang sial tersebut. Maka cara alternatif yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi tambahan yang harus Anda install di Android Anda. Beberapa aplikasi itu bisa Anda download dan install melalui Google Play Store. Berikut adalah beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda melihat IP Address di perangkat Android:

IP Tools: WiFi Analyzer: https://woiden.com/go/ezyX3q

Check IP Address: https://woiden.com/go/gr1xsW

Dalam daftar Google Play Store sendiri itu memiliki banyak sekali aplikasi yang memiliki fungsi untuk menampilkan alamat ip perangkat, namun salah kedua dari daftar teratas google adalah yang woiden cantumkan diatas.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan pada artikel woiden kali ini yang menjelaskan tentang bagaimana cara mengetahui alamat ip address Android dengan mudah dan cepat tanpa rooting. Selebihnya, jika ada yang Anda rasa kurang dalam penulisan atau kurang dimengerti dalam artikel ini, silahkan tinggalkan jejak Anda melalui kolom komentar yang tersedia.