Belum lama ini akun Instagram pribadi Pamungkas, penyanyi indie yang tengah naik daun lewat lagu ternamanya yaitu I Love You but I’m Letting Go itu diretas oleh oknum nakal. Awalnya Pamungkas mencoba fitur “forget my password” untuk masuk ke akun tersebut. Namun pihak Instagram justru mengirim kembali e-mail balasan berupa pemberitahuan bahwa alamat e-mail yang digunakan semula pada akun @pamunqkas telah diubah terhitung dari hari Senin (25/8/2019).

Tidak hanya mengganti alamat e-mail saja, sang hacker juga meminta uang tebusan kepada Pam alias Pamungkas dalam bentuk Bitcoin. Hacker yang tidak diketahui identitasnya itu bahkan mengancam akan menghapus foto-foto di Instagram Pam, apabila ia tidak segera mengirim uang tebusan. Tetapi nampaknya penyanyi indie yang satu ini tidak terlalu ambil pusing mengenai perbuatan sang hacker. Hal tersebut ia utarakan melalui jejaring social Twitter pribadinya @pamunqkas, “gw mungkin akan panik dan marah kalo dia hack laptop gw trs delete rekaman lagu2 gua, instagram ilang tinggal bikin lagi. Kalau yg di hack tu karya gw atau ide gw di ambil baru mungkin hati gw tersakiti”.

Ada terselip hikmah yang ia rasakan disaat akun Instagramnya kala itu di hack. Seperti waktu yang menjadi jauh lebih lambat sehingga banyak hal produktif yang bisa dilakukan. Nah, untung saja tragedi peretasan akun Instagram Pamungkas tidak berlarut-larut loh. Kini ia sudah mulai aktif kembali membagikan segala aktivitas bermusiknya.

Cara Memulihkan Akun yang Diretas

Belajar dari musibah yang menimpa Pamungkas. Setiap pengguna jejaring social untuk berbagi foto ini memang sepertinya harus mengerti cara memulihkan akun. Jangan panik, coba saja ikuti cara-cara dibawah ini bila akunmu diretas hacker.

  1. Mengganti Password Akun

Kalau kamu merasa akun Instagram tiba-tiba berubah tampilan atau sedang digunakan orang lain. Padahal kondisinya kamu masih bisa mengakses akun tersebut. Maka hal yang harus kamu lakukan adalah mengubah password di menu Settings.

Setelah berhasil mengganti password. Buka kembali akun Instagram melalui browser di PC atau laptop dan hapus semua akses aplikasi yang terhubung dengan mengklik Authorized Apps pada menu Settings. Kemudian pilih Revoke Acces untuk membatalkan semua akses tidak dikenal yang mencoba masuk ke akun Instagrammu.

  1. Akses Help Instagram

Jika cara diatas tidak berhasil, kamu bisa melaporkan kejadian tersebut via Instagram website dengan mengakses help.instagram.com dan pilih menu Privacy & Safety. Setelah itu klik menu Report Something dan akan muncul menu Hacked Account. Pilih menu Hacked Account dan klik I think my account has been hacked. Terakhir klik Report it to us dan kamu akan menerima beberapa pertanyaan yang wajib dijawab dengan benar.

Setelah mencoba salah satu cara diatas, maka kamu dianjurkan untuk rajin mengecek e-mail terkait laporan yang sudah kamu buat. Apabila menerima e-mail terbaru dari Instagram, segera ikuti langkah-langkah selanjutnya yang diminta pihak Instagram seperti menulis nama akun, nama lengkap, dan kode rahasia dari Instagram di atas kertas putih. Jangan lupa untuk menyertakan data diri yang berhubungan dengan identitas pribadi dan usahakan untuk mengisi data diri dengan jelas dan benar. Untuk semakin memudahkan kamu dalam mengembalikan akun yang diretas, coba saja baca informasi lainnya melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/jangan-panik-ini-dua-langkah-mudah-pulihkan-akun-instagram-yang-diretas/.