Cara Menggunakan Aplikasi AirDroid di Android dan iOS

Diposting pada

AirDroid merupakan salah satu aplikasi multi-screen terbaik dan terpopuler di Android yang memungkinkan Anda untuk dapat menghubungkan smartphone Anda ke perangkat komputer PC melalui jaringan WIFI atau USB. Walaupun awal kemunculannya berasal di Android, namun kini aplikasi ini juga tersedia di iOS.

AirDroid memiliki fungsi menghubungkan kedua perangkat dengan segudang fitur yang tidak Anda dapatkan secara bawaan perangkat. Fungsi atau fitur ini seperti mengirim file dengan mudah, melakukan panggilan telepon, mengirim dan menerima sms/pesan singkat, menggunakan keyboard, mengontrol, menampilkan dan merekam layar smartphone Anda dari komputer PC.

Fitur ini sangat berguna dimana Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di smartphone Anda dengan kendali dari komputer. Bahkan ketika Anda ingin mendapatkan layar yang lebih besar ketika bermain game, aplikasi ini mendukung hal itu dengan menampilkan serta memberikan akses control permainan dari layar komputer.

Lebih lanjut, silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Langkah 1: Menghubungkan Perangkat Anda

  1. Pastikan perangkat smartphone Android/iOS dan PC yang akan Anda gunakan untuk proses ini terhubung pada jaringan WIFI yang sama atau menghubungkan Smartphone Anda ke komputer menggunakan kabel USB/Lighting.

Langkah 2: Download dan Install AirDroid

  1. Unduh AirDroid dari Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS atau akses tautan berikut dari browser smartphone dan komputer Anda:
    • https://www.airdroid.com/en/get.html
  2. Pastikan aplikasi AirDroid telah terinstall di perangkat smartphone dan Komputer (Desktop Client) Anda untuk mendapatkan semua fitur secara lengkap.

Langkah 3: Membuka Aplikasi di Smartphone Anda

  1. Buka daftar aplikasi Cari dan buka aplikasi AirDroid yang baru Anda install.
  2. Setelah terbuka, baca item yang ditampilkan di layar sampai Anda mencapai Tab tampilan awal di aplikasi.
  3. Masuk atau Daftarkan sebuah akun AirDroid baru Anda.
  4. Dapatkan alamat IP. Perhatikan bilah URL kedua di bagian tengah bawah. Ini akan menampilkan alamat IP dengan x sebagai nomor variabel (seperti ini: http: //192.168.1.x: 8888).
  5. Masukkan URL pada PC atau browser Mac Anda. Cukup buka browser favorit anda dan ketik address bar alamat IP dari Langkah 3.
  6. Setelah alamat IP dimasukkan, pemberitahuan “Accept” atau “Decline” akan muncul di layar perangkat Anda. Cukup ketuk “Accept”.
BACA JUGA  2 Cara Menggunakan Video Sebagai Wallpaper Di HP Android

Catatan: Anda juga bisa menggunakan AirDroid versi web(http://web.airdroid.com/) tanpa aplikasi client di komputer. Namun, pada versi ini, Anda hanya dapat menggunakan beberapa fitur terbatas.

Selain itu pastikan Anda telah masuk dengan akun sama pada kedua perangkat Anda (Android/iOS dan Komputer).

Langkah 4: Menggunakan AirDroid untuk Mentransfer File

  1. Klik ikon “Files” pada menu aplikasi pada PC atau Mac Anda setelah terhubung. Ini akan membuka file browser yang mirip dengan Windows Explorer.
  2. Drag dan drop file Untuk mentransfer file dari PC ke smartphone Anda, masuk ke folder, dan klik “Upload” di kanan atas jendela browser file. Ini akan membuka jendela lain dimana Anda bisa drag and drop file yang Anda inginkan dari PC Anda. Aplikasi kemudian akan mulai mentransfer file dengan kecepatan yang akan tergantung pada ukuran file dan kualitas koneksi Anda.

Catatan: Untuk mentransfer file dari smartphone ke PC, pertama cari file di file explorer di website. Setelah file dipilih, klik “download” (di sebelah “upload”) dan file akan muncul di folder download Anda.

Langkah 5: Menggunakan AirDroid untuk Mengirim Pesan

  1. Klik ikon “Pesan/Message”. Anda akan melihat ini di desktop aplikasi AirDroid Anda di browser Anda. Kemudian akan membuka jendela dengan semua kontak Anda yang tercantum di panel kiri.
  2. Klik pada kontak dan ketiklah. Ini mirip dengan Skype atau messenger lainnya, dan sama mudahnya digunakan.
  3. Mulai mengirim pesan. Dengan Aplikasi ini, Anda dapat mengirim teks ke kontak smartphone Anda.

Langkah 6: Mengontrol dan Menampilkan Layar Smartphone di PC

Apabila Anda ingin melakukan fungsi keren lainnya seperti menampilkan dan merekam layar, mengontrol, mengetik, atau menampilkan kamera smartphone Anda di komputer PC. Maka, pastikan bahwa Anda telah menginstall AirDroid di komputer Anda (Client Desktop).

BACA JUGA  Cara Mematikan dan Menyalakan Android Secara Otomatis Terjadwal

Namun, jika belum. Silahkan unduh melalui tautan berikut ini:

  • https://www.airdroid.com/en/get.html

Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasinya dan masuk ke akun AirDroid yang sama pada smartphone Anda. Kemudian alihkan ke tab AirMirror di jendela sebelah kiri layar. Pilih fitur keren lainnya melalui jendela ini.

1 komentar.

Comments are closed.