Cara Install ADB Fastboot di Windows

Diposting pada

Apabila anda ingin melakukan rooting di smartphone Android, Anda mungkin harus menggunakan salah satu metode rooting yang mengharuskan flash ROM khusus. Hal ini menjadi amat sulit ketika Anda nyata Anda juga perlu mengisntall ADB Fastboot di komputer Anda untuk memungkinkan flashing rom root ini.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab untuk menginstall ADB Fastboot tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstall file ADB Fastboot selayaknya Anda menginstall sebuah aplikasi di komputer Anda.

Namun sebelum Anda meranjak pada bagaian penerapan. Anda perlu membedakan ADB dan Fastboot dan bagaimana kedua software ini berjalan di komputer Anda.

ADB (Android Debug Bridge) terdiri dari bagian client dan server masing-masing berkomunikasi dengan yang lain. Dalam istilah awam, ini adalah alat komunikasi antara smartphone dan PC Anda. Ini diakses melalui command prompt di Windows dan digunakan untuk mengirim perintah atau command ke Android dari PC.

Sedangkan, Fastboot pada dasarnya adalah alat diagnostik yang digunakan untuk memodifikasi sistem file Android dari komputer saat smartphone berada dalam mode bootloader. Perintah dasarnya, dan termasuk, misalnya, untuk ‘flash’ (install) gambar booting atau bootloader.

Cara Menginstall ADB Fastboot di Windows 7, Vista, 8, dan 10

Install program ADB Driver Installer (9:22 MB) di komputer Anda melalui tautan dibawah ini:

  • http://adbdriver.com/downloads/

Buka file zip dan jalankan file .EXE yang ada di dalamnya. Konfirmasikan peringatan mengenai ontrol akses pengguna saat muncul.

Aktifkan USB Debugging

Dari smartphone Android Anda, Masuk ke Settings/Setelan, lalu ketuk About /Tentang dan tekan tujuh kali berturut-turut pada Build Number yang tertera. Kembali ke menu Setelan/Settings utama, dan sekarang Anda akan melihat opsi tambahan yaitu opsi Pengembang/Developer di atas menu About/Tentang. Dari sini aktifkan USB debugging.

BACA JUGA  Cara Memainkan Lagu Secara Bersamaan di HP Android dan iPhone

Sekarang klik lagi Refresh  di ADB Driver Installer, dan perangkat Anda akan muncul. Jika masih tidak berfungsi, Anda perlu mengubah mode koneksi USB. Banyak smartphone yang menggunakan kabel USB hanya untuk pengisian secara default, maka cobalah kabel usb lainnya jika perlu. Ini disengaja, jadi file Anda tidak terlihat oleh pengguna komputer yang terhubung.

Lihat pembeharitahun dari bagian atas layar notification smartphone Anda saat terhubung ke komputer Anda. Dari sini, tekan pada tipe koneksi USB. Lalu pilih MTP atau PTP.

Sekarang, ketika Anda mengklik Refresh, Anda harus melihat perangkat Anda dalam daftar Driver Penginstal ADB. Klik pada baris yang menampilkan perangkat Anda, lalu klik Install . Ini harus menginstal driver ADB yang sesuai untuk ponsel cerdas Anda.

Jika Anda memiliki masalah, Anda perlu membuka Pengelola Perangkat , menghapus entri yang ada dengan ponsel cerdas Anda dan mengulangi penginstalan.

Instal Tools ADB di Windows

Sekarang manfaatkan driver ADB. Untuk memastikan semuanya semaksimal mungkin, pertama, kunjungi situs web dibawah ini  dan unduh android sdk_ [nomor rilis] -windows.zip dari bawah halaman.

  • https://developer.android.com/studio/index.html#Other

Extract file itu dan buka file SDK Manager.exe. Tunggu sepuluh detik, sampai jendela kanan terbuka.

Selanjutnya, buka folder platform-tools baru di folder yang sebelumnya diekstrak. Tahan shift dan klik kanan di manapun di ruang/kolom berwarna putih di folder ini dan klik “Open a command window here” .

Setelah itu, Anda sudah bisa menggunakan ADB Fastboot melalui komputer Windows Anda. Gunakan perintah atau command khusus yang Anda inginkan malalui command prompt (CMD) yang tampil.