Beberapa waktu yang lalu sebelum artikel ini diterbitkan, woiden mengalami masalah kecil dimana salah satu perangkat gadget android mengalami kerusakan pada tombol power. Hal ini membuat woiden kebingungan, sebab gadget tersebut dalam keadaan off atau mati karena kehabisan baterai.

Memang cukup membingungkan memang ketika kita memiliki smartphone yang disaat yang bersamaa tombol fisik power dari hp kita mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan sama sekali. Alih-alih membawanya ke counter service, alangkah murahnya kalau kita dapat mengatasinya sendiri atau setidaknya adanya solusi yang bisa kita gunakan untuk sementara.

Untungnya Android merupakan operating system yang open source. Sehingga ada banyak pengembangan yang telah dilakukan secara individual berdasarkan pengalaman mereka masing-masing. Sehingga suatu saat ketika hal seperti in terjadi, kita dapat bercermin pada pengalaman user lain yang telah mengalami hal serupa. Termasuk dalam kasus ini ketika tombol power di hp android kita tidak berfungsi.

Cara Menghidupkan HP Android Ketika Tombol Power Rusak

Nah apabila Anda adalah satu satu dari mereka yang mengalami masalah ini, Anda berada di tempat yang benar. Karena dibawah ini akan dijelaskan 8 metode yang  bisa Anda gunakan salah satunya untuk menghidupkan kembali perangkat Anda tanpa menekan tombol power.

Akses Menu Boot

Umumnya semua perangkat Android memiliki pintasan tombol yang dapat digunakan untuk masuk ke mode boot perangkat. Menu Boot biasanya diakses ketika hendak melakukan flashing firmware atau untuk keperluan lainnya dalam system os android perangkat.

Dengan akses ke booting ini, Anda bisa memanfaatkan fungsi restart didalamnya untuk dapat mengaktifkan perangkat. Untuk mengakses menu boot sendiri berbeda-beda setiap tipe perangkat. Namun umumnya setiap perangkat memiliki tombol pintas seperti salah satu dibawah ini.

Tombol Utama + Tombol Daya
Tombol Utama + Tombol Daya + Volume Turun
Tombol Utama + Tombol Daya + Volume Naik
Tombol Daya + Volume Atas
Tombol Daya + Volume Bawah

Cobalah menekan salah satu tombol pintasan diatas secara bersamaan. Ketika berhasil Anda akan dialihkan ke mode boot. Nah dari sini, cukup pilih “Reboot Now” untuk membuat perangkat hp Anda off kemudian aktif kembali.

Hubungkan HP Ke Pengisian Daya/PowerBank

Beberapa tipe smartphone akan aktif otomatis ketika dihubungkan ke sumber daya. Biasanya pada perangkat yang tidak mendukung nonremovable battery mendukung penerapan ini. Namun cobalah untuk menerapkannya juga di smartphone Anda.

Sembari Menghubungkan ke sumber daya, cobalah secara bersamaan menekan beberapa atau salah satu tombol fisik di smartphone Anda. Pada beberapa kasus pengguna lainnya, percobaan ini dapat berhasil mereka lakukan.

Lepaskan Dan Pasang Baterai

Salah satu trik yang bisa diterapkan di hp android adalah melepas dan memasang kembali baterai hp secara cepat saat logo booting muncul ketika dihubungkan ke cas. Penggunan awalnya cukup mudah yakni, Anda hanya perlu menghubungkan ke sumber daya, disaat yang sama ketika logo booting/charging muncul ditengah layar, seketika lepas kabel cas dan baterai, kemudian pasang kembali secara cepat. Lebih jelasnya bisa Anda lihat pada tautan video youtube berikut ini:

  • https://woiden.com/go/CK6uaN

Sayangnya tidak semua perangkat mendukung trik ini. Melainkan hanya ada beberapa perangkat tertentu. Namun beberapa perangkat lawas kemungkinan bisa menerapkan trik tersebut. Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba.

Menghubungkan Ke PC

Cara selanjutnya yang dapat Anda coba untuk mengaktifkan hp android tanpa tombol power adalah dengan menghubungkan perangkat smartphone Anda ke pc menggunakan kabel data usb. Umumnya pada beberapa kasus, perangkat akan seketika aktif kembali.

Jika tidak berhasil cobalah untuk menginstall driver untuk merek smartphone Anda. Pada beberapa program biasanya mendukung untuk controller smartphone melalui perangkat pc. Nah dengan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengaktifkan hp Anda.

Gunakan Tombol Fisik Lainnya

Cara lainnya yang terkesan mengadu keberuntungan yakni dengan mencoba menekan tombol fisik lain. Seperti yang woiden pernah lakukan pada salah satu perangkat woiden yang mengalami kerusakan tombol fisik. Secara kebetulan perangkat aktif ketika woiden menekan tombol fisik secara random.

Yah entah apa yang terjadi, mungkin terjadinya koslet atau kemungkinan kombinasi tombol tersebut merupakan tombol pintasan untuk force reboot. Maka cobalah untuk melakukan hal yang sama di perangkat Anda.

Akses ADB Fastboot

ADB Fastboot merupakan metode yang biasanya digunakan melakukan flashing rom atau firmware di perangkat android. Metode ini mengandalkan perintah atau command yang diarahkan melalui pc. Sehingga ini bisa Anda manfaatkan untuk mengakses fungsi smartphone Anda melalui pc yang dihubungkan melalui usb.

Namun kecil kemungkinan cara ini bisa dilakukan, apabila perangkat Anda belum pernah menyentuh penerapan ini sebelumnya. Namun tidak ada salahnya untuk mencobanya. Lebih detailnya bisa Anda baca penerapan ini pada artikel woiden lainnya berikut ini:

Gunakan Alat Bantuan

Cara fundamental yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan alat bantu. Misalnya dengan menggunakan peniti atau benda tajam lainnya yang kemungkinan bisa dimanfaatkan. Namun hal ini hanya bisa Anda lakukan ketika memang kerusakan berada jelas pada komponen tombol power tersebut, bukan pengaruh dari mainboard atau mesin smartphone Anda.

KESIMPULAN

Sebagai tambahan yang mungkin Anda butuhkan ketika smartphone Anda sudah aktif kembali dari kondisi off sebelumnya. Nah saat ini Anda mungkin masih memerlukan tombol power untuk mengaktifkan layar Anda suatu saat nanti. Untuk itu, Anda bisa mengakali hal ini dengan mengganti tombol volume menjadi fungsi tombol power.

Anda hanya membutuhkan aplikasi yang terinstall di smartphone Anda untuk melakukan ini, cukup ikuti artikel woiden dibawah ini untuk penjelasan rincinya:

Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, jika ada yang ingin ditanyakan. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.