Setiap perangkat iPhone memiliki sebuah kode pengenal unik yang biasanya kita sebut dengan IMEI. Pada perangkat iPhone dan iPad atau perangkat gadget lain umumnya memiliki IMEI yang berupa deretan angka sebagai pengenal unik setiap satuan perangkat. IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity dan angka inilah yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi setiap handphone/smartphone untuk keperluan tertentu.

Nomor IMEI juga digunakan oleh perusahaan produksi dari smartphone tersebut untuk mencocokan perangkat dengan jaringan server yang mereka gunakan, seperti halnya yang dilakukan oleh Apple terhadap setiap perangkatnya terhubung ke server Apple iCloud. Tidak lain hal ini untuk keperluan keamanan dari perangkat itu sendiri. Misalnya pada Apple sendiri yang IMEI tersebut digunakan dan dikelola secara publik untuk mencegah dan mengatasi perangkat hasil curian atau penggunaan jaringan provider diluar yang ditetapkan.

Tidak hanya itu, ada banyak sekali kegunaan IMEI diluar sana. Anda juga mungkin salah satu dari banyak orang yang ingin mengetahui nomor IMEI dari perangkat iPhone atau iPad Anda sendiri. Maka untuk itu, apabila Anda ingin mengecek kode unik dari perangkat Anda, silahkan ikuti salah satu dari beberapa langkah yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Cek IMEI iPhone Melalui Panggilan Telepon

Cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk cek atau untuk mengetahui nomor unik perangkat Anda adalah dengan melalukan panggilan atau dial dari iphone Anda ke nomor berikut ini:

*#06#

Kemudian lakukan panggilan, beberapa saat setelah, dilayar iphone Anda akan menampilkan kurang lebih 16 digit angka unik yang merupakan kode unik perangkat Anda. Anda bisa melakukan screenshoot atau mencatatnya jika perlu.

Cara Cek IMEI iPhone Dari Belakang Housing/Case iPhone

Apabila Anda menggunakan iPhone 6 kebawah/lebih lawas maka cara termudah kedua yang dapat lakukan dengan sangat ringkas adalah dengan melihat bagian belakang housing atau casing iphone Anda. Seperti pada gambar tampilkan IMEI dibelakang casing berikut ini:

Sayangnya jika Anda menggunakan iPhone 6S keatas, Anda mungkin tidak lagi melihat angka unik ini dibelakang housing atau casing iphone Anda. Entah mengapa Apple menghilangkan angka unik ini, kemungkinan karena banyaknya kasus penyalahgunaan. Tapi diluar apapun itu alasanya, Anda bisa mencoba langkah lainnya dibawah.

Cara Cek IMEI iPhone Dari Bagian Bawah Sim Tray

Sim Tray merupakan tempat penyimpanan kartu Sim card provider yang Anda gunakan. Untuk membuat sim tray biasanya Anda memerlukan Sim Ejector yang tersedia satu dengan box iphone Anda. Cara ini bisa Anda gunakan apabila dibalik housing Anda tidak tertera nomor unik yang Anda butuhkan.

Anda hanya perlu membuka sim tray Anda, kemudian melihat bagian bawah tempat sim tray Anda, seperti pada gambar dibawah ini:

Angka unik perangkat ini tertera cukup kecil, jadi jika Anda mengalami gangguan mata. Maka mungkin Anda memerlukan kacamata untuk melihatnya lebih jelas. Kembali lagi, jika memang di perangakt Anda juga tidak tertera angka tersebut. Anda bisa mencoba langkah lainnya dibawah.

Cara Cek IMEI iPhone Dari Box iPhone

Cara paling umum yang biasa digunakan untuk mencocokan perangkat dengan dos adalah dengan melihat angka unik yang tertera di iphone itu sendiri dengan box dari iphone. Biasanya ini untuk memastikan bahwa perangkat merupakan barang yang original.

Namun ini bukanlah cara mutlak. Diluar itu, jika memang Anda yakin bahwa perangkat Anda original bukan hasil rekondisi dengan box batangan. Maka Anda bisa melihat angka unik Anda dibelakang box iphone Anda. Dibalik itu tertera beberapa informasi, termasuk angka unik yang Anda butuhkan.

Cara Cek IMEI iPhone Melalui Settings iPhone

Cara termudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk melihat dan memastikan nomor unik perangkat Anda adalah melalui jendelan pengaturan atau Settings. Jadi cukup arahkan ke “Settings” -> “General” Kemudian ketuk “About”.

Kemudian gulir kebawah layar iphone Anda sampai Anda menemukan deretan baris yang menampilkan IMEI dari perangkat Anda. Anda bahkan dapat menyalin atau copy angka tersebut dengan sangat mudah, yakni dengan mengetuk angka tersebut. Secara otomatis angka akan tersalin ke clipboard iphone Anda. Anda hanya tinggal memindahkan atau paste selanjutnya.

Cara Cek IMEI iPhone Melalui iTunes Komputer

Apabila Anda memiliki iTunes yang telah terinstall di komputer/laptop Anda. Maka Anda bisa juga melihat angkat unik perangkat Anda dari sana. Cukup hubungkan iphone Anda ke perangkat PC Anda menggunakan kabel usb lightning.

Kemudian jalankan itunes dari desktop komputer Anda. Lalu ketuk pilihan “Devices” di pojok kanan atas. Pilih nama iphone Anda. Selanjutnya Anda akan melihat beberapa informasi dalam jendela Ringkasan, termasuk angka unik perangkat Anda.

Cara Cek IMEI iPhone Melalui Backup iTunes

Hampir serupa dengan cara ke-enam diatas, dimana Anda juga masih memerlukan iTunes di PC untuk melihat angka unik perangkat Anda. Namun disini Anda tidak perlu menghubungkan perangkat Anda menggunakan kabel usb lightning.

Satu hal yang Anda perlukan hanyalah melalui jendela Devices. Namun hal ini hanya dapat digunakan apabila Anda sebelumnya telah membackup/mencadangkan perangkat Anda di iTunes komputer Anda. Jika secara kebetulan Anda sudah melakukan backup jauh hari dahulu, maka Anda bisa langsung membuka jendela itunes di komputer Anda kemudian arahkan “Preferences” -> “Devices” di pojok kanan atas.

Nah pada kolom “Device Backups”, tertera beberap daftar backup yang telah dilakukan. Cukup arahkan kursor ke nama backup tersebut, maka sebuah popup akan muncul yang menampilkan nomor telepon dan imei dari perangkat yang telah dibackup. Anda tidak melakukan apapun, cukup mencatata angka tersebut dari jendela popup yang muncul tersebut.

Demikian beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk melihat nomor imei dari iphone atau ipad Anda dengan sangat mudah. Anda tidak perlu mendatangi konter handphone hanya untuk melihat angka unik perangkat Anda. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah.