Ovo merupakan salah satu alat pembayaran elektronik yang namanya melebar cukup pesat di Indonesia. Ada banyak outlet yang tersebar di seluruh Indonesia yang mendukung pembayaran dengan aplikasi pembayaran tersebut.

Tidak heran mengapa ovo memiliki relasi market yang sangat amat luas. Selain itu ovo juga kita kenal sebagai sistem pembayaran elektronik utama dari aplikasi grab yang juga merupakan platform O2O terkenal dan cukup besar di asia tenggara.

Hal yang paling menarik dari ovo tidak lainya intensitas promo yang kian ditawarkan oleh ovo. Bahkan beberapa promo seringkali ditawarkan secara tidak masuk akal. Misalnya pembayaran yang jauh lebih murah dengan menggunakan pembayaran ovo dibanding pembayaran tunai di outlet makanan atau restoran tertentu.

Hampir serupa dengan gopay sebagai kompetitornya. Ovo juga memiliki fungsi aplikasi yang digunakan dan terintegrasi dengan segala aktivitas penggunaan sistem pembayarannya. Dengan kata lain bahwa dari dalam aplikasi ini Anda dapat menyesuaikan detail Anda sebagai pengguna, proses topup, transfer saldo/dana, dan banyak lagi.

Selayaknya dompet elektronik, beberapa orang bahkan lebih memilih untuk menyimpan beberapa uang mereka kedalam saldo ovo untuk berbelanja kebutuhan ringan setiap harinya. Misalnya untuk membeli makanan, mengisi pulsa/paket data, pembayaran listrik/air, dan lainnya.

Terlebih proses topup dan transfer yang terbilang mudah hanya melalui aplikasi saja. Ovo sendiri memiliki beberapa metode yang memungkinkan penggunanya melakukan topup atau pengisian saldo atau dana akun. Beberapa diantaranya dijelaskan berikut ini:

Top Up Ovo Melalui Ovo Booth

Ovo Booth biasanya tersedia di beberapa lokasi strategis di kota-kota besar di Indonesia. Umumnya booth ini terletak di pusat perbelanjaan kota. Namun tidak pasti untuk setiap lokasi tetap. Maka, salah satu cara yang bisa Anda lihat adalah melalui daftar lokasi booth yang telah diterangkan dalam laman berikut ini:

  • https://woiden.com/go/DxaNV8

Terkadang Booth Grab dan Ovo berada di satu booth yang sama. Namun untuk memastikan Anda bisa menanyakan pada booth grab, jika Anda secara kebetulan menemukan di tempat tertentu. Pada metode ini, Anda hanya perlu menginformasikan nominal top-up yang Anda inginkan dan menginformasikan nomor telepon Anda, selanjutnya lakukan pembayaran secara tunai pada kasir.

Top Up Ovo Melalui Driver Grab

Apabila Anda adalah salah satu dari beberapa orang yang cukup sering menggunakan layanan grab, maka Anda bisa mencoba melakukan topup melalui driver grab setelah Anda melakukan pesanan. Dengan metode ini Anda bisa topup lebih ringkas dengan pembayaran melalui tunai langsung.

Top Up Ovo Melalui Merchant

Ada beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan Ovo untuk proses penambahan saldo, beberapa merchant ini bahkan mungkin hampir tersedia di seluruh kota Indonesia. Beberapa merchant ini, seperti:

  • Alfamart
  • Hypermart
  • Matahari
  • Boston Health & Beauty
  • Maxx Coffee
  • Bolt
  • Cinemaxx
  • Dan Banyak lagi

Selain merchant yang disebutkan diatas, kemungkinan ada banyak lagi merchant yang mendukung penambahan saldo ovo. Apabila Anda melihat banner yang tertera dibagian kasir bahwa tempat tersebut melayani untuk topup ovo. Maka Anda bisa mencoba topup. Sama seperti topup melaluiĀ  booth atau driver, Anda hanya perlu menginformasikan nomor handphone yang tertaut dengan akun ovo Anda.

Top Up Ovo Melalui Bank Transfer

Metode Top-up yang paling sering digunakan adalah melalui bank transfer. Entah itu melalui Internet Banking, M-Banking, ataupun ATM Transfer. Mengingat bahwa ada sekian banyak bank yang mendukung proses topup melalui metode transfer bank dengan kode referensi yang berbeda-beda setiap bank. Maka silahkan Anda kunjungi tautan dibawah:

  • https://woiden.com/go/6LpAkx

Pada halaman diatas, Anda cukup gulir kebawah sampai Anda menemukan metode transfer bank sesuai dengan rekening bank yang Anda gunakan. Cukup ikuti langkah yang tertera untuk mulai topup dengan mudah.

Top Up Ovo Melalui E-Commerce

Beberapa situs atau website marketplace atau E-Commerce juga mendukung untuk top-up saldo ovo. Salah satu yang mendukung secara resmi adalah Tokopedia. Melalui situs ini Anda bisa melakukan topup saldo ovo dengan beberapa nominal tertentu hingga 10 juta.

Apabila Anda mungkin sebagai pelapak yang memiliki saldo lapak Anda, maka ini terbilang cukup efektif untuk Anda gunakan sebagian keuntungan Anda untuk kepentingan sehari-hari lainnya melalui layanan pembayaran ovo.

Tokopedia hanya menyediakan nominal tertentu, maka dari itu jika Anda mungkin ingin melakukan top-up dengan nominal sesuai keinginan Anda. Cobalah untuk melihat beberapa daftar pelapak yang ditawarkan. Beberapa pelapak dihampir semua situs marketplace/e-commerce tersedia produk topup ovo yang ditawarkan sesuai keinginan.

Penutup

Sebagian besar metode topup tidak memiliki biaya administrasi apapun. Dengan kata lain bahwa berapapun nominal yang Anda bayarkan, maka besaran nominal yang masuk diakun Anda juga sama. Namun untuk pembelian melalui merchant biasanya menetapkan biaya administrasi yang berbeda-beda setiap merchant. Untuk hal ini, bisa Anda tanyakan langsung terlebih dahulu mengenai biaya yang dibebankan oleh merchant ketika Anda ingin melakukan topup ovo.