Safe mode merupakan salah satu pilihan alternatif yang biasanya digunakan di perangkat Windows untuk keadaan dan tujuan tertentu. Safe mode ini hanya memuat file dasar dan driver sederhana yang dibutuhkan untuk pengoperasian perangkat. Sehingga cara ini bisa cukup bermanfaat dan berguna untuk tujuan mengatasi masalah tertentu, misalnya untuk mendeteksi program atau driver yang bermasalah ketika dijalankan di komputer.

Selain itu ada banyak kegunaan dari mode aman ini, misalnya untuk menjalankan perangkat lebih ringkas dengan cepat. Ini karena mode ini tidak akan memuat semua file dan program yang umumnya dijalankan pada mode biasa. Namun mode ini tentu memiliki kekurangan diantaranya, ada beberapa fungsi driver yang tidak akan dijalankan, misalnya driver wireless dan sound untuk mode tertentu. Serta Resolusi maksimal yang diterapkan adalah ukuran 800×600 pixels.

Diluar dari kelebihan dan kekurangan itu, apabila Anda benar-benar ingin menjalankan safe mode di perangkat windows Anda. Maka Anda bisa melihat langkah sederhana berikut ini:

Metode 1: Menggunakan System Configuration

Cara alternatif pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan alat System Configuration atau msconfig.exe. Untuk membuat ini cukup mengetikkan “msconfig” dari kolom start menu windows Anda.

Setelah jendela System Configuration terbuka, alihkan ke Tab “Boot” dari menu popup yang muncul. Kemudian centang pilihan “Safe Boot” -> “Minimal”, tepatnya dibagian menu Boot options. Lalu ketuk “OK” untuk mulai menerapkan. Jendela popup konfirmasi akan muncul, Anda bisa mengetuk pilihan “Restart” untuk mulai merestart perangkat ke mode aman tersebut.

Metode 2: Menggunakan Tombol “Shift + Restart” Di Keyboard.

Cara lainya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetuk tombol “Restart” di Start Menu sembari menekan tahan tombol “SHIFT” di keyboard komputer Anda.

Pada langkah ini, Anda akan diarahkan ke jendela pilihan Windows, silahkan ketuk pilihan “Troubleshoot” -> “Advanced options” seperti pada gambar dibawah.

Dalam menu Advanced options, keutk pilihan “Startup Settings”. Kemudian Anda akan diarahkan ke jendela konfirmasi yang berupah perubahan opsi windows. Lalu ketuk tombol “F4”, “F5”, atau “F6” (Sesuai kebutuhan) di keyboard komputer Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu mengetuk tombol “Restart” di pojok kanan bawah untuk mulai merestart komputer dan masuk ke mode aman.

Metode 3: Menggunakan CD/DVD Recovery Komputer

Hampir serupa dengan langkah ke dua diatas, disini Anda tidak dalam keadaan masuk ke booting komputer. Namun Anda bisa menjalankannya dari keadaan komputer mati. Disini Anda hanya perlu menggunakan CD/DVD Recovery untuk komputer Anda (Biasanya sepaket dalam pembelian komputer/laptop).  CD/DVD inilah yang Anda masukkan ke slot CD ROM Komputer/laptop Anda. Kemudian hidupkan komputer Anda.

Anda akan dihadapkan pada layar “Choose your keyboard layout”. Pada menu ini, pilihn bahasa yang sesuai atau yang Anda mengerti. Kemudian Anda akan dialihkan ke jendela “Choose an option” seperti pada langkah kedua diatas. Disini Anda hanya perlu mengetuk pilihan “Troubleshoot”, kemudian ikuti langkah selanjutnya seperti pada langkah metode kedua diatas.

Metode 4: Masuk Ke Safe Mode Menggunakan Flashdisk

Cara ke empat ini adalah alternatif dari metode ketiga diatas, dimana Apabila komputer atau laptop Anda tidak memiliki CD/DVD Recovery bawaan dari pembelian. Maka Anda bisa membuat file recovery alternatif itu dengan menggunakan Flashdisk atau Hardisk Eksternal. Caranya Anda bisa lihat pad artikel woiden berikut ini:

Metode 5: Menggunakan Tombol Fisik Keyboard

Cara paling umum yang biasanya dilakukan untuk masuk ke mode aman komputer windows adalah dengan menekan dan tahan tombol unik tertentu di keyboard sesuai dengan merek perangkat masing-masing. Namun umumnya beberapa perangkat menerapkan tombol “F2” atau “F8”.

Tombol di keyboard ini hanya perlu Anda tekan tahan atau beberapa kali sesaat sebelum booting windows dimuat. Atau sesaat setelah Anda mengaktifkan komputer/laptop Anda. Langkah inilah juga yang biasanya digunakan untuk masuk ke Bios komputer.