Jika mendengar kata jam tangan, akan ada beberapa indikator yang menjadi kriteria, mulai dari harga, desain, sampai dengan harga. Bagi beberapa orang, memiliki jam tangan berkualitas menjadi idaman karena dapat menunjang penampilan. Meskipun untuk mendapatkan jam tangan mewah misalnya sekelas Skmei harus merogoh kocek lebih dalam, tidak menjadi masalah karena kualitasnya. Untuk mendapatkan jam tangan yang bagus dan sesuai keinginan, Anda perlu melakukan pemilihan secara tepat.

Cara Memilih Jam Tangan

Kualitas jam tangan tentu berbanding lurus dengan harga yang dipatok, maka, jangan tertarik dengan harga yang lebih miring. Selain memastikan bahwa jam tangan yang Anda beli adalah produk asli, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya, seperti ulasan berikut.

1. Jenis Kaca

Kaca atau lensa menjadi salah satu komponen penting dalam jam tangan karena sering terbentur saat digunakan beraktivitas sehari-hari. Ada tiga jenis kaca yang paling sering digunakan dalam pembuatan jam tangan, yaitu sapphire crystal replica, mineral glass, dan hardlex.  Jenis kaca sapphire crystal lebih tidak gampang tergores dan awet jika dibandingkan dengan mineral glass. Namun meskipun kaca jenis mineral glass mudah tergores sehingga menimbulkan garis halus pada permukaannya, ia tidak mudah pecah meskipun terbentur.

Jenis kaca hardlex termasuk mineral glass yang telah diproses lebih lanjut, sehingga memiliki  kekerasannya meningkat, tetapi masih di bawah sapphire crystal. Dengan demikian, dapat disebut bahwa hardlex merupakan jenis kaca yang berada di antara mineral glass dan sapphire crystal.

2. Bahan Jam Tangan

Saat ini, logam atau stainless steel merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk membuat jam tangan. Umumnya, kualitas jam tangan dipengaruhi oleh bahan dasar pembuatannya, yaitu campuran logam yang kuat dan kokoh.

Saat memilih jam tangan, Anda perlu memastikan bahwa jenis besi atau logam yang digunakan sebagai bahan bersifat padat, bukannya campuran atau hollow. Untuk membedakannya cukup mudah, Anda tinggal menimbang berat dari bracelet atau watch case-nya. Jam tangan dengan bahan besi padat tentu akan lebih berat jika dibandingkan dengan logam campuran.

Selain itu, jika jam tangan incaran Anda terbuat dari stainless steel, cari tahu jenisnya. Jam tangan yang baik pada umumnya memakai jenis 316L, stainless steel yang sering didapati di pasaran. Salah satu jam tangan yang menggunakan bahan stainless steel berkualitas adalah Skmei.

3. Jenis Movement

Jenis mesin (movement) bisa disebut sebagai jantung utama yang dimiliki oleh jam tangan. Pada era sekarang, jenis mesin yang menggunakan tenaga penggerak utama (quartz movement) baterai adalah yang paling sering digunakan dan telah diproduksi secara masal. Saat memilih jam tangan, hindari movement yang tidak memiliki bran sama sekali karena kualitasnya diragukan.

4. Brand

Jam tangan dengan brand ternama seperti Skmei memiliki manufaktur yang jelas, sehingga kualitasnya lebih terjamin. Desain yang menawan disertai harga yang miring tidak menjamin kualitas yang baik, maka, jangan mudah tergiur. Dalam memastikan kualitas jam tangan, Anda dapat mengecek segala fitur dan komponen utama seperti tanggal, fitur chronograph, komponen crown pemutar mesin, dan sebagainya berfungsi dengan baik.

Itulah empat kriteria yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih atau membeli jam tangan berkualitas. Ada beberapa komponen yang perlu Anda periksa, bukan malah tertarik dengan tawaran harga yang lebih murah ataupun desain yang fashionable. Selain itu, Anda sebaiknya memastikan bahwa barang tersebut adalah asli, mengetahui sekarang banyak sekali barang palsu yang beredar. Jam tangan berkualitas sekelas Skmei KW pun bertebaran sehingga Anda harus selektif memilihnya agar bisa mendapatkan jam yang original.