Sinyal wifi ataupun jaringan nirkabel lainnya memang pada dasarnya memiliki range atau batas jangkauan. Ketika penerima sinyal melampaui batas jangkauan yang dicapai, maka perangkat tidak akan dapat mendeteksi jaringan tersebut.

Ada banyak factor yang memengaruhi jangkauan sinyal, salah satunya adalah jarak. Namun jarak bukanlah salah satu faktor utama, melainkan ada beberapa hambatan lainnya, misalnya dinding pembatas ataupun kontur lokasi sinyal dipancarkan.

Nah untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, biasanya seseorang akan menggunakan perangkat tambahan seperti wifi repeater atau signal booster yang dimana kedua alat ini memiliki kemampuan untuk menerima dan mendistribusikan jaringan lebih jauh dari router utama.

Namun menggunakan alat bantu tambahan bukanlah, solusi murah untuk semua orang. Mengingat satu perangkat ini dibanderol dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Terlebih alat ini bukanlah solusi untuk digunakan secara portable. Sehingga alternatif terbaik yang bisa diterapkan adalah melalui perangkat yang kita gunakan langsung, dalam hal ini adalah smartphone atau handphone yang kita gunakan.

Anda bisa meningkatkan jangkauan jaringan internet wifi di smartphone Anda dengan bantuan aplikasi penguat sinyal wifi. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Wifi Manager

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang cukup menarik untuk digunakan sebagai penguat sinyal. Sebab aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menenyesuaikan pengaturan jaringan secara real time serta meningkatkan kekuatan sinyal yang diterima dengan opsi-opsi pilihan yang disediakan.

Hebatnya aplikasi ini diklaim mampu mempercepat koneksi internet wifi yang kita digunakan. Hal yang paling penting adalah aplikasi in tersedia secara gratis di google play store.

  • https://woiden.com/go/v9DPl6

NetShare

Jika Anda memiliki perangkat android lainya yang tidak sedang Anda gunakan atau memiliki lebih dari satu perangkat android. Maka Anda bisa memanfaat salah satunya sebagai wifi repater/extender. Hanya dengan satu aplikasi yang Anda install, Anda bisa mengubah fungsi salah satu hp android Anda sebagai pemancar sinyal wifi tambahan selayaknya router tambahan.

Aplikasi yang mendukung ini adalah NetShare. Selayaknya wifi extender, anda cukup menjalankan aplikasi dan menghubungkan perangkat android cadangan Anda ke jaringan wifi yang Anda tuju, kemudian buat perangkat cadangan tersebut untuk memancarkan kembali jaringan wifi yang diterima.

Anda cukup menempatkan perangkat cadangan di spot atau lokasi jangkauan sinyal wifi terbaik dari kedua sisi yakni router dan hp utama sebagai penerima sinyal. Sehingga perangkat android utama Anda bisa menangkap jaringan wifi secara maksimal. Aplikasi ini bisa Anda download dan baca lebih lengkapnya pada artikel woiden lainnya berikut ini:

Network Master

Aplikasi penguat sinyal ini adalah salah satu aplikasi penguat sinyal yang cukup banyak digunakan oleh pengguna android. Aplikasi ini diklaim sangat cocok untuk mereka yang sering melalukan streaming video seperti youtube ataupun bermain game online.

Selain fungsinya penguat sinyal, aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk menstabilkan jaringan wifi yang diterima. Aplikasi melalukan fungsinya dengan membagikan bandwidth yang lebih kepada aplikasi-aplikasi streaming dan game online. Sehingga jika Anda adalah salah satu dari mereka yang senang bermain game online, maka mungkin aplikasi ini cocok untuk Anda.

  • https://woiden.com/go/uTanJx

Wifi Doctor

Aplikasi ke-empat ini kurang lebih memiliki gabungan fungsi dari beberapa daftar yang disebutkan diatas. Namun ini lebih cenderung pada optimasi pada kecepatan jaringan. Wifi Doctor memiliki fungsi untuk mempercepat wifi yang sedang terhubung di perangkat Android Anda.

Mekanisme aplikasi ini berjalan kurang lebih seperti membagikan bandwidth sesuai aplikasi yang sedangĀ  digunakan. Sehingga aplikasi yang digunakan akan terhubung dengan optimal. Sama seperti daftar aplikasi diatas, aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan bisa Anda unduh langsung melalui tautan google play store dibawah.

  • https://woiden.com/go/Cvz7km