Dengan teknologi yang semakin modern, akses lagu atau music apapun itu bisa jauh lebih mudah. Bahkan dengan kehadiran beberapa aplikasi mobile, membuat memutar semua musik hampir dengan instan melalui jaringan internet.

Terutama pada perangkat portable seperti handphone, laptop, ataupun media player lainnya yang memungkinkan seseorang dapat memainkan musik apapun tanpa batas hanya dari satu perangkat kecil saja.

Apabila berbicara mengenai perangkat lunak yang mendukung pemutaran musik instan, itu terdaftar cukup banyak diluar sana. Mulai dari aplikasi berbasis website, software, bahkan aplikasi di perangkat smartphone sekalipun. Salah satunya seperti iTunes yang dapat mengelolah daftar musik yang hendak didengarkan oleh penggunanya.

iTunes sendiri sudah cukup ternama sebagai perangkat lunak besutan Apple yang memungkinkan pecinta musik dapat menyelaraskan hiburan lagu mereka dari perangkat mobile yang mereka miliki. iTunes juga bahkan tersedia di perangkat PC seperti windows maupun Mac, serta tentunya di perangkat ios lainnya seperti iPhone.

Nah masalahnya, iTunes memiliki program yang independen. Dimana program ini tidak mendukung secara mudah untuk dihubungkan ke layanan serupa lainnya diluar iOS dan Mac. Terlebih jika perangkat yang akan dihubungkan adalah perangakt non iOS seperti Android. Maka cukup sulit dan merepotkan untuk Anda jika ingin mentrasfer playlist musik Anda ke perangkat lainnya.

Mungkin Anda memiliki ratusan lagu yang telah Anda unduh dari iTunes, kemudian Anda hendak memindahkannya ke perangkat smartphone Android Anda. Nah jika benar itulah yang Anda mau, maka dibawah ini akan dijelaskan beberapa langkah mengenai cara mentransfer lagu dari itunes ke hp android dengan mudah tanpa rooting atau jailbreak tentunya.

Memindahkan file dari itunes tidaklah hal yang sangat dibatasi, Ada banyak cara alternative yang bisa Anda gunakan untuk menyalin atau memindahkan musik dari perangkat itunes Anda ke perangkat jenis lainnya. Beberapa metode berbeda diuraiakan dibawah ini:

Menyalin File Lagu Dari iTunes Ke HP Android

Cara paling umum dan sedikit merepotkan adalah dengan menyalin file musik yang ada di itunes Anda secara manual melalui software atau program iTunes dari Komputer atau PC Anda. Anda hanya perlu menyalin file musik iTunes ke suatu folder di PC Anda, kemudian menyalinnya kembali ke perangkat HP Android Anda.

Apabila musik Anda berada di iTunes iPhone Anda. Maka Anda bisa menghubungkan iphone Anda ke pc Anda. Kemudain jalankan program iTunes dari PC Anda. Selanjutnya, ketuk ikon perangkat Anda dari jendela windows seperti dibawah ini:

Kemudian, ketuk tab “Music” tepatnya dibawah menu “Settings”. Lalu pastikan “Entire Music library” telah Anda centang. Kemudian simpan setelan tersebut, lalu ketuk tombol “Sync” dibawah jendela untuk mulai menyinkronkan semua file Anda ke itunes pc Anda.

Setelah itu, Anda bisa meliat semua daftar file musik itunes Anda dari folder “iTunes Library” PC Anda. Jika Anda menggunakan windows, Anda bisa melihat folder tersebut dari jendela windows explorer, biasanya berada tab Quick Access windows.

Menyinkronkan iTunes Ke HP Android Melalui Aplikasi DoubleTwist

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyinkronkan daftar musik di itunes Anda menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah salah satunya disebut dengan DoubleTwist. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mentransfer musik dari itunes langsung ke hp Android tanpa embel-embel apapun.

Hebatnya aplikasi ini juga tersedia di perangkat PC windows maupun Mac. Sehingga Anda benar-benar memindahkan ke hampir semua perangkat umum yang digunakan. Program ini bisa Anda download melalui tautan berikut ini:

  • https://woiden.com/go/0149PE

Setelah Anda mengunduh dan menginstall program tersebut di perangkat Anda. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana seperti berikut ini:

  1. Jalankan DoubleTwist di PC Anda.
  2. Hubungkan smartphone Anda ke Komputer menggunakan kabel data usb.
  3. Jendela sinkronisasi akan muncul otomatis, saat Anda menghubungkan smartphone Anda ke PC.

Nah setelah jendela sinkronisasi terbuka, dari sini Anda sudah bisa mulai mentransfer semua jenis file yang dibutuhkan. Termasuk memindahkan daftar musik, file musik, dan video. Dalam hal ini Anda ingin menyinkronkan file musik, maka arahkan ke Tab “Music” untuk mulai proses sinkronisasi.

Menggunakan Aplikasi AirSync For iTunes di HP Android (Berbayar)

Jika Anda tidak mau repot menggunakan kabel data dalam penerapan ini. Maka, Anda bisa menggunakan aplikasi AirTync doubleTwist yang bisa Anda download dan install di HP Android Anda. Sayangnya aplikasi ini memerlukan tarif untuk penggunaanya.

Aplikasi ini bisa Anda download dan install dengan harga kuran lebih $4.99 atau untuk user Indonesia seharga 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk versi Pro, Anda bisa membelinya seharga $8.99 atau sekitar 127 ribu rupiah. Aplikasi ini bisa Anda download dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/ofbPxC

Menggunakan Aplikasi Sync iTunes to Android (Gratis)

Apabila Anda merasa cukup miskin untuk dapat membeli aplikasi AirSync atau mungkin Anda merasa rugi jika mengeluarkan uang hanya untuk sebuah aplikasi yang jarang Anda gunakan. Maka Anda bisa menggunakan aplikasi alternatif yang gratis.

Salah satu aplikasi alternatif gratis yang bisa Anda gunakan adalah disebut dengan Sync iTunes to Android. Aplikasi ini bisa Anda download dan install melalui tautan google play store berikut ini:

  • https://woiden.com/go/4KS1Lx

Namun sayangnya, aplikasi versi gratis ini membatasi penggunaannya, yakni dengan penggunaan sinkronisasi lagu maksimal 100 lagu. Serta aplikasi gratis ini menampilkan cukup banyak iklan yang sangat mengganggu. Apabila Anda ingin mendapatkan aplikasi dalam full version tanpa batasan dan iklan, maka Anda bisa membeli aplikasi versi Pro seharga 40 ribu rupiah.

Untuk memindahkan file musik menggunakan aplikasi ini, Anda juga masih memerlukan program program client yang harus terinstall di pc Anda. Program ini disebu dengan Synctunes Client Desktop dan bisa Anda download dari tautan berikut in:

  • https://woiden.com/go/kCnm3r

Cara penggunaanya, cukup mudah, Anda hanya perlu menghubungkan kedua perangkat ke jaringan wifi yang sama. Kemudian menjalankan aplikasi Sync tersebut di HP Android Anda, Lalu mencatat alamat IP yang ditampilkan di layar aplikasi hp Anda.

Selanjutnya, jalankan program sync tersebut dari pc Anda, lalu mengetikkan alamat IP yang telah Anda catat dari smartphone anda sebelumnya. Setelah itu, Anda sudha bisa memilih daftar yang ingin dipindahkan

Cukup mudah bukan untuk memindahkan file musik itunes Anda ke hp Android. Beberapa langkah diatas mungkin memerlukan program itunes yang telah diinstall di PC Anda. Jadi pastikan iTunes di PC Anda benar-benar terhubung ke akun yang sama dimana tersimpan daftar musik yang Anda tuju.