Youtube sudah menjadi salah satu platform popular diseluruh dunia. Khususnya di Indonesia sendiri, penikmat video youtube bahkan hampir digandrungi oleh semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa sekalipun.

Youtube menampilkan berbagai macam video dengan tema dan genre yang sangat beraneka ragam. Segala macam video dengan tema hiburan, edukasi, dan sebagainya-pun terunggah di youtube. Sehingga ini yang membuat beberapa orang lebih memilih sering youtube sebagai salah satu hiburan visual mereka diwaktu senggang.

Seiring banyaknya content creator di youtube, berimbas pula pada semakin banyaknya ketersediaan video yang dapat ditonton. Dari sekian banyak video yang ditonton, sering kali terlintas beberapa part/bagian tertentu yang menarik untuk dibagikan. Tidak jarang bagian tertentu dari video bahkan membuat video tersebut jadi trending, meskipun hanya terlintas beberapa detik saja.

Nah untuk mengabadikan moment dalam video tersebut, biasa penonton akan mengunduh video untuk bagian tersebut saja. Namun jika bagian tersebut hanya berupa cameo yang hanya tampil sedetik, mungkin tidak akan efektif untuk menggunakan video dengan durasi sangat-sangat singkat tersebut.

Solusinya, seorang bisa menggunakan bidikan kamera atau screenshot untuk video tersebut. Sayangnya youtube belum secara resmi menambahkan fitur screenshot untuk pengambilan gambar tertentu dalam platform video mereka.

Pada dasarnya Anda dapat menggunakan fitur screenshot dari smartphone atau pc kita, namun tentunya ada kala kita hanya ingin menampikan screenshot layar lengkap atau full screen tampa mengikutsertakan jendela browser atau aplikasi youtube.

Maka dari itu, alternatif yang bisa digunakan adalah menggunakan program fitur perangkat, menggunakan layanan situs web, maupun ekstensi atau plugin dari web browser yang digunakan. Ketiga cara alternative ini dijelaskan dibawah.

Cara Screenshot Video Youtube Melalui Layanan Situs Website

Cara pertama ini adalah cara yang paling mudah untuk Anda gunakan. Sebab, Anda tidak perlu menginstall software/program, aplikasi, ekstensi atau apapun itu di web browser Anda. Anda hanya perlu mencatat url/link dari video yang ingin Anda screenshot, kemudian memasukannya ke kolom yang tersedia. Salah satu situs website yang mendukung screenshot video youtube sebagai berikut in:

  • youtubescreenshot.com

Penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencatat/copy url dari video youtube yang Anda tuju, kemudian paste atau pindahkan ke kolom yang tersedia di tengah layar situs youtube screenshot diatas. Kemudian ketuk tombol “Show Screenshots”.

Nah jendela pemutaran video akan tampil dibawah kolom tersebut, Anda cukup mainkan video hingga ke bagian yang Anda ingin screenshot. Kemudian tekan tombol “Take Screenshot” untuk mulai mengambil gambar. Gambar screenshot akan ditampilkan saat itu juga dibawah tombol tersebut. Anda cukup menyimpan gambar tersebut seperti biasa.

Hebatnya situs ini, dapat Anda gunakan dari semua jenis perangkat, termasuk dari web browser smartphone sekalipun. Anda juga dapat memih ukuran atau resolusi gambar yang diinginkan. Serta Anda dapat megambil gambar thumbnails dari video yang Anda tuju.

Apabila situs diatas tidak berfungsi semestinya, maka Anda bisa menggunakan situs layanan alternatif yang memiliki fungsi serupa. Salah satu situs alternatif yang juga bisa Anda gunakan untuk membidik layar dari dalam sebuah video youtube sebagai berikut ini:

  • kapwing.com/convert-video

Cara Screenshot Video Youtube Menggunakan Ekstensi Web Browser

Solusi kedua yang bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar pada bagian tertentu di video youtube adalah dengan menggunakan ekstensi atau plugin di web browser. Cara ini mengharuskan Anda menginstall salah satu ekstensi yang dibutuhkan di web browser Anda. Langkah ini juga hanya diperuntukan untuk penerapan dari web browser Google Chrome atau Mozilla Firefox desktop pc/laptop Anda.

Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menginstall salah satu ekstensi dibawah ini sesuai dengan web browser yang Anda gunakan:

Google Chrome: https://woiden.com/go/UyOlxB
Mozilla Firefox: https://woiden.com/go/RYQFgq

Ada banyak ekstensi web browser yang didukung, namun ekstensi diatas adalah salah satu yang woiden rekomendasikan untuk melakukan bidikan layar secara resolusi lengkap dan full screen. Ekstensi ini akan mengubah tampilan video player dari youtube di browser Anda dengan penambahan beberapa fitur.

Cara penggunannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses laman dari video youtube yang Anda tuju selayaknya Anda ingin menonton video seperti biasa. Selanjutnya, ketuk ikon “Kamera” dibawah jendela video player dan beberapa saat akan menyimpan bidikan layar dari video secara layar lengkap.

Hampir serupa dengan metode pertama, Anda juga dapat memilih ukuran hasil tangkapan layar dan resolusi layar yang diinginkan. Selain itu, ekstensi ini memiliki fitur diluar screenshot, dimana Anda dapat mengubah visual video berupa pewarnaan dan sebagainya secara langsung.

Cara Screenshot Video Youtube Langsung Dari Perangkat

Langkah terakhir yang cukup simple dan dapat Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan fitur atau fungsi dari perangkat yang digunakan. Dimana setiap perangkat, entah itu pc, laptop, smartphone, sebagian besar memiliki fitur untuk melakukan screenshot layar. Jadi Anda bisa memanfaatkan hal ini.

Nah untuk memulai Anda hanya perlu memainkan video secara full screen, kemudian ketuk tombol jeda/pause di tengah layar. Kemudian lakukan screenshot seperti biasa. Untuk perangkat PC Windows yang ingin melakukan screenshot, Anda bisa menekan tombol “Shift” atau “Ctrl” + “Prt sc” di keyboard pc Anda. Kemudian paste gambar menggunakan aplikasi Paint di perangkat windows pc Anda. Nah dari sini cukup simpan di folder yang Anda inginkna.