3 Cara Mengubah Format File DOCX/DOC Ke PDF

Diposting pada

PDF atau kepanjangan dari Portable Document Format merupakan suatu format file dokumen yang dibuat oleh perusahaan digital ternama Adobe system pada tahun 1993 yang lalu. Format file ini mereka buat untuk keperluan distribusi ataupun pertukaran dokumen secara digital. Format dokumen yang mereka ciptakan kini banyak digunakan dan didukung oleh beberapa fungsi perangkat, seperti dokumen penerabangan, proposal, cv, dan beberapa dokumen lainnya.

Dengan kehadiran format PDF memang memberi dampak yang cukup baik dari segi distribusi file dokumen. Mengingat bahwa file pdf cukup banyak didukung oleh perangkat lunak yang dapat membaca isi dari file ini. Tidak heran mengapa situs layanan internet cenderung mendukung untuk format file pdf sebagai input file dokumen yang dibutuhkan. Tidak halnya pada format docx, atau doc dari microsoft word. Untuk membuka jenis file ini, Anda perlu menggunakan software microsoft word atau situs-situs tertentu yang dapat membaca file ini. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang cenderung untuk mengubah file docx yang mereka miliki menjadi ke format PDF yang jauh lebih mudah.

Nah berkaitan dengan format file docx dan pdf. Anda dapat mengubah jenis file ini satu sama lain dengan sangat mudah. Misalnya mengubah file docx ke pdf dengan mudah atau sebaliknya. Nah berikut dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara convert file docx ke pdf dengan sangat mudah dan cepat.

3 Cara Convert File DOCX Ke PDF

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah format file docx/doc ke format pdf. Beberapa diantaranya bahkan tidak membutuhkan software tambahan sama sekali. Lebih jelasnya seperti berikut ini:

Cara Convert File DOCX/DOC Ke PDF Melalui Situs Internet

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah format file docx, atau doc menjadi pdf adalah dengan menggunakan layanan gratis di situs internet. Ada banyak sekali situs di internet yang memungkinkan Anda untuk mengubah format file docx menjadi pdf dengan sangat cepat, bahkan beberapa diantara dapat Anda gunakan tanpa harus memiliki akun dalam waktu proses yang sangat singkat. Beberapa situs konversi file gratis ini seperti berikut ini:

  • https://online2pdf.com/convert-docx-to-pd
  • http://pdf2docx.com/id/
  • https://pdf.io/id/doc2pdf/
  • https://convertio.co/id/docx-pdf/

Disini Anda hanya perlu mengunggah/upload file docx Anda kemudian melakukan konversi langsung secara online. Setelah file berhasil di konversi, sebuah file dengan format baru pdf akan dapat Anda unduh langsung dari laman yang sama.

BACA JUGA  Cara Kirim FAX (Faksimile) Dari HP Android

Cara Convert File DOCX/DOC Ke PDF Melalui Microsoft Word

Cara termudah lainnya tanpa harus terhubung jaringan internet adalah menggunakan Microsoft Word. Namun tidak semua Microsoft word mendukung fungsi ini. Dimana fungsi ini hanya dimungkinkan pada aplikasi Microsoft Word 2016 dan Micosoft Office 365. Jika Anda memiliki salah satu dari kedua perangkat lunak diatas, maka silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka file docx melalui Microsoft Word 2016 atau Office 365
  2. Pilih “File” -> “Save As”.
  3. Pada menu dropdown yang tersedia, pilih format “PDF (*.pdf)”.
  4. Kemudian “Save”.

Nah ini langkah ini akan memuat file dokumen Anda menjadi file berkenstensi pdf yang dapat digunakan dimedia lainnya yang mendukung file pdf ini.

Cara Convert File DOCX/DOC Ke PDF Software Ketiga

Alternatif yang bisa Anda gunakan ketika Anda sering mengonversi file doc ke pdf, namun tidak memiliki perangkat lunak microsoft word 2016 atau office 365. Yakni dengan menggunakan aplikasi atau software pihak ketiga. Beberapa software yang memungkinkan Anda untuk mengubah format file doc ke pdf adalah Adobe Acrobat Pro atau KuTools.

Kedua software ini dapat Anda install melalui perangkat komputer Anda melalui tautan dibawah ini:

Adobe Acrobat: https://acrobat.adobe.com/us/en/acrobat/acrobat-pro.html
KuTools: https://www.extendoffice.com/product/kutools-for-word.html

Setelah software terinstall di komputer Anda, maka cukup membuka file yang Anda tuju kemudian menyimpannya dalam format pdf sesuai menu yang disediakan di layar aplikasi tersebut.

Itulah 3 cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengubah format file docx/doc ke pdf dengan sangat mudah secara gratis. Sebagai tambahan bahwa Anda juga melakuakn konversi file menggunakan aplikasi yang tersedia Android Google Play Store dan Apple App Store. Jadi Semua itu tergantung dari metode yang ingin Anda gunakan.