Blackberry Messenger atau yang biasanya disebut dengan BBM merupakan salah satu aplikasi pengirim pesan berbasis internet di smartphone yang penggunaanya cukup populer. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur kirim pesan/chattig, dan beberapa fitur tambahan yang hampir serupa dengan Line Messenger dan WhatsApp.

Aplikasi pertama kali sangat populer saat smartphone Blackberry memiliki intensitas pengguna mayoritas di era tahun 2011 hingga 2014 dahulu. Meskipun begitu, Blackberry masih tetap digunakan oleh beberapa pengguna setianya. Termasuk dengan Blackberry Messenger atau BBM yang kini juga telah resmi tersedia di beberapa perangkat operating system lainnya seperti Android dan iOS.

Tidak seperti pada rivalnya WhatsApp dan Line Messenger yang sudah mendukung pada perangkat PC/Komputer. Meskipun BBM memiliki fitur yang cukup baik dan bersaing dikelasnya. BBM ternyata masih tetap memilih fokus pada perangkat portable seperti smartphone dan tablet. Sehingga untuk menggunakan BBM di perangkat PC, seseorang harus menggunakan berbagai alternatif yang mendukung agar tetap dapat menggunakan aplikasi pesan ini di komputer. Beberapa diantaranya seperti yang dijelaskan berikut ini:

Cara Menggunakan Aplikasi BBM di Komputer

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa pada dasarnya Blackberry Messenger masih belum mendukung secara resmi penggunaanya di perangkat PC. Sehingga untuk memungkinkan seseorang tetap dapat melakukannya, yakni harus menggunakan metode alternatif. Beberapa metode ini menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Android SDK, BlueStack, atau Genymotion.

Anda bisa memilih salah satu aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan untuk Anda gunakan. Semua aplikasi yang disebutkan diatas memungkinkan Anda untuk menginstall BBM di komputer dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing antar aplikasi.

Cara Menggunakan Aplikasi BBM di PC Menggunakan Android SDK

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk menginstall aplikasi BBM adalah dengan Android SDK. Untuk penggunaan Android SDK, Anda bahkan dapat menginstall file BBM Apk secara langsung. Namun untuk penggunaannya ada beberapa persyaratan minimum untuk perangkat komputer, diantaranya Windows 8 Keatas, RAM paling sedikit 2GB dan PC menjalankan X64 Bit.

Diluar itu, Anda bisa menginstall file BBM dengan sangat mudah setelah Android SDK terinstall. Jadi yang Anda butuhkan hanyalah menginstall dan menyiapkan SDK terlebih dahulu seperti langkah berikut:

  1. Download Android SDK di https://woiden.com/go/U6jFTY
  2. Download File BBM Apk di Apk4fun atau di berbagai situs internet lainnya.
  3. Ekstrak file Android SDK di folder yang mudah Anda temukan.
  4. Jalankan file “SDK Manager.exe”
  5. Ketuk pilihan “Tools” -> “Manage AVDs”.
  6. Pada jendela “Create new Android Virtual Device (AVD), sesuaikan RAM 512 MB atau yang sesuai dengan minimum yang dibutuhkan dan kemampuan komputer.
  7. Kemudian Jalankan “Android Virtual Device”
  8. Selanjutnya Copy/salin file “BBM.Apk” yang telah Anda download sebelumnya ke folder “sdk/platform-tools/BBM.apk” menggunakan file explorer seperti biasa.
  9. Kemudian klik kanan file “BBM.Apk” kemudian ketuk pilihan “Open Command Prompt”. Setelah beberapa saat, aplikasi akan mulai di install di perangkat Anda.
  10. Selanjutnya jalankan BBM melalui aplikasi launcher yang bisa Anda gunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi BBM di PC Menggunakan BlueStacks

Cara lain yang umum pengguna gunakan adalah dengan menggunakan software emulator Android BlueStacks. Emulator ini cukup terkenal sebagai program emulator yang mampu menjalankan berbagai aplikasi Android di Komputer, termasuk untuk memainkan game dan aplikasi pesan selayaknya sebuah smartphone Android di komputer.

Anda tidak mutlak menggunakan Bluestack sebagai emulator untuk menjalakan bbm di pc Anda. Melainkan Anda juga bisa menggunakan Emulator Android lainnya yang mungkin lebih sesuai dengan yang Anda butuhkan. Beberapa emulator Android bisa Anda lihat di artikel woiden berikut ini:

Hal yang Anda butuhkan setelahnya hanyalah menginstall emulator tersebut di komputer Anda. Kemudian menjalankan emulator Android tersebut dan menjalankan aplikasi Google play Store untuk menginstall aplikasi BBM di emulator tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi BBM di PC Menggunakan GenyMotion

Cara ketiga yang cukup populer digunakan untuk menjalankan BBM di PC adalah dengan menggunakan Genymotion. Hampir serupa dengan BlueStacks, Genymotion lebih ringan dan mudah untuk digunakan.

Hanya saja emulator ini tidak otomatis mendeteksi driver keyboard dan mouse komputer untuk sinkronisasi penggunaannya. Sehingga Anda harus mengaturnya terlebih dahulu. Diluar itu Anda hanya perlu menginstall emulator Genymotion dan menjalankannya.

Selebihnya hampir serupa dengan BlueStack, Anda hanya perlu menjalankan emulator tersebut, kemudian membuka aplikasi Google play store untuk mulai menginstall aplikasi BBM dari emulator tersebut.