Sebagai salah satu tombol fisik yang mungkin sering digunakan dalam perangkat smartphone, khususnya Android membuat tombol Power menjadi salah satu dari komponen yang rentan dari kerusakan. Hal ini karena tombol power mengambil peran penting dari penggunaan smartphone, yakni menghidupkan smartphone/booting, restart,  menghidupkan layar, bahkan pintasan untuk melakukan screenshot.

Beberapa pengguna mungkin sudah merasakan keusangan tombol ini ketika pemakaian hingga 2 atau 3 tahun lebih. Yah ini memang sudah menjadi hal yang wajar, mengingat tombol power ini sangat sering digunakan.

Umumnya pencegahan ini bisa dilakukan sejak awal dengan mengurangi penggunaan tombol power tersebut agar usia pemakaiannya bisa lebih lama. Salah satunya bisa dengan menggunakan tombol Assisistive Touch atau tombol mengambang atau dengan mengganti memindahkan peran fungsi tombol power ke tombol fisik lainnya, misalnya dengan mengubah tombol volume menjadi tombol power seperti yang dijelaskan pada uraian dibawah nantinya.

Alih-alih menggunakan tombol mengambang atau Assistive Touch seperti dalam fitur unggulan Apple iOS, fitur ini memang bukan bawaan dari semua hp Android. Bahkan hanya ada beberapa tipe smartphone yang memiliki fungsi ini. Meskipun di Google Play Store tersedia banyak aplikasi seperti ini.

Tapi mengunakan assistive touch memang cukup mengganggu penampilan layar, seringkali kita salah mengetuk layar hingga tombol mengambang inilah yang tersentuh. Nah solusi kedua yang paling ampuh dan bisa menjadi pencegah juga untuk membuat tombol power hp Anda awet, yakni dengan mengubah tombol fisik lainnya untuk mengambil peran tombol power. Untuk melakukan ini, Anda tidak perlu menganti komponen fisik di smartphone Anda. Satu hal yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi yang terinstall di smartphone Anda.

Cara Mengubah Fungsi Tombol Fisik Lainnya Menjadi Tombol Power HP Android

Saat smartphone Android Anda mungkin sudah mengalami kerusakan pada tombol power yang dimana tombol tersebut tidak lagi dapat digunakan. Maka mau tidak mau Anda mungkin mencari solusi untuk tetap dapat menggunakan perangkat Anda tanpa kesulitan untuk mengaktifkan layar smartphone Anda.

Nah berikut adalah 3 aplikasi yang bisa Anda install di hp Anda untuk menggantikan peran tombol power ke tombol fisik lainnya. Anda bahkan tidak perlu melakukan rooting sama sekali, Anda hanya perlu menginstall dan melakukan setup ringkas dari dalam aplikasi.

Power Button To Volume Button

Aplikasi pertama ini adalah aplikasi yang paling pertama kali woiden coba. Aplikasi cukup banyak direkomendasikan oleh publisher. Melihat dari ukurannya yang sangat amat kecil dan ringan untuk segala jenis hp Android dengan spek rendah sekalipun.

Sesuai namannya, aplikasi ini akan mengubah tombol volume hp kita menjadi tombol power. Tidak banyak pengaturan yang tersedia didalamnya, namun semuanya sudah sangat memenuhi kebutuhan. Misalnya dengan mengganti tombol volume menjadi tombol power dengan ini termasuk menghidupkan dan menonaktifkan layar.

Kemudian adanya fitur aktifasi otomatis di waktu tertentu. Sehingga Anda bisa menentukan kapan aplikasi ini akan berfungsi dengan sendirinya sesuai waktu atau jam yang Anda tentukan. Apliaksi tersedia secara gratis di Google play store, jadi Anda cukup ikuti tautan dibawah untuk beralih ke jendela instalasi:

  • https://woiden.com/go/4yVYS0

Tap Tap Screen Lock

Beberapa tipe smartphone dengan merek Oppo sudah menerapkan fitur ini sejak bawaan. Dimana fitur ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan layar hanya dengan double tap atau 2x kali ketukan dilayar. Sehingga ini meminimalkan penggunaan tombol power untuk menghidupkan layar smartphone.

Bagusnya, beberapa pengembang sudah membuat aplikasi serupa yang tersedia untuk diunduh secara gratis di semua jenis smartphone Android. Dengan ini Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi yang cocok di smartphone Anda untuk nantinya digunakan ketika Anda ingin mengaktifkan layar hanya dengan double tap ke layar hp Anda.

Seperti yang disebutkan diatas, bahwa di google play store tersedia cukup banyak aplikasi serupa. Sehingga Anda mungkin cukup mengakses toko aplikasi di smartphone Anda, kemudian menelusuri dan install salah satu yang sesuai untuk Anda atau Anda juga bisa secara ringkas mengikuti tautan dibawah untuk langsung mengunduh salah satu aplikasi tersebut.

  • https://woiden.com/go/ofZvKb

Air Lock Screen

Aplikasi ketiga ini memiliki tampilan yang baik, namun pada dasarnya aplikasi merupakan aplikasi plugin dari aplikasi tema/launcher di smartphone Android. Meskipun begitu, Anda bisa menggunakan aplikasi ini saja untuk mendapatkan fitur utama yang dibutuhkan.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang cukup lengkap dibanding kedua aplikasi yang disebutkan sebelumnya diatas. Hanya saja mungkin Anda tidak membutuhkan semuanya, meskipun cukup menarik kelihatannya.

Aplikasi ini cukup memiliki fitur Wake up screen seperti yang sudah tersedia dikebanyaka smartphone. Dimana fitur ini memanfaatkan sensor Gyroscope untuk mengaktifkan layar dengan mengangkat smartphone ke posisi vertikal. Atau juga Anda juga menggunakan fungsi Swipe sebagai gantinya. Semua itu bisa Anda sesuaikan sendiri.

  • https://woiden.com/go/7w8hdb

Penutup

Demikian ketiga aplikasi yang diharapkan bisa membantu Anda untuk mencegah usia pemakaian tombol power hp Anda, atau mungkin juga sebagai solusi ketika saat ini tombol power hp Anda sudah tidak bisa digunakan. Sehingga Anda perlu untuk menggunakan tombol lain untuk mengambil peran tombol tersebut.