Sertifikat digunakan sebagai bukti fisik untuk mengapresiasi usaha atau pencapaian seseorang dalam sebuah kegiatan organisasi, lembaga, institusi dan sebagainya. Sertifikat itu sendiri memiliki banyak kategori, namun yang paling umum adalah sertifikat pencapaian yang biasanya didapatkan ketika mengikuti suatu kegiatan seminar, pelatihan, dan sebagainya.

Tidak hanya sebagai penghargaan atas keikutsertaan, namun bukti lembaran yang tercantum dalam sertifikat dapat berperan penting sebagai penunjang pencapaian seseorang. Termasuk motivasi tambahan yang bisa didapatkan oleh orang tersebut

Membuat sertifikat pada dasarnya tidak serta merta selayaknya membuat ucapan biasa. Sebagai sertifikat yang resmi diperlukan beberapa pengesahan yang benar-benar dapat dipercaya penerbitannya. Maka tidak heran, pembuatan sertifikat juga dilakukan dengan desain yang baik serta bagian pengesahan yang jelas. Untuk membuat lembar sertifikat bisa melalui beberapa jasa atau paket layanan yang biasanya sudah termasuk biaya pencetakan lembar.

Namun jika Anda ingin memiminalkan pengeluaran dengan membuat sertifikat itu dengan sendiri, meskipun Anda mungkin tidak memiliki bakat desain grafis. Maka bukan berarti tidak bisa, ada beberapa cara mudah untuk bisa diterapkan seseorang ketika ingin membuat desain sertifikat tanpa harus menguasai teknik desain grafis.

Cara Membuat Desain Sertifikat Dari Microsoft Office

Anda tidak perlu terlalu terpaku pada aplikasi editing atau aplikasi pembuatan gambar vektor. Sebab melalui program-program sederhana-pun, Anda sudah bisa melakukan banyak hal.

Menggunakan program Microsoft word atau Microsoft Power Point bisa menjadi alat bantu Anda untuk membuat sertifikat sendiri. Bahkan sebagian besar sertifikat yang mungkin Anda miliki itu dibuat dari Microsoft Word atau Power Point. Pembuatan sertifikat melalui microsoft office memang sangat mudah, terlebih jika yang hendak dibuat berjumlah banyak. Maka Anda tidak perlu repot untuk mengganti satu persatu nama peserta.

Anda bisa mencoba melihat beberapa contoh sertifikat dari google atau jika Anda ingin mudahnya, bisa mengunduh template yang sudah jadi untuk Anda gunakan di microsoft office. Beberapa template siap jadi, bisa Anda download dihalaman resmi berikut ini:

  • https://templates.office.com/id-id/sertifikat

Halaman resmi ini merupakan situs resmi dari microsoft yang bisa Anda akses langsung dan unduh secara gratis. Tersedia banyak pilihan yang siap Anda pilih sebagai template sertifikat. Selebihnya tinggal Anda sesuaikan dengan data pengesahan dan nama peserta.

Cara Membuat Desain Sertifikat Dari Software/Aplikasi Komputer

Apabila Anda ingin desain sertifikat yang lebih modern dan desainnya dapat disesuaikan. Maka Menggunakan software certificate creator atau generator, bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat sertifikat.

Hanya saja ini mungkin tidak disarankan, kecuali Anda ingin membuka jasa pembuatan sertifikat. Sebab sebagian besar software pembuat sertifikat itu tidak gratis atau dalam artian ada beberapa biaya lisensi yang harus Anda bayarkan untuk menggunakan secara lengkap software pembuat sertifikat tersebut.

Namun bukan berarti tidak boleh, Anda bisa saja menggunakan pilihan ini untuk alasan tertentu. Misalnya ingin membuat dengan banyak desain, jumlah peserta yang sangat banyak hingga ribuan. Maka ini bisa sedikit membantu meringankan beban Anda dengan beberapa fitur tambahan yang biasanya tersedia.

Cara Membuat Desain Sertifikat Dari Website Desain Online

Tidak harus menggunakan program atau software, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi online dari beberapa atau salah satu website. Misalnya saja seperti Canva atau Adobe Spark. Kedua aplikasi online ini berbasi website yang memungkinkan Anda membuat beberapa desain lembaran secara online tanpa harus menginstall software.

Ada beberapa template desain yang sudah tersedia dan memungkinkan untuk disesuaikan berdasarkan keinginan Anda. Termasuk membuat sertifikat dengan desain yang menarik. Lebih jelasnya bisa Anda lihat halaman website terkait:

Adobe Spark: https://woiden.com/go/k2yJNI
Canva: https://woiden.com/go/ZRTXKN

Untuk menggunakan layanan dari salah satu situs ini, Anda harus membuat sebuah akun terlebih dahulu. Lakukan pendaftaran akun menggunakan email aktif yang Anda miliki. Tidak perlu membayar untuk biaya pembuatan akun, hanya saja mungkin ada beberapa fitur atau template premium yang tidak bisa digunakan dalam versi akun gratis.

Maka untuk menggunakan layanan secara lengkap tanpa batasan dan semua template premium yang tersedia, tetap Anda harus mengeluarkan biaya untuk menebusnya.