Anda mungkin sudah tidak asing dengan file Flash yang biasanya memiliki format .swf atau .flv. Biasanya file flash digunakan sebagai file alternatif untuk menjalankan program sederhana dari web browser yang dapat langsung dijalankan tanpa harus diinsall pada perangkat.

Biasanya file flash yang kita temui dalam web browser berupa permainan, quiz, pertanyaan, form, video, slideshow, program/aplikasi sederhana, dan banyak lagi lainnya.

Penggunaan flash memang lebih dinilai efisien karena file flash umum bisa langsung di operasikan melalui web browser tanpa harus menginstall aplikasi atau software tambahan di perangkat komputer. Namun dengan catatan bahwa web browser yang digunakan mendukung untuk menjalankan file flash.

Nah biasanya ada beberapa file flash yang benar-benar menarik untuk kita jalankan sesering mungkin. Misalnya seperti permainan atau aplikasi. Hanya saja pada sebagian besar file flash itu tidak memungkinkan untuk disimpan ke perangkat pc kita. Dengan kata lain bahwa file flash hanya bisa langsung dijalankan ketika mengkases situs atau halaman yang menampilkan file flash tersebut.

Untungnya tidak semustahil itu untuk Anda dapat menyimpan file flash di komputer. Pada kenyataannya Anda bisa menyimpan file flash dengan format file apapun yang Anda mau. Termasuk file dengan format .flv ataupun .swf. Lebih jelasnya bisa Anda lihat pada langkah dibawah ini:

Cara Unduh File Flash Melalui Situs Downloader

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh file flash. Salah satu metode yang bisa Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan situs downloader. Menggunakan situs downloader yang tersedia banyak, memungkinkan Anda mengunduh file dengan sangat mudah tanpa harus lagi menelusuri tautan file flash secara manual dari inspect element.

Salah satu situs flash downloader yang bisa Anda manfaatkan adalah File2HD. Situs ini sangat mudah untuk digunakan, Anda hanya perlu menyalin halaman situs atau website dimana file flash tersebut tampil, kemudian menimpanya ke kolom url yang tersedia di halaman website File2HD ini atau tepat disamping kolom “URL”.

Ketuk Enter di keyboard Anda atau ketuk “Get Files” untuk mulai mencari beberapa file yang tersimpan di halaman flash tersebut. Beberapa saat kemudian muncul daftar link yang mengandung atau berupa file.

Selanjutnya, lakukan penelusuran file flash yang biasanya berupa format akhiran .swf atau .flv. Maka lakukan penelusuran dengan mengetuk tombol “CTRL” + “F” di keyboard Anda lalu, ketik salah satu format file tersebut.

Beberapa daftar akan muncul, lihat satu-satu daftar file flash yang merupakan file yang hendak Anda download. Setelah menemukan file yang Anda tuju, Klik Kanan tautan file flash tersebut, lalu pilih menu “Save Link As…” atau “Simpan Sebagai”. Pilih folder dimana Anda ingin menyimpan file flash tersebut.

Cara Unduh File Flash Manual Dari Inspect Element

Jika Anda bersedia untuk sedikit repot mencari file flash itu secara manual dari inspect element halaman website flash tersebut. Maka Ini bisa menjadi alternatifnya. Pada dasarnya cara ini adalah cara yang mudah, jika Anda sudah benar-benar mahir untuk menggunakan inspect element sebagai alat developer situs bawaan web browser. Namun jika ini baru pertama kali, kami pikir tidak mustahil untuk Anda bisa juga Anda lakukan.

Langkah pertama, buka atau akses website yang menampilkan file flash yang Anda tuju. Setelah halaman website flash tersebut nampil. Ketuk “CTRL” + “U” di keyboard pc Anda.

Halaman baru atau Tab baru akan muncul di web browser Anda yang menampilkan semua script dari halaman website tersebut atau seperti pada gambar dibawah ini.

Setelah itu, cari link dari file flash yang Anda tuju, caranya ketuk “CTRL” + “F” di keyboard PC Anda. Kemudian ketik “.swf” atau “.flv”. Setelah beberapa daftar dideteksi, buka satu persatu link flash tersebut.

Saat menemukan file flash yang Anda tuju, silahkan buka filenya dan klik kanan flash, lalu pilih “Save file as…”. Kemudian pilih folder dimana Anda ingin menyimpan file tersebut.

Anda juga bisa menyalin url file flash tersebut ke kolom unduhan internet download manager untuk mengunduh lebih cepat.

Cara Unduh File Flash Menggunakan Ekstensi Web Browser

Untuk Web Browser seperti Google Chrome atau Firefox, itu sudah memiliki beberapa aplikasi ekstensi yang memungkinkan setiap orang dapat mengunduh langsung file flash dari halaman website yang sedang ditampilkan.

Menggunakan aplikasi ekstensi adalah solusi paling mudah. Namun Anda harus menambahkan ekstensi tersebut ke dalam web browser Anda. Salah satu ekstensi yang bisa Anda gunakan adalah Flash Video Downloader. Cukup ketuk tautan dibawah ini langsung dari web browser Anda untuk mulai menambahkan ke browser pc Anda.

Google Chrome: https://woiden.com/go/0omZtB
Mozilla Firefox: https://woiden.com/go/TJgcdA

Kemudian ketuk tombol “Tambahkan Ke Chrome/Firefox”. Tunggu beberapa saat hingga instalasi ke web browser Anda selesai. Anda mungkin harus me-restart kembali web browser Anda untuk mengkatifkan sepenuh ekstensi tersebut.

Setelah ekstensi berhasil ditambahkan, selanjutnya buka atau akses halaman website flash yang ingin Anda unduh. Tunggu hingga file flash benar-benar dimuat sepenuhnya, kemudian ketuk ikon Flash download dibagian atas kanan web browser Anda.

Dari menu toolbar ekstensi web browser ini, Anda akan melihat beberapa daftar tautan file flash yang siap Anda unduh. Anda cukup mengetuk tombol “Download” untuk mulai menyimpan file tersebut otomatis.

Tambahan Alternatif

Apabila semua diatas dirasa kurang cukup untuk memenuhi apa yang Anda mau, atau mungkin Anda ingin mengunduh beberapa file dari beberapa halaman website sekaligus. Maka alternatif yang bisa Anda gunakan adalah dengan menginstall program atau software flash downloader di komputer Anda. Tersedia banyak sekali program download flash yang bisa Anda gunakan dan telusuri melalui mesin penelusuran google atua lainnya.