Tagihan Pembayaran Listrik PLN - Woiden

3 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online

Diposting pada

Kisaran pembayaran listrik yang harus dibayarkan oleh setiap pengguna layanan itu bisa saja berbeda-beda. Semua itu tergantung dari seberapa besar pemakaian dan kapasitas yang digunakan, termasuk perilaku boros dan hemat listrik yang bisa saja dilakukan masing-masing penghuni rumah. Meskipun dua rumah memiliki kapasitas daya listrik yang sama, itu belum menentukan bahwa keduanya memiliki tagihan yang sama setiap bulannya.

Kegunaan listrik memang adalah hal mendasar dari sebuah bangunan, terlebih pada bangunan di kota-kota besar. Gaya hidup-pun bisa menjadi salah satu faktor yang membuat ketergantungan penggunaan listrik.

Terlebih diera saat ini yang dimana teknologi semakin memanjakan masyarakat. Teknologi-teknologi ini umumnya hadir dengan kondisi masih memerlukan tenaga listrik sebagai sumber utama pengeoperasiannya. Sebut saja seperti perabotan rumah tangga mesin cuci, kulkas, pendingin ruangan, dan banyak lainnya.

Paling melekat saat ini adalah penggunaan gadget dan perangkat desktop yang kegunaannya disetiap hari. Sebagian besar mereka yang memiliki handphone tentu memerlukan daya listrik untuk mengisi daya baterai perangkat mereka. Apalagi jika mereka masih memiliki perangkat lainnya seperti laptop, komputer, dan gadget lainnya. Sehingga penggunaan listrik semakin menjerus dalam kebutuhan utama manusia.

3 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online

Pada dasarnya penggunaan listrik bisa saja diminimalisir dengan kondisi dan situasi tertentu. Bahkan pada kondisi peremajaan infrastruktur listrik di beberapa wilayah masih dapat dilalui oleh masyarakat yang terkena dampak. Hanya saja mungkin ini memengaruhi kebiasaan masyarakat yang sudah dibiasakan sejak lahir. Tentu ini bukan hal mudah untuk bisa lepas dari ketergantungan penggunaan listrik.

Secara totalitas pemakaian, memang sangat amat sulit untuk seseorang benar-benar tidak menggunakan listrik sama sekali. Bahkan itu nyaris mustahil di kota besar. Namun seseorang bisa menerapakan berbagai cara menghemat yang bisa diterapkan dirumahnya.

BACA JUGA  Cara Mudah Mengirim Folder Lewat Email

Tidak ada cara otomatis yang akurat dapat membatasi penggunaan listrik seseorang, hanya saja Anda bisa mengubah gaya hidup penggunaan listrik dengan menggunakan seperlunya saja. Diluar itu Anda bisa memantau biaya tagihan pembayaran listrik Anda setiap bulannya. Berapa kisaran penuruan biaya tagihan pln yang didapat. Nah untuk melihat atau mengecek seberapa besar tagihan listrik pln secara online bisa Anda lihat pada beberapa metode dibawah.

Cara Cek Tagihan Pembayaran Listrik PLN Lewat Website

Perusahaan Listrik Negara sebagai penyedia layanan sudah menyediakan website dan laman resmi yang proper untuk layanan konsumen mereka. Termasuk dalam laman mereka adalah fitur yang memungkinkan setiap palanggan dapat melihat berapa tagihan pembayaran listrik mereka dalam bulan terakhir atau tagihan dibulan tertentu.

Melalui laman resminya, Anda hanya hanya perlu memasukan No ID Pelanggan untuk melihat rincian tagihan pembayaran. Laman pln secara resmi dapat diakses melalui tautan berikut ini:

  • https://woiden.com/go/pLbPmM

Laman resmi pln menerapkan system single signon yang dimana satu akun dapat terintegrasi dengan beberapa layanan lainnya seperti layanan pelanggan, pemintaan sambungan sementara, permohonan tambah daya, virtual assistant, sambungan baru, dan banyak lagi. Termasuk dalam hal ini untuk melihat tagihan listrik yang digunakan. Maka untuk mendukung semua fitur integrasi tersebut, Anda harus mendaftarkan akun terlebih dahulu.

Cara Hemat Listrik PLN - Woiden

Caranya sangat mudah, selayaknya Anda mendaftarkan akun untuk sosial media. Anda hanya perlu mengetuk tombol “Daftar Akun” dari laman tautan diatas, kemudian melengkapi beberapa kolom yang diperlukan termasuk melengkapi No ID Pelanggan Anda.

Jika Anda merasa Situs PLN terlalu merepotkan hanya untuk melihat tagihan bulanan, maka Anda bisa mengakses situs alternatif lainnya seperti beberapa daftar tautan rekomendasi dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/8SyLqI
  • https://woiden.com/go/JqZbjk

Melalui laman tautan alternatif diatas, Anda tidak perlu mendaftarkan akun. Dari laman tersebut, Anda dapat langsung memasukan no id pelanggan, kemudian mengetuk tombol cek untuk melihat tagihan Anda beberapa saat kemudian.

BACA JUGA  Cara Jual Beli Mobil Bekas Terpercaya Dari Internet

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Web dan Aplikasi Marketplace

Ada beberapa situs dan aplikasi marketplace yang juga dapat Anda manfaatkan untuk melihat tagihan pembayaran listrik Anda. Beberapa situs marketplace ini adalah situs populer yang jual beli barang yang juga menyediakan sistem ppob.

Beberapa situs marketplace ini seperti TokoPedia, Bukalapak, Shopee, Bli-bli, dan banyak situs marketplace lainnya. Situs ini juga memiliki aplikasi yang dapat diinstall di smartphone Android maupun iPhone iOS.

Tidak melalui pihak penjual, marketplace ini memiliki sistem ppob otomatis yang dapat melakukan transaksi real time. Dari aplikasi atau situs ini juga Anda bisa melakukan pembayaran untuk tagihan Anda. Sehingga selain untuk melihat kisaran biaya pembayaran, Anda juga bisa langsung melunasinya dimanapun berada tanpa harus ke loket pembayaran pln.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Aplikasi Internet/Mobile Banking

Beruntunglah bagi mereka yang memiliki rekening bank yang terintegrasi dengan akun internet banking atau mobile banking di smartphone. Sebab sebagian besar bahkan nyaris semua aplikasi mobile banking mendukung untuk pembayaran online untuk tagihan layanan publik seperti listrik pln, air, kredit, pajak, voucher, dan banyak lagi.

Meskipun Anda tidak ingin langsung membayar tagihan Anda saat itu juga, tetap Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk melihat besaran tagihan listrik bulanan Anda. Langkahnya mudah, lakukan langkah seolah hendak ingin membayar tagihan listrik dengan memasukan no id pelanggan. Setelah laman konfirmasi pembayaran, dari sini Anda bisa melihat jumlah yang dibayarkan.

Setelah melihat jumlah tagihan pembayaran, tutup aplikasi Anda atau ketuk “batal/tidak”. Terkecuali jika Anda memang ingin langsung melunasi tagihan Anda saat itu juga.

Kesimpulan

Itulah tiga cara mudah yang bisa Anda lakukan jika ingin melihat tagihan listrik pln Anda setiap bulan atau dibulan tertentu. Jaringan Listrik PLN dikelola oleh wilayah yang masih dibawahi langsung perusahaan nasional listrik Negara. Sehingga penerapan dan metode pembayaran yang dijelaskan diatas dapat dilakukan secara nasional diseluruh Indonesia.