kartu sim 4g

2 Cara Upgrade Kartu SIM 4G Telkomsel

Diposting pada

Telkomsel merupakan salah satu provider seluler terbesar di Indonesia yang berhasil mencapai 139 juta pelanggan di tahun 2014 lalu dan termasuk salah satu dari tujuh operator seluler di dunia yang mencapai 100 juta pelanggan dalam satu negara.

Telkomsel juga merupakan provider dengan jangkauan yang terluas di Indonesia. Jangkauan jaringan mereka didukung oleh 100 ribu lebih BTS yang menjangkau hampir 98% wilayah populasi di Indonesia. Hal ini yang membuat operator seluler ini sebagai operator seluler terbesar ke-6 di dunia pada tahun 2016.

Selain itu, Telkomsel terkenal sebagai operator seluler yang sering melakukan perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Dibuktikan dari konsistensi telkomsel dalam mengimplementasikan roadmap teknologi 3G hingga 4G LTE seperti saat ini.

Demi mengembangkan jangkauan 4G LTE melalui pengadaan infrastruktur, telkomsel juga menjalin kerjasama program dengan beberapa pelaku usaha. Beberapa jalinan kerja sama yang dilakukan adalah program bundling smartphone dan penjualan kartu 4G.

Tidak heran mengapa penjualan kartu sim 4G telkomsel begitu pesat hingga awal tahun 2019 ini. Meskipun memang tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak pengguna yang masih menggunakan kartu sim 3G. Biasanya mereka yang masih menggunakan kartu 3G adalah mereka pengguna lawas yang memiliki kartu sim sejak tahun 2014 sebelumnya.

Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang masih menggunakan kartu sim 3G, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab ada banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaharui kartu sim Anda untuk mendukung jaringan 4G. Berikut adalah dua Info Tutorial Kartu Sim Prabayar 4G yang dapat Anda terapkan untuk memperbaharui dukungan kartu sim Anda.

Upgarde Sendiri

Ada beberapa cara mudah yang biasanya dilakukan oleh beberapa orang ketika hendak melakukan upgrade kartu sim ke 4G. Salah satunya dengan melakukan pergantian kartu sendiri. Pada langkah ini, Anda hanya memerlukan USIM 4G kosong yang bisa didapatkan melalui gerai Smartphone Corner di kota Anda.

BACA JUGA  Cara Clear Cache dan Clear App Data di Android

Setelah Anda mendapatkan kartu USIM 4G, Anda cukup ikuti kedua langkah dibawah ini:

  1. Lakukan pertama lakukan panggilan Ke *888*46#
  2. Kemudian pilih Menu 1
  3. Masukan nomor kartu 4G Anda.
  4. Kemudian ketuk pilihan “Ya”.

Sebuah token atau pin akan tertera, Anda perlu mencatat token atau pin ini untuk digunakan nantinya. Setelah itu, keluarkan kartu sim lama Anda dari smartphone Anda. Selanjutnya masukan kartu SIM 4G baru Anda ke dalam smartphone Anda, kemudian ikuti langkah dibawah ini:

  1. Lakukan panggilan ke *888*46#
  2. Kemudian pilih Menu 2
  3. Lalu ketuk pilihan “Ya”.
  4. Lengkapi nomor lama Anda.
  5. Pada langkah selanjutnya, masukan token atau pin yang telah Anda catat sebelumnya.
  6. Lalu ketuk pilihan “Ya”.

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai ditandai dengan dengan pesan sms konfirmasi yang masuk ke nomor telepon Anda. Namun jika cara ini tidak berhasil Anda, terapkan, maka silahkan ikuti metode lainnya dibawah.

Melalui Gerai Grapari

Alternatif yang bisa Anda lakukan apabila metode pertama diatas tidak bisa Anda terapkan adalah dengan mengunjungi gerai grapari di kota Anda. Memang cukup merepotkan, namun untuk melakukan pembaharuan ke kartu sim 4G di gerai Grapari, Anda tidak perlu mengeluar biaya sepeserpun.

Dalam artian Anda tidak perlu membeli kartu usim 4g lagi. Semua disediakan secara gratis. Anda hanya perlu memberikan identitas atau tanda pengenal, misalnya seperti KTP atau SIM. Pihak gerai akan membantu Anda melakukan pembaharuan.

Kesimpulan

Demikian 2 cara yang bisa Anda lakukan ketika hendak memperbaharui kartu sim lawas 3G Anda ke kartu sim yang mendukung 4G. Apabila ada beberapa hal yang perlui dipertanyakan, Anda bisa menghubungi kostumer service telkomsel yang tersedia atau dengan meninjau beberapa info provider seluler.

BACA JUGA  Cara Menggunakan HP Android Sebagai Wifi Repeater