Vivo merupakan salah satu merek dagang handphone yang namanya sudah cukup melejit di tanah Indonesia. Bahkan merek dagang smartphone ini tidak hanya dikelas luas dalam Indonesia, melainkan dibeberapa negara besar di seluruh dunia, terkhusus di Asia Tenggara.

Di pasar internasional, Vivo juga dikenal sebagai salah satu merek dagang yang giat dalam melakukan inovasi atau pengembangan perangkat. Dalam setahun, vivo pernah mengeluarkan lebih dari 2 tipe smartphone. Diluar itu vivo juga rutin meluncurkan pembaharuan smartphone setiap tahunnya.

Hal ini yang membuat vivo menjadi salah satu merek dagang yang laris dipasaran. Target penjualan yang menyasar pangsa di segmen menengah kebawah juga mendukung untuk harga penjualan yang relative terjangkau. Terlebih vivo dikenal sering memberikan aksen ekslkusif di perangkat mereka. Sehingga smartphone mereka terlihat tidaklah murahan, dengan durabilititas yang sangat baik di kelasnya.

Jika berbicara mengenai durabilitas atau ketahanan penggunaan suatu perangkat, vivo tidak kalah dengan merek dagang ternama lainnya. Di segmen Mid Range, HP Vivo menjadi salah satu yang paling banyak diincar. Oleh sebab karena ketahanannya yang memungkinkan untuk digunakan jangka panjang.

Meskipun vivo memiliki kualitas baik sebagai smartphone android, tentu tidak luput dari kesalahan system atau mungkin error yang dialami masalah software ataupun mungkin karena usia penggunaanya. Perangkat keras dari vivo juga tidak luput dari kinerja yang dapat menurun seiring lamanya digunakan.

Hal ini adalah sesuatu yang wajar dalam dunia teknologi, namun untuk mengatasi masalah software seperti ini, biasanya dilakukan seseorang melakukan setelan/install ulang atau reset pabrik. Reset ke setelan pabrik akan membuat data dan kinerja smartphone kembali seperti pertama kali dibeli.

Nah jika kamu adalah salah satu pengguna hp vivo yang juga mengalami masalah software atau merasa smartphone kamu sudah mulai melambat. Maka mungkin salah satu solusi yang baik adalah dengan mengatur ulang hp kamu ke setelan pabrik. Tidak sulit untuk melakukan reset hp vivo. Kamu bahkan tidak perlu membawa ke service center, melainkan melakukan langkahnya sendiri seperti yang dijelaskan dibawah:

2 Cara Reset Pabrik HP Vivo Dengan Cepat

Catatan: Dikarenakan reset pabrik akan memulihkan semua data dan setelan smartphone seperti sedia kala kamu membeli hp pertama kali. Maka sangat disarankan untuk melakukan backup atau mencadangkan semua data-data di hp kamu terlebih dahulu sebelum melakukan reset. Beberapa langkah backup atau mencadangkan data, bisa Anda baca di beberapa artikel lainnya.

Reset HP Vivo Dari Menu Pengaturan

Tidah perlu ribet untuk melakukan setelan ulang, sebab hampir disemua smartphone tersedia menu bawaan dalam pengaturan yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan reset pabrik hanya dengan beberapa ketukan.

Begitu pula di smartphone vivo, kamu juga bisa melakukan reset dan backup otomatis melalui setelan yang telah disediakan. Caranya cukup mudah ikuti langkah dibawah ini untuk mulai mengatur ulang:

  1. Arahkan ke “Settings”
  2. Gulir kebawah lalu pilih “More Settings”
  3. Selanjutnya pilih menu “Backup & Reset”.

Nah dari sini, kamu bisa mengetuk “Reset all settings” untuk tetap mempertahankan pengaturan smartphone. Ataukah ketuk “Erase all data” untuk benar-benar membersihkan smartphone kamu sama seperti baru.

Dihalaman selanjutnya, Anda diminta untuk konfirmasi untuk tetap melakukan setelan ulang, maka ketuk “Yes” atau “OK” di layar konfirmasi yang muncul. Kemudian ketuk tombol “Reset Phone”. Kamu mungkin diminta untuk memasukan Kata Sandi/Pattern hp kamu, jika sebelumnya telah diterapkan. Tunggu hingga proses selesai.

Reset HP Vivo Dengan Tombol Fisik

Apabila kamu lebih memilih untuk cara ringkas dan cepat, maka alternatifnya bisa menggunakan kombinasi tombol fisik. Untuk metode ini, kamu hanya perlu masuk ke mode pemulihan atau “Recovery Mode”. Mode ini biasanya digunakan ketika seseorang ingin melakukan flashing ulang atau install ulang software.

Nah dari menu ini juga kamu bisa melakukan reset ulang hp kamu. Untuk smartphone vivo yang ingin masuk ke mode pemulihan, pertama nonaktifkan terlebih dahulu perangkat dengan menekan tombol Power hingga smartphone benar-benar dalam keadaan mati atau power off.

Selanjutnya, Tekan Tombol “Volume Bawah” dan “Power” secara bersamaan dan ditahan hingga beerapa detik. Setelah logo Android muncul ditengah layar, lepaskan kedua tombol. Nah dari sini kamu sudah masuk ke mode pemulihan dengan latar belakang hitam.

Dari menu ini pula tersedia menu bertuliskan “Wipe Data/Factory Reset”. Cukup pilih menu ini untuk mulai reset pabrik smartphone vivo kamu. Tombol Volume atas dan bawah bisa kamu gunakan untuk mengarahkan ke menu atas bawah, sedangkan tombol power untuk mengetuk pilihan menu tersebut.

Itulah dua cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan setelan ulang atau reset pabrik pada hp vivo semua mereka. Terlepas dari apa tujuan kamu ingin melakukan reset pabrik. Cara ini diharapkan dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah software di smartphone kamu.