Anda mungkin tertarik dengan salah satu aplikasi yang hanya tersedia di perangkat dengan system operasi iOS, misalnya seperti iPhone dan iPad. Namun sayangnya mungkin Anda tidak memiliki salah satu dari kedua perangkat tersebut.

Memang tidak ada cara ringkas dan legal untuk dapat menjalankan aplikasi berbasis system operasi ios diluar perangkat yang ditetapkan. Namun ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap dapat bisa menggunakan aplikasi ios .ipa di perangkat non-ios. Bahkan pada penjelaskan dibawah ini, woiden akan menguraikan 2 metode berbeda yang bisa Anda gunakan untuk dapat menikmati aplikasi ios di perangkat pc, komputer, atau laptop.

Sebagian besar penerapan menggunakan emulator ios yang dimana didalam emulator ini juga menyediakan basis system operasi ios yang serupa dengan perangkat iphone atau ipad. Lebih jelasnya bisa Anda simak poin-poin uraian dibawah ini:

Cara Menggunakan Aplikasi iOS Melalui Web Browser Laptop/PC

Metode pertama yang paling mudah untuk digunakan adalah layanan dari situs appetize.io. Layanan ini bahkan hanya berbasi web browser. Dimana Anda hanya perlu mengakses situs layanan ini dari web browser laptop Anda untuk dapat menggunakannya. Sehingga Anda tidak menginstall aplikasi atau software tambahan apapun di laptop Anda. Jadi untuk mulai menggunakannya cukup ikuti tautan dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/2JMsED

Situs ini hampir serupa dengan software emulator ios pada umumnya. Hanya saja emulator ios ini dapat dijalankan melalui web browser. Hebatnya dari layanan ini adalah tersediannya banyak perangkat yang dapat digunakan, mulai dari iphone dan ipad generasi pertama hingga paling terbaru sekalipun. Sehingga Anda bisa merasakan resolusi layar yang hampir nyata dengan aslinya.

Anda juga dapat melakukan screenshot untuk hasil layar yang dapat Anda simpan langsung ke perangkat laptop Anda. Hanya saja layanan ini memiliki kekurangan dimana Anda dibatasi waktu kurang lebih 1 menit untuk penggunaan emulator mereka. Untuk mendapatkan pengalaman penggunaan tidak terbatas, Anda harus membayar biaya langganan.

Cara Menggunakan Aplikasi iOS Melalui Emulator iOS

Cara paling umum yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan menggunakan emulator ios. Namun untuk menggunakan emulator, Anda harus menginstall software emulator tersebut di perangakt Anda.

Sayangnya beberapa emulator memiliki ukuran file yang cukup besar dan memiliki spesifikasi minimum yang dibutuhkan. Nah diluar itu semua ada banyak emulator ios yang bisa Anda gunakan, beberapa diantaranya bisa Anda download dibawah ini:

  • iPadian (https://woiden.com/go/8VTpj0)
  • Air iPhone (https://woiden.com/go/ozUSWV)

Untuk penggunaanya, cukup mudah. Anda hanya perlu menginstall software tersebut. Kemudian menjalankan emulatornya. Anda akan dihadapkan pada tampilan yang nyaris serupa denga perangkat ipad dan iphone. Nah dari sini Anda bisa menginstall aplikasi yang Anda tuju melalui App Store.

Penutup

Itulah beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk dapat menjalankan aplikasi ios di laptop atau komputer. Beberapa memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sehingga semua itu tergantung emulator mana atau metode apa yang lebih nyaman Anda gunakan.

Alternatif emulator lainnya yang bisa Anda gunakan adalah SmartFace (https://woiden.com/go/Ew8idS), Opsi alternative ini sangat cocok untuk Anda yang mungkin memiliki aplikasi ios buatan sendiri yang ingin Anda uji. Sebab aplikasi ini memiliki banyak fitur pengembang aplikasi yang bisa Anda manfaatkan.