PPT atau singkatan dari part per trillion merupakan salah satu format file yang umumnya digunakan untuk mempersentasekan beberapa poin-poin penting dalam pembahasan forum atau diskusi. PPT umumnya dikenal sebagai file pendukung untuk seseorang ketika melakukan persentase atau pemaparan sebuah materi.

Beberapa lebih mengenal ppt sebagai salah satu format file dari software Microsoft Power Point yang memang awalnya lebih dipopulerkan oleh Microsoft power point itu sendiri. Ada beberapa fungsi yang ditawarkan oleh format ppt, diantaranya memudahkan seseorang untuk memaparkan sebuah informasi visual kepada penyimak atau audience dalam forum, selain itu juga memudahkan untuk menjabarkan informasi secara rapih.

Itulah mengapa ppt hingga saat ini masih sangat-sangat berguna. Fungsi yang memang cukup luas untuk menampilkan informasi visual juga pendukung utama format ini menjadi salah satu yang popular digunakan.

Sayangnya PPT tidak dapat dijalankan oleh semua jenis perangkat lunak bawaan. Setidaknya ada perangkat lunak atau aplikasi tambahan yang memungkinkan seseorang dapat menjalankan jenis file ini agar dapat ditampilkan. Misalnya dengan menggunakan aplikasi office.

Meskipun Microsoft power point kini mendukung untuk output file sebagai format viewer seperti exe, jpeg/png, mp4, dan sebagainya. Masih saja beberapa format itu tergolong cukup ribet untuk digunakan bagi beberapa orang, terlebih bagi mereka yang memang menujukan file tersebut untuk didistribusikan melalui internet. Nah salah satu alternatif yang cukup banyak digunakan seseorang untuk mendistribusikan file ppt melalui internet adalah dengan mengkonversi file tersebut terlebih dahulu menjadi format pdf.

Dengan menkonversi file ppt menjadi pdf akan membuat file jauh lebih ringkas untuk dapat ditampilkan secara langsung melalui browser ketika file tersebut dibagikan melalui jaringan internet. Mengingat bahwa sebagian besar perangkat browser sudah mendukung sejak bawaan untuk menajankan file pdf.

Cara Convert File PPT Menjadi PDF Dari Microsoft Power Point (Offline)

Microsoft Power Point terbaru kini sudah mendukung untuk penyimpanan atau output sebagai file pdf. Sehingga ini juga salah satu alternatif mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengubah format file ppt anda menjadi pdf.

Cara penggunaanya-pun sangat mudah. Anda hanya perlu menjalankan Microsoft Power Point kemudian membuka file ppt yang Anda tuju. Kemudian lakukan “Save As” kemudian pada kolom jendela format/save as type, silahkan Anda gulir dan pilih “PDF”.

Apabila program power point Anda tidak tersedia format pdf seperti gambar diatas, maka Anda perlu memperbaharui versi power point Anda ke versi yang lebih terbaru.

Cara Convert File PPT Menjadi PDF Dari Situs Internet (Online)

Alternatif paling ringkas kedua adalah menggunakan layanan dari salah satu situs website yang tersedia. Ada beberapa situs yang menawarkan konversi file secara online dan mudah. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • smallpdf.com/id/ppt-ke-pdf
  • online2pdf.com/convert-ppt-to-pdf
  • www.ilovepdf.com/powerpoint_to_pdf

Anda bahkan tidak perlu menginstall aplikasi apapun. Dimana Anda hanya perlu mengakses situs tersebut, kemudian mengunggah file yang Anda tuju. Hingga proses selesai, Anda sudah siap untuk mengunduh file pdf yang telah terkoversi dari ppt.

Begitulah dua cara yang umumnya dapat Anda lakukan untuk mengubah file ppt menjadi pdf secara ringkas. Apabila Anda ingin mencoba cara sebaliknya, yakni mengubah format file pdf menjadi ppt. Maka silahkan baca artikel woiden tentang Cara Convert File PDF Ke Microsoft Office (Word, Excel, PPT) atau Cara Mengubah File PDF Ke PPT Dari HP Android dan iPhone.