Wallpaper merupakan gambar latar belakang yang  Anda lihat di smartphone Anda. Gambar ini umumnya tampil di layar kunci maupun di gambar latar belakang daftar aplikasi atau home screen di smartphone.

Seiring pengembangan fitur mobile yang semakin meningkat, pula membuat penerapan wallapaper di perangkat mobile jauh lebih bermacam ragam. Dahulu sebagian besar smartphone hanya dapat menerapkan gambar stabil untuk dapat digunakan. Namun saat ini, sebagai besar smartphone keluar terbaru sudah dapat menerapkan gambar dengan format animasi, misalnya dengan menggunakan gambar gif maupun live wallpaper.

Live wallpaper pada dasarnya juga merupakan format video. Hanya saja pada beberapa jenis smartphone itu hanya menyediakan gambar yang sangat terbatas. Dengan kata lain Anda hanya dapat menggunakan gambar yang tersedia di smartphone Anda. Namun semua itu tergantung dari apa merek dan model smartphone Anda.

Apabila memang pada dasarnya smartphone Anda sudah mendukung untuk menjalankan live wallpaper dari stok video gallery. Maka Anda bisa langsung saja menerapkannya dari setelan smartphone Anda. Lain halnya jika smartphone Anda tidak mendukung, Maka Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh dan install di smartphone Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, umumnya Anda akan dapat menggunakan video yang Anda miliki di gallery smartphone Anda untuk diterapkan sebagai wallpaper. Kedua cara penerapannya bisa Anda simak lebih rinci melalui penjelasan dibawah.

Cara Menggunakan Video Wallpaper Di HP Android Tanpa Aplikasi

Apabila smartphone Anda mendukung secara bawaan untuk menggunakan video sebagai wallpaper. Maka Anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun sebagai tambahan fitur. Cobalah Anda melihat ketersediaan fitur tersebut terlebih dahulu sebelum Anda menginstall aplikasi yang memungkinkan Anda melakukannya.

Biasanya beberapa smartphone ternama mendukung untuk menggunakan video wallpaper seperti beberapa tipe smartphone Samsung, Google Pixel, Huawei, Xiaomi, dll. Namun ingat, tidak semua smartphone dengan merek tersebut mendukung, melainkan hanya ada beberapa diantaranya.

Untuk mencoba menerapkan video wallpaper dari jendela settings, Anda hanya perlu mengarahkan ke tab “Settings” -> “Display” -> “Wallpaper”. Kemudian Anda cukup memilih daftar video yang dapat digunakan melalui jendela gallery yang terbuka.

Cara Menggunakan Video Wallpaper Di HP Android Melalui Aplikasi

Lain halnya jika smartphone Anda tidak didukung, maka alternatif yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang perlu Anda install di smartphone Anda. Beberapa aplikasi yang mendukung fitur tersebut banyak tersedia di Google Play Store, diantaranya kedua berikut ini:

VideoWall: https://woiden.com/go/AtZ7VQ
Video Live Walpaper: https://woiden.com/go/LYGno2

Beberapa aplikasi video wallpaper mendukung penerapan melalui langsung dari dalam aplikasi. Cobalah untuk membuka aplikasi video wallpaper yang telah Anda install. Kemudian pilih video yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper.

Namun untuk kedua daftar aplikasi yang disarankan diatas, Anda juga dapat menerapkan video wallpaper dari jendela settings seperti pada metode pertama diatas, yakni melalui “Settings” -> “Display” -> “Wallpaper”.

Dari jendela yang sama, biasanya akan terlihat menu baru dengan judul sesuai dengan aplikasi yang diinstall di smartphone. Dari menu ini Anda dapat memilih video yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper.