Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google - Woiden

2 Cara Menambahkan Lokasi Baru Di Google Maps

Diposting pada

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda menambahkan lokasi Anda kedalam sebuah mesin penelusuran seperti Google Maps. Terlebih jika lokasi yang hendak ditautkan berupa lokasi bisnis atau usaha Anda. Maka ini adalah langkah yang baik untuk memudahkan calon konsumen Anda menemukan lokasi Anda, hingga akhirnya dapat berdampak pada peningkatan bisnis Anda.

Menambahkan lokasi dalam sebuah mesin penelusuran bahkan sudah menjadi salah satu langkah digital wajib yang umumnya dilakukan oleh berbagai bidang usaha. Entah itu bidang usaha berupa kafe, restaurant, barbershop, warung, toko penjualan, kantor, dan banyak hal lainnya. Dengan tersedianya alamat yang jelas dalam mesin penelusuran, menambah potensi kunjungan konsumen ke lokasi bisnis Anda. Terlebih saat ini sebagian besar orang yang hendak mencari alamat, biasanya mencari terlebih dahulu melalui mesin penelusuran.

Nah khusus bagi Anda yang mungkin memiliki usaha, atau unit lokasi lainnya yang ingin Anda tautkan ke dalam mesin penelusuran seperti google. Itu bisa sangat mudah untuk Anda lakukan. Anda bisa mulai berkontribusi menambahkan lokasi baru di mesin penelusuran google atau google maps.

Untuk hal ini, ada 2 cara umum yang biasanya dilakukan yakni menambahkan langsung lokasi baru melalui fitur kontribusi google atau dengan melakukan pendaftaran google bisnis. Kedua langkah ini sama-sama akan menampilkan saran lokasi baru yang Anda tuju. Hanya saja ketika Anda benar-beanr ingin mengelola alamat atau lokasi bisnis Anda semaksimal mungkin dengan tambahan beberapa fitur lengkap. Maka melalui laman google bisnis bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua langkah ini dirincikan melalui penjelasan dibawah ini:

Cara Berkontribusi Lokasi PIN Baru Di Google Maps

Jika Anda hanya ingin sekedar menambakan lokasi dalam sebuah google maps. Tanpa harus mengelola digital bisnis Anda melalui tautan fitur-fitur google bisnis, maka Anda cukup melakukan kontribusi melalui google maps. Cara ini juga paling mudah untuk dilakukan, sebab dapat Anda lakukan langsung melalui aplikasi smartphone Android atau iPhone.

BACA JUGA  Nonton Drakor Mr Queen Eps 8 Sub Indo

Pertama akses aplikasi google maps Anda dari smartphone atau dari desktop. Kemudian, cari dimana titik lokasi yang ingin Anda tapakkan. Pastikan Anda menemukan lokasi yang benar-benar sesuai. Setelah menemukan atap atau bagian atas dari lokasi Anda, ketuk tahan atau tekan lokasi dengan menahan hingga sebuah PIN berwarna merah muncul dilokasi yang Anda tekan.

Sebuah informasi berupa informasi nama jalan dan kordinat akan muncul dibawah layar perangkat Anda (Dropped pin). Anda cukup mengetuk tulisan ini untuk melihat informasi detailnya. Kemudian gulir sampai paling bawah, lalu ketuk “Add a missing place” atau “Tambahkan Lokasi” seperti gambar dibawah.

Nah sebuah jendela baru akan muncul yang dimana melalui laman ini Anda bisa memasukan beberapa informasi mengenai lokasi yang Anda tambahkan. Termasuk Nama tempat berupa nama usaha/bisnis Anda, Kategori tempat, telefon pengelola tempat, jam operasional, website, dan banyak lainya.

Anda hanya perlu melengkapi semua informasi yang dibutuhkan. Kemudian ketu tombol “Sent” yang berada di pojok kanan atas layar smartphone Anda untuk mulai mengirimkan permohonan tambah lokasi baru seperti gambar dibawah.

Kapan Lokasi Yang Ditambahkan Mulai Tampil Di Google?

Perlu Anda ketahui bahwa lokasi yang baru saja Anda tambahkan tidak akan langsung muncul saat itu juga. Sebab lokasi yang Anda tambahkan harus di tinjau lebih dulu oleh Team Google. Biasanya cukup memakan waktu beberapa jam hingga beberapa hari saja.

Untuk melihat apakah daftar lokasi Anda sudah terbit di google maps atau masih dalam tinjauan, bisa dilihat melalui menu sidebar “Ikon 3 Baris” di pojok kiri layar smartphone Anda, kemudian ketuk menu “YOur contributions” -> “Edit”. Dari jendela ini Anda bisa melihat status penerimaan lokasi baru yang Anda tambahkan.

Apabila lokasi Anda diterima akan bertuliskan “Approved”, namun jika tidak diterima bertuliskan “Not Applied”. Lain halnya ketika masih dalam masa tinjau yang akan bertuliskan “Pending” seperti gambar contoh dibawah.

Cara ini adalah yang paling mudah dan ringkas untuk Anda lakukan ketika hanya ingin menambahkan sebuah lokasi di google maps maupun penelusuran google. Namun jika Anda ingin menambahkan lokasi bisnis dengan status kepemilikan lokasi dan tervirikasi maka Anda bisa mendaftarkan lokasi Anda melalui google bisnis yang juga gratis seperti pada langkah kedua.

Cara Menambahkan Lokasi Melalui Google Bisnisku

Google Bisnisku atau Google My Business adalah salah satu layanan istimewa yang diluncurkan oleh google pada beberapa waktu silam. Selayaknya Google+ Plus dahulu, Anda bisa menambahkan daftar bisnis Anda beserta lokasi bisnis. Melalui layanan ini Anda juga mengelola atau menerbitkan konten digital untuk bisnis Anda.

Sehingga ini sangat baik untuk menyampaikan beberapa informasi kesemua calon konsumen yang melakukan penelusuran bisnis Anda melalui google. Hanya saja untuk melakukan pendaftaran google bisnisku sedikit lebih merepotkan dibanding langkah pertama. Sebab Anda harus melakukan verifikasi pin yang dikirim dalam bentuk Surat fisik ke alamat lokasi Anda.

Pengiriman surat inilah yang memakan waktu cukup lama hingga beberapa minggu. Namun setelah Anda melakukan verifikasi, maka akun google Anda memiliki lencana verifikasi sebagai Pemilik Bisnis di penelusuran google.

Termasuk Anda dapat melakukan perubahaan-perubahaan seketika, misalnya seperti jam operasional, halaman website, sosial media, deskripsi usaha/bisnis, dan banyak lagi. Untuk mulai mendaftarkan google bisnisku, bisa Anda simak pada artikel woiden berikut ini:

Melalui halaman diatas, sudah dijelaskan lebih rinci mengenai bagaimana cara menggunakan google my business, lengkap beserta bagaimana Anda dapat melakukan verifikasi.

Mungkin demikian saja yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Kemungkinan ada beberapa hal yang bisa saja dipertanyakan selama proses penerapan yang Anda lakukan, maka jika ada satu hal yang ingin ditanyakan. Dengan senang hati ajukan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini.