Sebagian besar atau hampir semua handphone dengan system operasi Android memang dirancang untuk dapat optimal digunakan ketika terhubung dengan sebuah akun Gmail atau Google.

Setelah menghubungkan akun google yang dimiliki kedalam smartphone android yang dimiliki, akan memberi banyak integrasi aplikasi yang memudahkan dalam pengoperasiannya. Misalnya saja seperti backup otomatis, download aplikasi, serta penautan aplikasi-aplikasi yang dibawah pengembangan Google seperti Gmail, Youtube, Google Search, dan banyak lagi.

Sehingga tidak perlu menautkan banyak akun untuk dapat menggunakan sebagian besar aplikasi yang ada dalam smartphone android. Begitu pula ketika Anda baru pertama kali mengatur smartphone setelah dibeli dari toko. Maka dari layar utama yang tampil selain booting merek handphone tersebut, tentu Anda diarahkan kelaman dimana Anda dapat login menggunakan akun google Anda.

Namun ada kala seseorang ingin mengubah akun yang sedang ditautkan kedalam handphone android mereka. Entah karena alasan ingin beralih perangkat ke perangkat lainnya atau untuk alasan lainnya. Pada dasarnya untuk mengeluarkan akun yang sedang ditautkan dalam akun Google HP Android tidaklah sulit, Anda bahkan tidak perlu mereset ulang perangkat Anda. Lebih jelasnya, silahkan simak beberap cara dibawah ini.

Cara Logout Akun Google Play Store Semua Merek HP Android

Untuk langkah ini kemungkinan besar serupa dengan beberapa perangkat hp android dengan berbagai merek yang ada. Lebih jelasnya ikuti langkah ringkas ini:

  1. Pertama, arahkan ke menu “Settings” atau “Setelan” di perangkat Anda.
  2. Gulir kebawah sampai Anda mendapatkan menu pilihan “Account” atau “Akun”.

Dari menu ini, Anda melihat beberapa daftar akun yang telah terhubung ke handphone Anda. Termasuk akun Google yang tertaut. Cukup ketuk akun Google Anda. Kemudian pada jendela baru yang tampil ketuk “Delete Account” atau “Hapus Akun”. Selanjutnya, ketika Anda mengakses google play store, youtube, gmail, dan beberapa aplikasi lainnya. Penggunaan aplikasi Anda tidak akan disinkronkan sampai Anda menghubungkan akun google kembali.

Cara Logout Aku Google Play Store Dari HP Xiaomi

Xiaomi dan beberapa merek handphone android lainnya mungkin memiliki cara yang berbeda. Nah jika cara pertama yang dijelaskan diatas, sama sekali tidak sesuai dengan langkah yang diharapkan. Maka cobalah ikuti langkah dibawah ini:

Akses menu “Settings” atau “Pengaturan”. Setelah jendela pengaturan terbuka, ketuk menu “App & Notifications” atau “Aplikasi & Notifikasi”.

Dari menu ini, gulir kebawah sampai Anda menemukan daftar aplikasi “Google Play Store”. Ketuk pilihan tersebut. Jadi jendela Informasi yang muncul. Ketuk “Penyimpan” atau “Storage”. Kemudian ketuk “Delete” dari jendela baru yang muncul.

Setelah Anda menghapus penyimpanan google play store Anda. Selanjutnya ketika Anda mengakses kembali google play store, maka Anda harus login kembali untuk dapat mengunduh dan menginstall aplikasi yang ingin Anda tambahkan di perangkat Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara ringkas yang bisa Anda terapkan ketika ingin mengeluarkan akun atau logout akun google play store Anda dari hp Android yang Anda miliki.