Portable Document Format atau yang biasanya disebut dengan PDF merupakan salah satu format file berkas yang pertama kali dicetus oleh Adobe System pada tahun 1993. Dahulu jenis file ini digunakan sebagai keperluan pertukaran dokumen dalam bentuk digital. Dalam artian bahwa jenis format file ini dibuat untuk memudahkan seseorang saling berbagi dokumen fisik secara digital dan efisien.

Oleh sebab penggunaanya yang lebih efisien, membuat jenis format file ini lebih populer digunakan oleh khalayak umum diseluruh dunia sebagai dokumen berbagai. Hal ini karena penggunaan pdf diklaim lebih mudah untuk diakses hanya melalui web browser atau aplikasi bawaan yang sebagain besar sudah mendukung diberbagai perangkat cerdas saat ini.

Terlebih file pdf memungkinkan untuk menambahkan deretan dokumen berdasarkan halaman selayaknya seperti dokumen word dengan preview yang lebih sederhana. Namun diluar dari kemudahan yang didapatkan dari format file ini, ada beberapa hal yang cukup sulit untuk diterapkan pada file pdf sejak bawaan. Salah satunya yakni perubahaan pada file pdf.

Pada dasarnya file pdf memang dirancang untuk mode preview setiap distribusinya, sehingga secara langsung tidak memungkinkan untuk seseorang yang menerima file pdf dapat langsung melakukan pembaharuan teks, posisi, ataupun editing lainnya. Maka untuk dapat melakukan hal itu diperlukan beberapa langkah tambahan seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Edit File PDF Tanpa Software

Meskipun Anda tidak menginstall software atau program editing pdf, Anda tetap melakukan editing atau perubahan pada file pdf melalui perangkat komputer Anda. Caranya adalah dengan memanfaatkan layanan aplikasi online yang dapat diakses langsung dari web browser. Beberapa daftar aplikasi editing pdf online seperti dibawah ini:

PDF Escape: https://woiden.com/go/aQK5io
PDF Zorro: https://woiden.com/go/Nv9I7F
Online 2 PDF: https://woiden.com/go/WyhaYQ
PDF Buddy: https://woiden.com/go/FweGza
PDF Pro: https://woiden.com/go/NlCMkS
PDF Sedja: https://woiden.com/go/BrGcDg

Anda cukup mengakses salah satu situs editing diatas, setelah berada dihalaman situs tersebut. Anda hanya perlu mengunggah atau upload file pdf yang ingin Anda ubah. Tunggu hingga beberapa saat sampai jendela baru dialihkan dimana Anda bisa melakukan perubahan pada file Anda.

Langkah ini paling mudah untuk dilakukan, namun untuk beberapa situs membatasi penggunaan fitur untuk pengguna gratis dan termasuk ada beberapa fungsi editing yang tidak didapatkan hanya ketika menggunakan editing online. Dalam artian bahwa metode ini hanya cocok untuk melakukan perubahaan sederhana.

Lain halnya ketika Anda ingin melakukan banyak perubahaan pada file Anda. Maka alternatifnya, Anda bisa menggunakan software untuk mengubah total.

Cara Edit File PDF Menggunakan Software Portable

Jika Anda ingin melakukan banyak perubahaan pada file pdf. Maka menggunakan software tetap menjadi satu yang disarankan. Sebab ketersedian fitur memudahkan dan memperluas kemampuan Anda untuk melakukan editing.

Beberapa software editing pdf berukuran tidak kurang dari 100MB. misalnya saja seperti Foxit PDF Editor atau Adobe Acrobat yang memiliki ukuran software diatas 100MB. Namun semua itu sebanding dengan fitur yang tersedia didalamnya.

Meskipun begitu, Anda juga bisa memanfaatkan program portable yang sudah banyak tersedia. Untuk Foxit PDF Editor sendiri sudah tersedia dalam versi portable. software ini bisa Anda unduh melalui tautan dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/AUgrxm

Anda tidak perlu menginstall program portable ini, karena fungsinya yang ringkas. Sehingga Anda cukup menjalankan file Foxit PDF Editor.Exe yang tersedia dalam satu folder tersebut. Setelah program ini berjalan, silahkan Anda buka file pdf yang Anda tuju.